in: Notebook / Laptop | September 20, 2017 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Notebook AMD: HP 15-bw072ax

Battery Life

HP 15-bw072ax Battery

Setting: Windows Power Option – Balanced | Windows Brightness – 1/10 | Speaker Volume – 20 % | Airplane Mode – On (Web Browsing & Charging)

Pengujian daya tahan baterai kami memperlihatkan daya tahan paling lama nyaris mencapai 4,5 jam di skenario menjelajah website secara terus menerus. Tentu saja untuk aktivitas yang tidak dilalukan secara terus menerus, dengan menyelipkan jeda, daya tahan HP 15-bw072ax seharusnya dapat lebih lama. Secara keseluruhan daya tahan baterai tergolong cukup baik meskipun dengan durasi seperti itu perangkat charger tetap harus dibawa saat beraktivitas seharian di luar rumah.

Kesimpulan

Performa super kencang memang tidak kami harapkan akan ditawarkan oleh HP 15-bw072ax, terlebih ia ditawarkan di harga 7,5 juta dengan APU kelas hemat daya di dalamnya. Akan tetapi untuk sebuah laptop APU Bristol Ridge di kelas harga seperti itu, performa HP 15-bw072ax dapat dikatakan memuaskan. Terlebih performa tersebut dicapai dengan menggunakan konfigurasi single channel memory dan storage HDD. Di skenario pengujian non-gaming, A12 9720P tampak mampu mengimbangi performa prosesor kelas hemat daya lainnya seperti Core i U Series. Hadirnya memori/RAM 8 GB pun membuat laptop ini tidak memiliki kendala dalam menangani aplikasi modern yang rakus memori.

Konfigurasi dual channel memory seharusnya dapat meningkatkan performa komputasi A12 9720P lebih jauh lagi mengingat APU sangat menyukai sistem dengan bandwidth memory besar. Jika HP 15-bw072ax datang dengan konfigurasi dual channel memory, hasil pengujian kami mungkin akan memiliki cerita lain yang lebih menarik. Bahkan konfigurasi dual channel memory akan semakin sempurna saat dikombinasikan dengan penggunaan storage SSD yang membuat laptop ini lebih responsif dan gesit saat menjalankan beragam aplikasi. Laptop ini sendiri mendukung penggunaan SSD 2,5 inci atau SSD M.2 dengan menggunakan adapter khusus. Cara paling mudah adalah mengganti HDD utama dengan SSD 2,5 inci.

HP 15-bw072ax Rear Side

Sementara itu untuk performa gaming, meskipun HP 15-bw072ax tidak dirancang untuk skenario tersebut, laptop ini ternyata masih menawarkan kemampuan yang mumpuni. Kami masih menemukan game yang dapat dimainkan dengan nyaman di laptop ini dengan menggunakan resolusi Full HD meskipun mungkin jumlahnya terbatas. Pada umumnya, game di HP 15-bw072ax cocok di jalankan di resolusi 1280 x 720 piksel. Setting kualitas grafis masih dapat naik ke tingkat Medium tanpa terlalu mengorbankan frame rate. Tentu saja performa gaming HP 15-bw072ax juga akan lain ceritanya jika menggunakan konfigurasi dual channel memory.

HP 15-bw072ax Radeon Setting
Mengaktifkan dan menonaktifkan setting Dual Graphics dapat dilakukan melalui menu Radeon Setting
HP 15-bw072ax Radeon Additional Setting
Mengaktifkan mode APU Only dapat dilakukan melalui menu Radeon Additional Setting dengan memilih opsi “Force power-saving graphics” di pengaturan “Global Application Setting”.

Untuk skenario gaming, HP 15-bw072ax menawarkan tiga konfigurasi graphics card yaitu Dual Graphics – On, Dual Graphics – Off, dan APU Only. Dari hasil pengujian kami, dalam kondisi Dual Graphics – Off graphics card yang digunakan tampaknya adalah Radeon M530. Kami pun menemukan hal menarik dimana konfigurasi Dual Graphics – Off adakalanya menghasilkan performa seimbang atau lebih kencang dibandingkan Dual Graphics – On. Kondisi seperti ini memang tidak aneh terjadi mengingat seperti konfigurasi multi-GPU lainnya, optimalisasi pada driver dan game itu sendiri akan menentukan apakah konfigurasi Dual Graphics dapat dimanfaatkan sepenuhnya atau tidak. Bukan tidak mungkin akan ditemukan game yang tidak mengenali sama sekali konfigurasi Dual Graphics dan hanya bisa memanfaatkan salah satunya saja. Solusi Dual Graphics sendiri saat ini tidak memungkinkan pada game berbasiskan API DirectX 9. Untuk tipe game seperti itu, sebaiknya menggunakan konfigurasi Dual Graphics – Off.

HP 15-bw072ax Keyboard & Touchpad

Di luar sektor performa yang masih digarap lebih jauh lagi, HP 15-bw072ax ternyata tetap mampu menyediakan fitur unggulan menarik di laptop 7 jutaan ini. Sebut saja penggunaan layar resolusi tinggi Full HD meskipun menggunakan panel TN. Tersedia pula konektor HDMI jika ingin menggunakan layar dengan kualitas lebih baik atau membutuhkan ruang kerja lebih luas dengan dua layar. Komponen speaker yang diberikan siapa menyangka jika memiliki kualitas yang baik. Hadirnya dua port USB 3.1 Gen 1 juga membuat pemindahan data ukuran besar dapat dilakukan dengan cepat. Keyboard pun terasa cukup nyaman digunakan saat mengetik meskipun saat laptop bekerja di beban kerja paling tinggi, tombol di area sebelah kiri akan menghangat. Daya tahan baterai juga tergolong cukup baik meskipun perangkat charger tetap harus dibawa saat aktivitas di luar ruangan. Untunglah bobot laptop+charger tidak terlampau berat.

Jika Anda sedang mencari laptop AMD dengan basis APU Bristol Ridge, HP 15-bw072ax adalah salah satu pilihan menarik di kisaran harga 7 jutaan rupiah. Konfigurasi single channel memory dan HDD memang membuat performa masih belum sempurna tetapi masih ada ruang untuk membuatnya tampil lebih baik lagi. Untuk kelas harga itu mungkin akan sulit menemukan laptop yang langsung meyertakan SSD di dalamnya. Selama sesi pengujian, kami tidak menemukan masalah atau gejala aneh sama sekali akibat konfigurasi seperti itu. Semua pengujian yang kami lakukan di HP 15-bw072ax dapat diselesaikan dengan sempurna. Harga resmi HP 15-bw072ax adalah Rp. 7.499.000,- tanpa dilengkapi sistem operasi.

Kelebihan

(+) Bobot ringan

(+) Performa komputasi memuaskan di kelas laptop hemat daya

(+) Performa gaming mumpuni

(+) Kapasitas memori/RAM bawaan tergolong besar

(+) Dukungan kapasitas memori/RAM hingga 16 GB

(+) Mendukung Dual Channel

(+) HDD dengan ukuran cache besar

(+) Layar Full HD

(+) Speaker berkualitas di kelasnya

(+) Dua USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps)

(+) Konektor HDMI

(+) Card reader

Kekurangan

(-) Konfigurasi memori/RAM single channel

(-) Dual Graphics tidak selalu menghasilkan performa lebih kencang

(-) Lubang ventilasi udara samping menimbulkan resiko paparan panas pada tangan

(-) Tidak disertakan sistem operasi tetapi hal ini akan memberikan kebebasan pemilihan

(-) Tombol keyboard area kiri menjadi hangat saat beban kerja tinggi

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES