in: News | September 22, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Tesla Mungkin Kembangkan Chip AI Bersama AMD

Perusahaan teknologi yang juga produsen mobil elektrik ternama, Tesla, disebut akan mengembangkan chip AI mereka sendiri. Tesla memang banyak membutuhkan chip AI sebagai bagian dari sistem yang mereka gunakan dalam mobil besutan mereka. Kini, beredar kabar bahwa untuk mengembangkan chip AI itu, Tesla akan bekerja sama dengan AMD.

Tesla Model 3

Gunakan Basis Chip AMD

Sebagai salah satu bagian dari kerja sama itu, Tesla akan menggunakan chip AI dari AMD sebagai dasar chip baru mereka. Tentu saja, pengembangan chip itu masih akan melibatkan AMD. Tesla akan mengerahkan sekitar 50 karyawan mereka, termasuk Jim Keller, sosok yang ada di balik SoC A4 dan A5 dari Apple.

Saat ini, berdasarkan kabar yang beredar, prototipe awal chip AI tersebut sudah diproduksi, dan Tesla pun disebut sudah menerimanya. Bisa jadi, dalam waktu dekat ini Tesla akan mulai melakukan uji coba chip AI tersebut di mobil besutan mereka. Sayangnya, belum ada konfirmasi terkait kerja sama ini, dan kapan Tesla akan mulai mengimplementasikan chip tersebut di mobil mereka.

Kurangi Ketergantungan pada NVIDIA

Sejauh ini, Tesla masih mengandalkan NVIDIA sebagai pemasok utama chip AI untuk mobil mereka. Sebelumnya, Tesla sempat bekerja sama dengan Mobieye, perusahaan yang juga memproduksi chip AI untuk mobil, tetapi kerja sama itu berakhir setelah ada kejadian yang melibatkan mobil Tesla dengan chip tersebut. Kini, Tesla tampaknya ingin mengurangi ketergantungan terhadap NVIDIA, dan perusahaan lain, dengan coba mengembangkan chip AI mereka sendiri.

Tags: