in: News | September 25, 2017 | by: Gatot Tri Yuwono

Intel Resmikan Prosesor Core i7 8700K dan Lima Varian Lainnya

Intel 8th Gen Slide 03

Momen yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba juga. Setelah diramaikan oleh rumor di seantero dunia maya, hari ini Intel akhirnya meresmikan prosesor desktop Core i 8th Generation. Hadirnya prosesor desktop dengan basis arsitektur CPU Coffee Lake ini memang mengejutkan mengingat di bulan Januari 2017 lalu Intel baru saja memperkenalkan prosesor desktop Core i 7th Generation “Kaby Lake”.

Intel 8th Gen SKU

Hari ini Intel memperkenalkan enam varian prosesor desktop Core i 8th Generation dengan tiga diantaranya merupakan Unlocked K-Series. Varian Unlocked K-Series dengan multiplier prosesor tidak dikunci meliputi Core i7 8700K, Core i5 8600K, dan Core i3 8350K. Sementara tiga varian lain mencakup Core i7 8700, Core i5 8400, dan Core i3 8100.

Intel 8th Gen Slide 08

Salah satu lompatan signifikan di Core i 8th Generation dibandingkan prosesor satu generasi sebelumnya adalah penambahan dua core prosesor. Lini prosesor kelas mainstream Core i7 kini hadir dengan konfigurasi enam core dengan teknologi Hyper Threading sehingga memungkinkan 12 proses komputasi sekaligus. Sementara lini Core i5, untuk pertama kalinya, kini memiliki konfigurasi enam core tanpa teknologi Hyper Threading. Sedangkan lini Core i3, untuk pertama kalinya juga, kini memiliki konfigurasi empat core tetapi tanpa teknologi Hyper Threading, tidak seperti generasi sebelumnya. Penambahan core prosesor memiliki imbas lainnya pada penambahan jumlah cache 50% lebih besar.

Peningkatan jumlah core ternyata memberikan efek samping pada nilai base clock speed. Prosesor desktop Core i 8th Generation kini memiliki nilai base clock speed lebih rendah dibandingkan lini Core i 7th Generation. Tidak aneh memang karena Intel mematok nilai TDP (Thermal Design Power) lini Core i 8th Generation setara dengan generasi sebelumnya. Walaupun begitu, Intel meningkatkan nilai Turbo Boost clock speed untuk skenario single core. Tentu tidak menutup kemunkinan seperti yang sudah-sudah, produsen motherboard akan menyertakan fitur yang membuat nilai Turbo Boost clock speed untuk skenario single core berlaku di semua core. Dukungan kecepatan standar memori/RAM DDR4 di Core i 8th Generation pun ditingkatkan dari 2400 MHz ke 2666 MHz untuk varian Core i7 dan Core i5. Sementara untuk varian Core i3 tetap bertahan di kecepatan 2400 MHz.

Intel 8th Gen Slide 07

Seperti yang sudah-sudah, peluncuran prosesor desktop Core i 8th Generation pun dibarengi dengan hadirnya varian chipset terbaru Intel 300 Series. Di gelombang pertama peluncuran, Intel hanya meluncurkan chipset Z370 yang kemungkinan akan disusul varian lainnya di waktu mendatang. Motherboard dengan chipset Intel 300 Series menjadi syarat mutlak untuk menggunakan prosesor desktop Core i 8th Generation meskipun dikabarkan masih menggunakan soket LGA1151 dengan pin layout terbaru. Tampaknya motherboard chipset Intel 300 Series mengalami perubahan pada desain power delivery untuk prosesor dengan core lebih banyak dan jalur memori/RAM DDR4 2666 MHz.

Intel 8th Gen Slide 06

Block diagram platform Core i 8th Generation dengan chipset Intel Z370.

Intel 8th Gen Slide 09

Klaim performa dan peningkatannya dibandingkan generasi sebelumnya, di skenario gaming beserta gaming+recoding+streaming.

Intel 8th Gen Slide 10

Masifnya jumlah core prosesor desktop Core i 8th Generation tidak hanya memiliki imbas di skenario gaming tetapi juga di content creation. Video 4K kini dapat ditangani 32% lebih cepat dibandingkan menggunakan prosesor desktop Core i 7th Generation.

Intel 8th Gen Slide 12

Platform Core i 8th Generation menjadi debut kedua teknologi Intel Optane Memory yang memberikan peningkatan signifikan di responsivitas sistem dan kecepatan loading aplikasi.

Intel 8th Gen Slide 11

Prosesor Core i 8th Generation pun memperkenalkan sederat fitur overclocking terbaru yang mungkin tidak dijumpai di platform generasi sebelumnya. Rekan kami dari JagatOC akan membahas lebih lengkap mengenai fitur tersebut di artikel khusus.

Intel 8th Gen Slide 04

Intel 8th Gen Slide 02

Seperti terjadi di Core i 6th Generation, gelombang awal peluncuran lini prosesor desktop Core i 8th Generation akan diawali varian Unlocked Series dengan chipset Intel Z370. Varian prosesor dan chipset lain akan menyusul kemudian di paruh pertama tahun 2018. Nantikan artikel performa prosesor desktop Core i 8th Generation yang akan hadir di 5 Oktober 2017.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES