ASUS Z370 TUF Gaming: Motherboard Tangguh Untuk Gaming

Reading time:
September 30, 2017
ASUS Z370 Motherboard Series Segmentation

Sejumlah produsen motherboard papan atas seperti ASUS akhirnya mengumumkan lini terbaru produk mereka menyusul pengumuman resmi dari Intel mengenai prosesor Core i 8th Generation “Coffee Lake”. Segmentasi motherboard gaming ASUS dengan basis chipset Intel Z370 sendiri kini dibagi menjadi ROG di kelas atas dengan Maximus X Series, ROG STRIX di kelas mainstream, dan TUF Gaming di kelas entry level. Sementara Prime tidak dimasukkan di kategori motherboard gaming tetapi memiliki kelas produk setara dengan ROG STRIX Series dan TUF Gaming Series.

APAC Technical Seminar 52

Motherboard TUF Gaming memang tidak dapat dianggap remeh meskipun ia ditempatkan di kelas entry level. Motherboard TUF Gaming masih mewarisi “DNA” lini TUF (The Ultimate Force) yang dikenal tangguh. Motherboard TUF memang umumnya disarankan untuk mereka yang mencari motherboard dengan tingkat durabilitas tinggi selama pemakaian, bahkan di kondisi lingkungan paling berat sekalipun.

APAC Technical Seminar 53

Salah satu kunci dibalik ketangguhan motherboard TUF Gaming adalah pemilihan komponen khusus dengan tingkat durabilitas paling tinggi untuk komponen Mosfet, Choke, dan Capacitor. Chip LAN pun diberikan perlindungan khusus yang mencegah kerusakan motherboard akibat sambaran petir ataupun listrik statis.

APAC Technical Seminar 54

Slot PCIe motherboard TUF Gaming pun diperkuat lempengan logam yang di solder ke PCB sehingga mampu menopang graphics card dengan bobot masif.

APAC Technical Seminar 55

Motherboard TUF Gaming pun dilengkapi sirkuit khusus yang melindungi dari gejala overvoltage akibat power supply. Setiap port di motherboard TUF Gaming pun di desain secara khusus agar terlindung dari gejala electronic discharge.

APAC Technical Seminar 58

Tidak hanya didukung komponen durabilitas tinggi, ASUS pun dibekali komponen audio kualitas atas seperti penggunaan kapasitor audio premium dari Jepang. Chip audio pun diberikan pelindung khusus untuk separasi lebih presisi untuk sinyal analog/digital dan mencegah interferensi gelombang elektromagnet. Area PCB komponen audio pun dipisahkan dari PCB utama untuk kualitas audio lebih maksimal.

APAC Technical Seminar 59

ASUS dan DTS menjalin kerjasama untuk menghadirkan teknologi virtual surround di headphone 2.0 dengan tiga audio preset Aerial Mode, Soundscape Mode, dan Tactical Mode yang dapat disesuaikan dengan genre game yang dimainkan.

APAC Technical Seminar 60

Motherboard TUF Gaming telah dilengkapi chip LAN generasi terbaru dari Intel yang mengurangi beban kerja prosesor dan menghasilkan throughput data tinggi.

TUF Gaming

APAC Technical Seminar 63

Untuk saat ini terdapat dua varian motherboard TUF Gaming dari ASUS dengan basis chipset Intel Z370. Varian dengan tambahan kata “Pro” menandakan kasta paling tinggi.

ASUS TUF Z370-Pro Gaming

ASUS TUF Z370-Pro Gaming

ASUS TUF Z370-Plus Gaming

ASUS TUF Z370-Plus Gaming

Penampilan produk TUF Gaming memang terasa unik dibandingkan motherboard ASUS lainnya. Dua varian motherboard TUF Gaming di atas tampak menggunakan PCB dengan bentuk mirip seperti ROG Maximus Apex dengan lekukan ke arah dalam. Tampak sisi kanan PCB ditanam deretan lampu LED dan logo TUF Gaming. Elemen garis warna kuning pun membuat produk TUF Gaming terasa berbeda dibandingkan motherboard ASUS lainnya dan semakin menguatkan kesan tangguh di motherboard ini.

Jika berbicara mengenai perbedaan di antara TUF Z370-Pro Gaming dan TUF Z370-Plus Gaming, tampak versi Pro di lengkapi heatsink VRM di sisi kiri dan atas socket prosesor sementara versi Plus hanya di satu sisi saja. Menariknya jumlah komponen choke versi Plus lebih banyak dibandingkan versi Pro. Perbedaan lain kami temukan di jumlah slot PCIe x16 dimana versi Pro terdapat tiga buah dan dua buah di versi Plus. Akan tetapi versi Plus unggul di jumlah PCIe x1 sebanyak empat buah dibandingkan versi Pro dengan dua buah. Jumlah port Type-A USB 3.1 Gen 1 pada backpanel pun berbeda dimana versi Pro terdapat empat buah dan dua buah di versi Plus. Walaupun begitu di versi Plus terdapat tambahan satu port Type-C USB 3.1 Gen 1 dengan kemampuan pengisian daya dengan besaran arus 3 A.

Sementara itu, pada TUF Gaming Pro dan Plus dapat dijumpai dua slot M.2 PCIe 3.0 x4 tetapi menariknya, justru di versi Plus dapat ditemukan heatsink untuk mendinginkan SSD M.2. TUF Gaming Pro dan Plus pun sama-sama memberikan enam port SATA III 6 Gbps tetapi di versi Plus, seluruh konektor menghadap sisi atas sementara versi Pro terdapat empat konektor yang menghadap samping. Untunglah empat slot memori/RAM DDR4 di versi Pro dan Plus sama-sama mendukung kapasitas maksimal 64 GB dengan kecepatan 4000 MHz.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…
March 28, 2024 - 0

Shift Up: Rambut Panjang EVE Tahan Pengembangan Stellar Blade Satu Tahun

Sebuah fakta yang tidak bisa dibantah bahwa seperti apa yang…