in: News | October 26, 2017 | by: Agus Prasetyo

Poseidon iCafe, Arena eSport Terbesar di Indonesia Resmi Dibuka

Poseidon iCafe berlokasi di Jl. Depok No. 1 Manahan Banjarsari, Solo

E-Sports, electronic Sport sedang berkembang dengan cepat baik secara global yang kini merambah ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Berbagai turnamen e-Sports bertaraf Internasional secara resmi diselenggarakan oleh IeSPA (Indonesia e-Sports Association) banyak diikuti oleh para gamer di kota-kota di Indonesia, termasuk Solo. Tim Jagat Review berkesempatan untuk mendatangi peresmian iCafe Poseidon bersertifikat Gold dari Nvidia yang dikabarkan sebagai iCafe termewah dan terbesar saat ini di Indonesia.

Berkembangnya e-Sports tidak lepas dari peran teknologi PC salah satu yang paling berpengaruh adalah perangkat graphic card. Sebelumnya gamer berkutat dengan gaming console sudah beralih ke PC gaming karena perkembangan PC yang sangat pesat. Hal ini diperkuat oleh pernyataan Petty Kusnandar, selaku Consumer Country Marketing Nvidia Indonesia, bahwa selama 2014 pengguna PC gaming mencapai 2 kali lipat pengguna gaming console. Hal ini dikarenakan PC gaming dinilai lebih adaptive dan updateable. Selanjutnya gaming PC terus meningkat dengan 52% developer game mendukung PC gaming. Melangkah lebih lanjut, eSports dikenal dan menyebar lebih cepat dengan adanya iCafe, yakni internet cafe atau warnet yang khusus menyelenggarakan permaianan eSports dengan fasilitas berstandar yang jelas.

Peresmian Poseidon iCafe

Nvidia sangat mendukung perkembangan eSport ini dengan terus melakukan pembinaan bagi gamer maupun pengusaha iCafe. Salah satunya adalah dengan adanya GeForce eSportx Xtreme Tournament yang rutin diselenggarakan oleh Nvidia guna mendapatkan kandidat kuat untuk bertanding international. Saat ini sudah 42 iCafe dengan standardisasi Nvidia, salah satunya adalah iCafe Poseidon yang telah mendapatkan Gold certified. Sehingga iCafe Poseidon untuk saat ini dinilai sebagai arena eSport terbaik di Indonesia. Demikian dijelaskan oleh Harry Kartono, selaku Nvidia Consumer Lead Indonesia.

Tri Hardjono sebagai pemilik Poseidon iCafe ingin mewujudkan impian para gamer di Solo untuk mendapatkan fasiltas gaming yang lengkap dan lebih nyaman. Tri Harjono menjelaskan bahwa Poseidon iCafe telah berstandar Gold Certified dari Nvidia. Ada sebanyak 100 unit PC yang terdiri dari 76 unit reguler PC menggunakan graphic card Nvidia GeForce GTX 1050, VIP room sebanyak 12 unit PC menggunakan graphic card Nvidia GeForce GTX 1060, serta Battle room telah menggunakan graphic card Nvidia GeForce GTX 1070.

Spesifikasi iCafe Poseidon

VIP room dilengkapi PC Gaming Intel Core i5 dan GeForce GTX 1060

Tim JagatReview juga berkesempatan melakukan room tour dan bertanya lebih lebih dalam tentang fasilitas yang ada di Poseidon iCafe. Pastinya para gamer di Solo akan mendapatkan kenyamanan selain dari spek unit PC juga dari perangkat yang digunakan karena telah menggunakan brand SteelSeries untuk keyboard, mouse dan headset. Bahkan di Battle room telah digunakan LCD curved ultra wide 32 inch dan kursi gaming dari Corsair.

iCafe Poseidon_3

Untuk spesifikasi unit PC di ruang reguler, digunakan processor Intel G450 yang merupakan generasi ketujuh Kaby Lake. Motherboard dengan chipset Intel H110M dan graphic card Nvidia GeForce GTX 1050 dan terpasang memory DDR4 single channel berkapasitas 8GB. Untuk Battle room dan VIP digunakan Intel Core i5 7400, motherboard chipset Intel B250, graphic card Nvidia GeForce GTX 1070 dan memory DDR4 dual channel 2×4 GB. Ruang Battle room sangat menarik karena digunakannya mouse SteelSeries Rival Dota 2.

 

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES