in: Processors | October 5, 2017 | by: Gatot Tri Yuwono

Teknologi Intel Core i 8th Gen “Coffee Lake-S”

Tidak ada yang menyangka perkembangan komponen prosesor PC desktop di tahun 2017 terasa begitu seru. Hanya dalam hitungan bulan kita melihat dua raksasa di industri prosesor PC terus melempar produk generasi terbaru mereka ke pasaran. Lihat saja Intel yang di bulan Januari lalu meresmikan lini prosesor Core i 7th Gen “Kaby Lake-S” yang kemudian disusul prosesor Core X Series untuk platform kelas high end/enthusiast di penghujung bulan Mei. Tidak berhenti disitu saja, pada tanggal 25 September lalu, prosesor Core i 8th Gen “Coffee Lake-S” akhirnya diumumkan eksistensi resminya ke hadapan publik dan akan segera dijual luas ke pasaran mulai 5 Oktober.

8th Gen Intel Core Desktop Processors Overview-3

Peluncuran Core i 8th Gen “Coffee Lake-S” memang menjadi momen yang ditunggu kedatangannya. Di generasi ini, untuk pertama kalinya platform desktop kelas mainstream dari Intel mendapatkan prosesor enam core untuk Core i7/i5 dan prosesor empat core untuk Core i3. Sebelumnya selama tujuh generasi prosesor Core i, varian Core i7/Core i5 adalah prosesor dengan empat core dan dua core untuk Core i3. Penambahan jumlah core prosesor sebanyak 50% dibandingkan pendahulunya tentu saja mengindikasikan akan adanya peningkatan performa komputasi yang signifikan terutama di skenario multi-threading.

Sebelum melangkah ke artikel performa prosesor Core i 8th Gen “Coffee Lake-S”, mari kita lihat teknologi generasi terbaru apa saja yang ditawarkan oleh Intel kali ini.

Processor

Process-Architecture-Optimization Scheme

intel-pao

Intel saat ini telah melakukan perubahan skema produksi tahunan prosesor mereka dari sebelumnya Tick-Tock menjadi PAO (Process-Architecture-Optimization). Prosesor Core i 8th Gen “Coffee Lake-S” sendiri masuk dalam tahap Optimization. Pada tahap ini, Intel kembali melakukan optimalisasi pada dua aspek yaitu arsitektur CPU dan proses fabrikasi dari prosesor generasi sebelumnya. Arsitektur CPU Kaby Lake-S semakin disempurnakan di Coffee Lake-S sehingga menghasilkan performa per-clock lebih tinggi. Sementara proses fabrikasi kini menggunakan 14 nm++ dimana proses fabrikasi 14 nm dioptimalkan lebih jauh lagi sehingga menghasilkan rasio performance/Watt lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Intel Fabrication Node

Coffee Lake-S vs Kaby Lake-S (Clock-to-clock)

Intel Core i 8th Gen Cinebench R15

Aplikasi benchmark Cinebench R15 pun kami gunakan untuk melihat sejauh mana peningkatan performa komputasi prosesor Coffee Lake-S dibandingkan Kaby Lake-S. Hasilnya, memang tidak signifikan, tetapi kami masih menjumpai peningkatan performa komputasi sekitar 2,6% di pengujian ini. Kedua prosesor kami uji di clock speed yang sama termasuk untuk kecepatan memori/RAM yang digunakan. Peningkatan performa seperti itu tampaknya menandakan jika optimalikasi arsitektur CPU ini sudah hampir menyentuh batas maksimal.

CPU Diagram (Coffee Lake-S Hexa Core)

7th Gen Intel Core S-series Die
Kaby Lake-S Die
8th Gen Intel Core S-series Die
Coffee Lake-S Die

Perbedaan die prosesor Kaby Lake-S dan Coffee Lake-S. Pada die Coffee Lake-S, area dengan enam kotak berwarna terang merupakan area core prosesor Core i 8th Gen. Jika dibandingkan, die Kaby Lake Lake-S hanya memiliki empat kotak di posisi yang sama. Penambahan jumlah core prosesor juga diiringi dengan membesarnya luas area Shared Cache yang mengindikasikan penambahan ukuran L3 Cache. Die Coffee Lake-S sendiri masih mengadopsi desain yang mirip dengan die Kaby Lake-S dimana area di luar core dan Shared Cache masih memiliki fungsi yang sama.

Penambahan jumlah core dan Shared Cache membuat jumlah transistor pada die Coffee Lake-S mengalami penambahan. Akan tetapi akibat penggunaan proses fabrikasi 14 nm membuat ukuran die Coffee Lake-S menjadi lebih besar dibandingkan die Kaby Lake-S. Untuk menghasilkan ukuran die yang sama akan membutuhkan proses fabrikasi lebih kecil dari 14 nm.

IGP (Integrated Graphics Processor)

intel-kaby-lake-presentation-11-jagatreview-v2

IGP Core i 8th Gen “Coffee Lake-S” menggunakan basis arsitektur GPU Processor Graphics Gen 9 LP (Generation 9 Low Power) seperti di Kaby Lake-S. Arsitektur GPU ini menawarkan performa komputasi grafis lebih kencang dengan penggunaan daya lebih irit dibandingkan Processor Graphics Gen 9.

intel-kaby-lake-presentation-12-jagatreview-v2

Intel telah menambahkan hardware khusus pada IGP Coffee Lake-S/Kaby Lake-S yang disebut Fixed Function Media Engine (FFME). Unit FFME sendiri terdiri dari unit MFX (Multi Format Codec), VQE (Video Quality Engine), dan SFC (Scaler and Format Converter). Unit FFME akan mengambil alih proses encode dan decode video dari core prosesor maupun IGP. Dengan kemampuan seperti itu akan membuat utilisasi core prosesor dan IGP dapat ditekan serendah mungkin sehingga menghemat penggunaan daya listrik.

intel-kaby-lake-presentation-13-jagatreview-v2

Intel UHD Graphics Decode

Intel UHD Graphics Encode

Unit FFME kini dilengkapi kemampuan menangani format video 10-bit HEVC beserta 8-bit VP9 untuk proses encode dan decode. Sementara untuk 10-bit VP9 masih terbatas pada proses decode. Untuk era IGP sebelum Coffee Lake-S/Kaby Lake-S, kemampuan menangani format video tidak sebaik generasi setelahnya dan akselerasi tidak sepenuhnya dilakukan oleh IGP tetapi masih melibatkan CPU sehingga penggunaan daya listrik menjadi kurang efisien.

Intel UHD Graphics

IGP Core i 8th Gen “Coffee Lake-S” kini mengadopsi skema penamaan terbaru yaitu Intel UHD Graphics. UHD tampaknya merupakan singkatan dari Ultra High Definition yang menandakan kemampuan IGP Coffee Lake-S dalam menangani konten multimedia 4K. Pengujian kami selama ini memang menunjukkan IGP Kaby Lake-S sanggup menangani dengan sempurna konten video 4K@60 fps sekalipun.

Intel Processor Graphics Gen9

Block diagram IGP Intel dengan basis arsitektur GPU Processor Graphics Gen 9 LP di Coffee Lake-S dan juga Kaby Lake-S. Penggunaan arsitektur GPU yang sama membuat skema penamaan Intel UHD Graphics diakhiri angka yang sama dengan Intel HD Graphics. Sebagai contoh Core i7 8700K memiliki IGP UHD Graphics 630 sementara Core i7 7700K memiliki IGP HD Graphics 630. Hal yang sama juga ditemukan di varian prosesor Core i 8th Gen lainnya. IGP UHD Graphics 630 sendiri dilengkapi Execution Units dengan jumlah sama seperti HD Graphics 630 yaitu 24 EU. Secara teoritis performa clock-to-clock kedua IGP itu akan mirip satu sama lain.

Intel UHD Graphics Display

Dukungan teknologi display tidak mengalami perubahan di IGP Core i 8th Gen “Coffee Lake-S” dengan eDP 1.4, Display Port 1.2, dan HDMI 1.4. Dukungan HDMI 2.0 secara native masih tidak dimungkinkan di generasi ini tetapi masih dapat dihadirkan dengan menambahkan sebuah chip konverter.

Overclocking

 

8th Gen Intel Core Desktop Processors Overview-11 v2

Varian K Series lini prosesor Core i 8th Gen “Coffee Lake-S” menawarkan sejumlah fitur overclocking terbaru yang sebelumnya hanya ditemukan di platform Intel Extreme Series seperti per-core overclocking. Menurut rekan kami di JagatOC, Core i 8th Gen “Coffee Lake-S” dapat dengan mudah mencapai clock speed yang sebelumnya sulit dicapai oleh lini Kaby Lake-S. Tidak sampai disitu saja, komponen memori/RAM di platform Coffee Lake-S dapat dengan mudah mencapai kecepatan yang sulit dicapai sebelumnya. Kami tidak akan membahas lebih mendalam mengenai overclocking prosesor Core i 8th Gen “Coffee Lake-S” karena rekan kami dari JagatOC telah menyiapkan ulasan lebih lengkap di artikel terpisah.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES