in: Notebook / Laptop | October 11, 2017 | by: Gatot Tri Yuwono

Hands-On Lenovo ThinkPad 25: Hadirkan Citarasa Retro ThinkPad

Lenovo ThinkPad 25 12

Kiprah laptop ThinkPad Series akhirnya menginjak tahun ke 25 pada 5 Oktober 2017 lalu. Siapa menyangka jika laptop ThinkPad Series telah ada selama seperempat abad lamanya. Sangat jarang ditemukan sebuah seri produk laptop dapat mempertahankan eksistensinya seperti yang telah dicapai oleh ThinkPad. Oleh karena itu tidak aneh jika perayaan momen spesial kali ini, Lenovo mempersembahkan sebuah produk istimewa, laptop ThinkPad 25 yang diluncurkan tepat di perayaan 25 tahun ThinkPad. Dan siapa menyangka, hanya dalam waktu lima hari kami dan sejumlah media dapat memegang langsung benda super langka yang satu ini.

“ThinkPad membantu merevolusi bagaimana kita melakukan berbagai hal. Mulai dari bisnis, pendidikan, kesehatan, rantai suplai, transportasi, serta keuangan. Itu adalah beberapa segmen yang telah melalui transformasi berkat komputasi mobile dalam 25 tahun terakhir,” kata Gianfranco Lanci, President and COO, Lenovo. “Dua puluh lima tahun ke depan adalah kesempatan bagi generasi berikutnya untuk menemukan keajaiban dari ThinkPad. Selama ada masukan dari pelanggan, ThinkPad akan hadir untuk merespon masukan tersebut.”

Lenovo ThinkPad 25 01

Laptop ThinkPad 25 menghadirkan kecanggihan teknologi hardware masa kini yang dipadukan penampilan khas ThinkPad. Citarasa retro khas ThinkPad pun dihadirkan pada produk edisi terbatas ini seperti keyboard dengan desain tujuh baris yang kini dilengkapi lampu backlit untuk membantu mengetik dalam kondisi kurang cahaya, tombol khusus untuk menaikkan/menurunkan/mematikan suara, tombol ENTER dengan warna biru khas ThinkPad, dan tidak ketinggalam logo ThinkPad dengan warna merah-hijau-biru khas IBM. Bahkan laptop ThinkPad 25 hadir dengan kemasan penjualan yang didesain khusus untuk perayaan kali ini lengkap dengan ragam dokumentasi mengenai sepakterjang ThinkPad. Laptop ThinkPad 25 sendiri menggunakan basis desain dari ThinkPad T470 tetapi dengan penyesuaian pada bagian tertentu seperti di area keyboard.

ThinkPad 25 mengusung spesifikasi Core i7 7500U yang dipadukan dengan memori/RAM kapasitas 16 GB. Tidak sampai disitu saja, laptop ini pun menggunakan SSD NVMe PCIe 3.0 x4 dengan kapasitas masif 512 GB. Layar yang digunakan memiliki ukuran 14 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel dan kemampuan touchscreen. Ditanamkan pula unit pengolah grafis GeForce GT 940MX 2 GB GDDR5 di dalamnya.

Lenovo ThinkPad 25 04

ThinkPad 25 menyediakan tombol yang dikhususkan untuk menaikkan/menurunkan volume suara, mematikan suara, dan mematikan microphone. Tampak tombol Escape memiliki ukuran yang masif tidak seperti tombol sejenis di laptop lain.

Lenovo ThinkPad 25 14

Tombol khusus untuk fungsi lain juga disertakan di ThinkPad 25. Di laptop lain, fungsi PrintScreen, Scroll Lock, Pause, Insert, Home, End, Page Up, Page Down biasanya akan digabung dengan fungsi lain di satu tombol, tidak sendiri-sendiri. Tampak tombol Delete juga memiliki ukuran sama besarnya dengan tombol Escape.

Lenovo ThinkPad 25 06

Tidak sah sebuah laptop mengusung nama ThinkPad tanpa hadirnya perangkat dengan julukan trackpoint ini. Pada paket penjualan ThinkPad 25, Lenovo menyertakan tiga jenis cap lainnya (total empat buah cap) yang dapat dipilih sesuai dengan preferensi pengguna.

Lenovo ThinkPad 25 05

Tentu saja ThinkPad 25 tetap menyertakan perangkat touchpad layaknya laptop lainnya dengan tombol khusus untuk klik kiri, kanan, dan tengah. Permukaan touchpad pun dapat ditekan sisi ujung kanan dan kiri untuk klik kiri dan kanan.

Lenovo ThinkPad 25 03

ThinkPad 25 sendiri menyediakan kelengkapan konektivitas seperti 1x microphone headphone jack, 1x USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps), HDMI, 1x USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps) dengan kemampuan charging daya besar, dan RJ45. Terdapat pula slot memory card reader, dan lubang security slot.

Lenovo ThinkPad 25 02

Dapat ditemukan pula 1x DC-IN, 1x USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps), dan 1x Type-C USB 3.1 Gen 2/Thunderbolt 3.0 (40 Gbps) di sisi samping kiri ThinkPad 25. Di sisi ini terdapat lubang ventilasi pembuangan udara panas dari dalam bodi.

Lenovo ThinkPad 25 07

ThinkPad 25 menyediakan sensor sidik jari untuk sistem pengamanan lebih ketat saat masuk ke sistem operasi.

Lenovo ThinkPad 25 09

ThinkPad 25 pun menyediakan kamera inframerah untuk proses autenkasi login Windows dengan menggunakan wajah.

Lenovo ThinkPad 25 08

Layar ThinkPad 25 dapat diputar hingga sudut 180 ° dari posisi ditutup.

Lenovo ThinkPad 25 10

Komponen baterai ThinkPad 25 tidak ditanam di dalam bodi laptop dan dapat dilepas dengan mudah. ThinkPad 25 pun menyediakan konektor penghubung ke perangkat Mechanical Docks.

Lenovo ThinkPad 25 11

Pada bodi ThinkPad 25 dapat ditemukan dua logo ThinkPad dengan warna merah-hijau-biru khas IBM pada huruf PAD.

Lenovo ThinkPad 25 13

Laptop ThinkPad 25 dihiasi tuliasan “Anniversary Edition 25” yang menandakan edisi khusus ulang tahun ke 25. Laptop Lenovo ThinkPad 25 sendiri akan diproduksi dalam jumlah terbatas dan tidak diproduksi lagi setelah Desember 2017. Lenovo ThinkPad 25 tidak akan dijual secara resmi di wilayah Indonesia tetapi jika tertarik untuk memilikinya Anda dapat mengikuti kompetisinya pada website di bawah ini.

https://www.techrevolution.asia/thinkpad25/id/

 

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES