in: News | September 12, 2017 | by: Agus Prasetyo

Harddisk dengan Platter Kaca Diprediksi Tembus 20 TB

Trend storage memang sudah mulai bergeser ke solid state drive (SSD). Namun, kita tentunya tidak bisa melupakan begitu saja storage berbasis piringan, seperti harddisk. Saat ini, Seagate dan Western Digital masih terus melakukan inovasi di bidang harddisk. Mereka bahkan menyiapkan harddisk dengan kapasitas 20 TB, yang mungkin menggunakan substrat kaca untuk platter disk.

News 9-12

Alasan penggunaan substrat kaca pada platter haddisk, yang pertama adalah material kaca lebih kokoh dibanding dengan aluminium, yang memungkinkan platter dibuat lebih tipis dan ringan. Kedua, permukaan kaca lebih halus dibanding dengan aluminium, sehingga efisiensi ruang sepersekian milimeter lebih rapat. Hal ini juga terkait dengan pemuaian kaca lebih redah dibanding degan aluminium pada suhu yang sama.

Penggunaan material kaca akan membantu penerapan sistem HAMR (Heat-Assisted Magnetic Recordig). Material kaca mampu bertahan pada kondisi suhu yang lebih tinggi dibanding dengan aluminium. Teknologi HAMR ini akan diterapkan oleh Seagate untuk mencapai kapasitas 20 TB pada 2018 mendatang.

Bahan substrate kaca untuk platter harddisk saat ini telah digunakan pada harddisk 2.5 inci, dan segera diterapkan pada harddisk 3.5 inci. Platter magnetik aluminium memiliki ketebalan 0.635 mm. Sedangkan, saat ini, salah satu perusahaan Jepang bernama Hoya berhasil membuat prototipe platter kaca dengan ketebalan 0.5 mm hingga 0.381 mm. Dengan terapan ini, jarak antar platter bisa dirapatkan. Hal ini berarti bisa menambahkan jumlah platter untuk meningkatkan kapasitas total. Tidak tertutup kemungkinan peningkatan kapasitas hingga 20 TB segera terwujud.

Tags: