in: Processors | October 5, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Review Prosesor Core i5-8600K “Coffee Lake”

Kesimpulan

Performa

Performance Summary - Core i5-8600K

Jelas, Core i5-8600K ini bukanlah lawan untuk Core i5-7600K! Core i5-8600K, dari generasi baru ini, bisa mengalahkan dengan telak pendahulunya dari kelas yang sama tersebut dengan keunggulan sekitar 35% di aplikasi multi thread. Sementara, di aplikasi single thread, perbedaan clock membuat Core i5-8600K pun bisa unggul sekitar 3% ~ 5% dari Core i7-7600K. Hal ini tentu saja disebabkan oleh penggunaan konfigurasi core yang berbeda, di mana prosesor baru ini punya dua core lebih banyak dari pendahulunya.

Menariknya, Core i5-8600K ini justru terlihat bisa menandingi Core i7-7700K, prosesor desktop mainstream terkencang Intel dari Core i 7th Gen. Kedua prosesor tersebut terlihat menawarkan performa di kisaran yang kurang lebih sama di berbagai benchmark yang kami ujikan. Bahkan, Core i5-8600K dengan jumlah thread lebih sedikit dari Core i7-7700K pun bisa unggul tipis di beberapa benchmark non-single thread. Ini tentu saja merupakan suatu hal yang sangat positif bagi Core i5 masa kini, di mana performa yang dulu hanya bisa dirasakan di Core i7 kini sudah bisa dicapai oleh Core i5.

Namun, kembali, Core i5-8600K ini mengalami hal yang sama seperti Core i7-8700K, di mana “Graphics Score” di 3DMark Time Spy dan 3DMark Fire Strike yang didapatkan tidak bisa setinggi kedua prosesor yang digunakan sebagai pembanding, walaupun berada di rentang yang masih kurang lebih sama. Bisa jadi, platform Coffee Lake yang masih sangat muda ini masih belum terlalu optimal untuk menangani hal tersebut, dan bisa saja dengan update dari sisi software, jarak ini bisa diatasi. Lalu, bagaimana dengan game?

Game Summary - Core i5-8600K

Beralih ke game, Core i5-8600K ini menawarkan performa relatif yang lebih baik dari Core i5-7600K di berbagai game yang kami ujikan. Hal ini cukup wajar, mengingat prosesor baru ini memang menawarkan jumlah core yang lebih banyak dan clock speed yang lebih tinggi dari pendahulunya dari kelas yang sama tersebut. Sementara ketika dihadapkan dengan Core i7-7700K, prosesor ini pun masih menunjukkan perlawanan yang cukup berarti, di mana performa keduanya di game tidak terpaut jauh.

Konsumsi Daya

Konfigurasi hexa core di prosesor Core i5-8600K ini membuatnya membutuhkan daya relatif lebih besar dari pendahulunya, Core i5-7600K, untuk berbagai skenario pengujian kami. Namun, konsumsi daya yang lebih besar itu diikuti juga oleh peningkatan performa yang terbilang cukup jauh, di kisaran 35% untuk aplikasi multi thread. Bisa dikatakan, perbedaan konsumsi daya akan tertutupi dengan sangat baik oleh performa yang ditawarkan, terlebih lagi performa prosesor ini pun bisa mendekati Core i7-7700K dengan konsumsi daya sedikit lebih rendah.

Penutup

Untuk pertama kalinya, Intel menawarkan prosesor dengan lebih dari empat thread untuk lini mainstream kelas menengah mereka. Keputusan untuk menawarkan Core i5 8th Gen. ini dalam konfigurasi hexa core tanpa Hyper Threading membuatnya menjadi prosesor yang menarik, mungkin bisa dikatakan jauh lebih menarik dari Core i5 yang pernah ada selama ini. Terbukti, bila dibandingkan dengan Core i5 terbaik dari generasi sebelumnya pun, Core i5-8600K ini menawarkan performa yang lebih baik.

 

Intel memang menyebutkan bahwa multimedia content creator adalah salah satu target utama dari Core i 8th Gen. ini, di samping gamer dan overclocker. Memang, performa yang ditawarkan oleh prosesor Core i5-8600K ini di multimedia content creation ini lebih tinggi dari yang pernah ditawarkan Core i5 sebelumnya, dan akan menghadirkan pengalaman penggunaan yang lebih baik. Sementara untuk gaming, prosesor baru ini punya keunggulan, walaupun tidak terlalu jauh, dari Core i5-7600K sekalipun.

Core i5-8600K ini disebut akan dipasarkan dengan harga di kisaran USD 257. Harga itu membuatnya terlihat menarik di kelas menengah, terlebih lagi bila dibandingkan dengan Core i5 pendahulunya. Perbedaan konfigurasi core ternyata tidak membuat Intel melambungkan harga prosesor ini menjadi lebih tinggi dari harga Core i5 pada umumnya selama ini.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES