in: Highlights - Storage Devices | September 5, 2017 | by: Dian Syarifuddin

Review HDD Eksternal: WD My Passport Ultra 1 TB

Tidak dipungkiri, WD (Western Digital) merupakan salah satu produsen storage ternama dunia sebagai penyedia perangkat keras media penyimpanan untuk komputer, berupa HDD (Hard Disk Drive). Sebagai salah satu pemain di industri HDD yang paling lama, tentunya WD memiliki segudang pengalaman yang bisa dimanfaatkan sebagai bagian dari inovasi mereka untuk menawarkan produk storage berteknologi terkini. Lihat saja di pasaran saat ini, ada begitu banyak pilihan HDD yang ditawarkan oleh WD, mulai dari HDD internal maupun eksternal.

DSC06662

Pada produk HDD eksternal, WD memiliki beragam varian model HDD eksternal yang terbilang cukup komplit. Mulai dari yang dirancang untuk penyimpanan ekstra berkapasitas besar dengan adapter (WD My Book) maupun yang dirancang portabel (WD My Passport) agar bisa dibawa kemana saja. Untuk varian WD My Passport, sang produsen ternyata terus melakukan inovasi yang tidak hanya menawarkan kapasitas yang lebih lapang, namun juga memiliki tampilan desain yang lebih segar. Mulai penasaran dengan HDD eksternal terbaru dari WD yang satu ini? Berikut ulasan lengkapnya kami hadirkan untuk Anda.

Paket Penjualan

Sebelum kita membahas secara rinci seputar  WD My Passport Ultra ini, berikut kami tampilkan terlebih dahulu kemasan dan paket penjualan yang tersedia didalam kemasannya.

DSC06656
Box tampak depan
DSC06658
Box tampak belakang
DSC06676
Kelengkapan penjualan WD My Passport Ultra
DSC06678
Kabel konektor USB 3.0

Desain

Tampilan lebih segar begitu terasa dari desain terbaru WD My Passport Ultra yang hadir di meja pengujian kami ini. Jika dilihat dari desain bodinya, WD ternyata mengkombinasikan dua bahan material antara plastik yang tampil glossy dan material metal matte bercorak garis melintang yang dibalut warna gold. WD menyediakan dua pilihan warna pada media penyimpanan barunya ini di antaranya black-gray dan white-gold.

DSC06663

Tidak hanya menawarkan tampilan yang lebih segar, dimensi ukuran secara keseluruhan pada WD My Passport Ultra ini juga telah mengalami perubahan yang signifikan dibanding WD My Passport Ultra sebelumnya dengan dimensi ukuran lebar (W) 82.5mm x (H) 110mm dan ketebalan hanya 13.5mm. WD menyebut desain dari media penyimpnanan terbarunya ini sebagai Brilliant Design karena sangat mudah untuk dibawa kemana saja, bahkan bisa disimpan di saku celana sekalipun.

DSC06671
WD My Passport Ultra terasa nyaman saat digenggam
DSC06670
Ketebalan WD My Passport Ultra 13.5mm

DSC06666

Pada bagian bawahn di tiap sudutnya, terdapat bantalan karet yang mungkin ditujukan agar WD My Passport tidak mudah bergeser pada permukaan yang licin.

DSC06673
Bobot dari WD My Passport Ultra hanya 142 gram.

Interface yang ditawarkan oleh WD My Passport Ultra ini menggunakan USB 3.0 yang tentunya mudah untuk dihubungkan ke PC Anda, baik Desktop maupun laptop. Selain itu, WD juga turut menyertakan beberapa fitur esensial WD berupa software di antaranya WD Backup, WD Drive Utilities dan WD Security yang disertai dengan enkripsi hardware 256-bit AES.

Soal pilihan kapasitas yang tersedia, WD My Passport Ultra ini boleh dibilang cukup lengkap. Mulai dari 1 TB hingga 4 TB dan dilindungi oleh masa garansi selama 3 tahun. Ingin tahu lebih lanjut soal performa yang ditawarkan WD My Passport 1 TB yang datang ke meja pengujian kami ini? Simak hasil pengujian yang kami lakukan berikut ini, namun sebelum itu simak terlebih dahulu platform pengujian yang kami gunakan.

Platform Pengujian

  • Prosesor Intel Core i7-7700K
  • Motherboard ASUS Maximus Formula IX Z270
  • RAM DDR4 Kingston HyperX Fury 16GB
  • SSD Samsung 850 EVO 500GB
  • Graphics Card GeForce GTX 950
  • PSU Thermaltake G 650W
Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES