in: News | September 29, 2017 | by: Gatot Tri Yuwono

ROG Maximus X: Motherboard “Intel Coffee Lake” Kelas Atas dari ASUS

Intel akhirnya memperkenalkan prosesor generasi terbaru mereka, Core i 8th Generation, pada 25 September 2017 lalu. Momen kali ini memang sangat dinantikan oleh pengguna PC di seluruh dunia karena untuk pertama kalinya di platform kelas mainstream, Intel memberikan prosesor enam core untuk varian Core i7 dan Core i5 dan prosesor empat core untuk varian Core i3. Meningkatnya jumlah core prosesor tentu menjanjikan peningkatan performa komputasi yang signifikan dibandingkan pendahulunya satu generasi lalu, terutama di skenario multi-threading.

ASUS Maximus X Series

Tidak lama berselang dari waktu pengumuman itu, sejumlah produsen motherboard memulai aksi memperkenalkan produk andalan mereka untuk prosesor dengan basis arsitektur CPU Coffee Lake tersebut. Mulai dari mengumumkannya di seantero dunia maya atau mengundang kalangan media dari berbagai negara untuk melihat sekaligus merasakan langsung motherboard “Intel Core i 8th Gen.” seperti dilakukan oleh ASUS. Meskipun singkat, di acara ini ASUS tidak hanya memperkenalkan sejumlah teknologi canggih terbaru mereka tetapi juga memamerkan setidaknya 13 varian motherboard dengan basis chipset Intel Z370 yang mencakup seri ROG Maximus X, ROG STRIX, TUF Gaming, hingga Prime.

ROG Maximus X Series

Produk motherboard “tanpa kompromi” dari ASUS kembali hadir di ROG Maximus X. Komponen dan fitur kelas premium menjadi daya tarik yang selalu ditawarkan oleh lini ROG Maximus tidak terkecuali di generasi ke-10-nya kali ini. Untuk saat ini ASUS memiliki empat varian motherboard ROG Maximus X seperti kami rangkum di bawah ini.

ROG Maximus X Apex

APAC Technical Seminar 23

Dari luar ROG Maximus X Apex memang tampak seperti motherboard pada umumnya. Akan tetapi ROG Maximus X Apex bukanlah sembarang motherboard karena ia dirancang khusus oleh ASUS untuk misi pemecahan rekor kecepatan di PC, bahkan di kondisi paling ekstrim sekalipun. Lihat saja sejumlah rekor kecepatan yang sukses ditorehkan motherboard untuk kalangan enthusiast dan overclocker ini bahkan sebelum resmi dirilis ke pasaran.

ASUS Maximus X Apex

ROG Maximus X Apex memang hadir dengan fitur overclocking melimpah seperti penggunaan dua konektor 8-pin untuk menjamin suplai daya mencukupi ke prosesor, LN2 Mode, Condensation Detect LED, Slow Mode, dan masih banyak lagi. Bahkan jalur data komponen memori/RAM ke prosesor didesain khusus sehingga memungkinkan memori/RAM dapat di overclock setinggi mungkin, tanpa mengorbankan faktor kestabilan.

ROG Maximus X Formula

ASUS Maximus X Formula

ROG Maximus X Formula untuk saat ini menempati kelas produk satu tingkat di bawah Maximus X Apex. Seperti pendahulunya, ROG Maximus X Formula dilengkapi cover penutup PCB (Thermal Armor) yang mencegah paparan panas dari komponen lain. Komponen VRM pun kembali dilengkapi heatsink khusus buatan EKWB yang dapat dihubungkan dengan liquid cooling system untuk performa pendinginan lebih maksimal. ROG Maximus X Formula sendiri dilengkapi empat slot memori/RAM DDR4 dengan dukungan hingga 64 GB, tiga slot PCIe x16, tiga slot PCIe x1, enam port SATA III 6 Gbps, dan dua slot M.2.

APAC Technical Seminar 25

ROG Maximus X Formula dan varian ROG Maximus X Series lainnya, menyediakan sebuah overclocking profile yang mengijinkan prosesor Core i 8th Gen K Series bekerja di kecepatan 5 GHz. Hal ini tentu memudahkan pengguna awam yang ingin meningkatkan performa PC mereka secara instan.

APAC Technical Seminar 40

ROG Maximus X Formula dan varian ROG Maximus X Series lainnya kini telah mengimplementasikan teknologi 3rd-Gen T-Topology untuk memori/RAM. Di teknologi ini, jalur data dari setiap slot memori/RAM ke prosesor dirancang dengan panjang yang sama dimana hal ini membuat tingkat stabilitas dan kompatibilitas memori/RAM menjadi lebih baik. Pada desain konvensional, slot memori/RAM paling dekat dengan prosesor akan memiliki panjang jalur data paling pendek.

APAC Technical Seminar 41

ASUS pun mengimplementasikan teknologi terbaru OptimMem di seluruh lini motherboard “Intel Core i 8th Gen” yang menyempurnakan 3rd-Gen T-Topology. Di teknologi ini, ASUS merancang jalur data khusus antar prosesor dan memori/RAM yang diklaim mampu membuat kualitas transmisi sinyal menjadi lebih baik.

APAC Technical Seminar 39

ROG Maximus X Formula menghadirkan heatsink SSD M.2 dengan desain terbaru. Penggunaan heatsink menjamin temperatur kerja SSD M.2 lebih rendah sehingga performa selalu optimal setiap saat.

APAC Technical Seminar 38

ROG Maximus X Formula dilengkapi fitur LiveDash OLED yang merupakan sebuah layar kecil yang dapat menampilkan berbagai hal seperti informasi kondisi sistem (temperatur, voltase, clock speed), animasi, atau tulisan. Tersedia sebuah aplikasi untuk mengkostumisasi apa yang ditampilkan di layar LiveDash OLED. Fitur ini baru diimplementasikan di generasi ini dan tidak ditemukan di pendahulunya, ROG Maximus IX Formula.

APAC Technical Seminar 42

ROG Maximus X Formula juga dilengkapi pre-mounted I/O Shield yang tidak hanya memudahkan proses pemasangan motherboard saat menggunaan casing tetapi juga memberikan proteksi lebih baik untuk gejala electrostatic discharge.

ROG Maximus X Code

ASUS Maximus X Code

Dari segi penampilan ROG Maximus X Code tampak mirip dengan ROG Maximus X Formula. Akan tetapi jika diperhatikan lebih teliti, ROG Maximus X Code hanya menggunakan heatsink VRM standar dan fitur LiveDash OLED ditiadakan. Selebihnya ia memiliki kemiripan komponen dengan ROG Maximus Formula seperti empat slot memori/RAM DDR4 dengan dukungan hingga 64 GB, tiga slot PCIe x16, tiga slot PCIe x1, enam port SATA III 6 Gbps, dan dua slot M.2. Menariknya, kini ASUS memberikan fitur pre-mounted I/O Shield di ROG Maximus X Code dimana kelebihan ini tidak ditemukan di pendahulunya.

ROG Maximus X Hero

ASUS Maximus X Hero

ROG Maximus X Hero saat ini menjadi varian kelas entry level dari lini ROG Maximus X. Di varian ini, cover penutup PCB (Thermal Armor) tidak ditemukan tetapi untuk fitur pre-mounted I/O Shield tetap disediakan. ROG Maximus X Hero pun tetap menghadirkan fitur esensial seperti empat slot memori/RAM DDR4 dengan dukungan hingga 64 GB, tiga slot PCIe x16, tiga slot PCIe x1, enam port SATA III 6 Gbps, dan dua slot M.2 – minus heatsink pendinginUntuk ROG Maximus X Hero tersedia pula varian yang langsung dilengkapi fitur Wi-Fi ac untuk konektivitas nirkabel kecepatan tinggi.

ROG STRIX/TUF Gaming/Prime Series

Pembahasan lebih lengkap varian ROG STRIX/TUF Gaming/Prime Series akan kami sajikan di artikel mendatang.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES