in: Highlights - News | October 30, 2017 | by: Dedy Irvan

NVIDIA: Penggunaan GPU Compute Meningkat Drastis

Dalam acara NVIDIA AI Conference 2017 di Singapura tanggal 24 Oktober yang baru lalu, NVIDIA mengungkap peningkatan drastis dalam penggunaan GPU untuk kebutuhan komputasi. Terutama, tentunya untuk Artificial Intelligence.

Parameter yang digunakan oleh NVIDIA adalah:

1. Peningkatan jumlah peserta acara GTC (GPU Technology Conference)

Acara tahunan NVIDIA yang diadakan di beberapa negara ini memang membahas mengenai pengembangan teknologi berbasis GPU NVIDIA. Tak kurang dari 22.000 pengunjunhg acara ini yang datang dari berbagai penjuru dunia.

2. Meningkatnya jumlah pengembang terkait GPU (15X)

Sejak 2012 hingga 2017, peningkatan jumlah pengembang terkait penggunaan GPU meningkat 15X lipat. NVIDIA mencatat sudah ada setidaknya 645.000 pengembang yang berkutat seputar pemanfaatan GPU.

3. CUDA Download (5X)

Ya, dokumentasi dan SDK berbasis CUDA pun meningkat drastis jumlah unduhannya. NVIDIA mencatat peningkatan 5X lipat unduhan jika dibandingkan antara tahun 2012 ke 2017. Ini bukan angka kumulatif tapi perbandingan jumlah unduhan per tahunnya. Di tahun 2017 unduhannya sudah mencapai 1,8 juta.

 

NVIDIA sendiri menitikberatkan penggunaan GPU untuk 4 kategori:

Computer graphics: Ini adalah pengembangan yang terkait kemampuan grafis seperti game, misalnya.

Scientific computing. Komputasi untuk dunia science sangat berkembang, sesuai dengan kemampuannya yang mudah ditingkatkan dengan drastis.

Deep Learning: Terkait dengan Artificial Intelligence, deep learning menjadi tulang punggungnya. Penggunaan GPU untuk deep learning meningkatkan kecepatan pembelajaran dengan sangat tinggi.

Data Science: Banyaknya data yang terkumpul dari beragam perangkat membuat kebutuhan untuk pengolahan data menjadi meningkat drastis. GPU adalah salah satu jalan keluar untuk pengolahan data yang super-besar ini.

 

Teknologi GPU NVIDIA kini kian dikembangkan untuk pemanfaatan komputasi umum. Beragam perangkat sudah disiapkan NVIDIA, seperti NVIDIA Tesla V100 terbaru, adalah wujud nyata keseriusan NVIDIA dalam menyongsong pengembangan komputasi dan Artifical Intelligence.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES