in: News | October 13, 2017 | by: Dian Syarifuddin

WD Siap Hadirkan HDD Mencapai Kapasitas 40TB

Logo WD

Sebagai salah satu produsen storage ternama dunia, Western Digital (WD) tentunya harus terus berupaya melakukan berbagai inovasi dalam menghadirkan teknologi terbaru untuk jajaran media penyimpanan mereka. Persaingan HDD di pasaran saat ini boleh dibilang cukup ramai seiring beberapa produsen storage menawarkan HDD terbaru dengan kapasitas di atas 10TB. Bahkan WD melalui anak perusahaannya, HGST, belum lama ini meluncurkan HDD yang dirancang untuk kalangan enterprise dengan kapasitas masif hingga 14TB.

Melihat ranah persaingan HDD berkapasitas besar semakin ramai, WD ternyata sudah menyiapkan teknologi yang siap untuk menghadapi persaingan tersebut. Belum lama ini, WD menyelenggarakan sebuah event sekaligus memamerkan salah satu teknologi yang berhasil mereka kembangkan yang disebut MAMR (Microwave-assisted magnetic recording).

MAMR

Presentasi teknologi MAMR yang diperkenalkan didemonstrasikan langsung oleh profesor Jimmy Zhu selaku penemu dari teknologi tersebut. Teknologi MAMR ini digadang-gadang bakal mampu menghadirkan sebuah HDD yang bisa memiliki kapasitas super masif hingga 40TB. Teknologi MAMR sendiri dikembangkan oleh WD selama bertahun-tahun. Teknologi ini diklaim sebagai teknologi rekaman magentik generasi masa depan yang jauh lebih andal serta meningkatkan areal densitas HDD yang lebih tinggi.

Selain itu, MAMR juga dibangun berdasarkan teknologi aktuasi mikro dan perekaman teknologi manufaktur. Teknologi aktuasi mikro canggih dari WD untuk aplikasi data center memungkinkan hard drive untuk menempatkan kepala magnetik secara akurat dan andal untuk penulisan dan pembacaan pada kerapatan ultra-tinggi.

Salah satu inovasi baru yang merupakan bagian dari teknologi MAMR ini adalah “Spin Torque Oscillator”. Inovasi ini berguna untuk menghasilkan medan microwave yang dapat meningkatkan kemampuan untuk merekam data dengan densitas ultra-tinggi tanpa mengurangi kemampuannya. Teknologi MAMR dapat menawarkan lebih dari 4 terabit per-inci persegi dari waktu ke waktu.

Mike Cordano, selaku President and Chief Operating, Western Digital, mengutarakan, “Lima tahun lalu, kami berhasil mengembangkan teknologi penggerak HelioSeal dan kini kemajuan ground-breaking kami di teknologi MAMR ini akan sangat memungkinkan WD untuk mengatasi permasalahan konsumen yang membutuhkan media penyimpanan berkapasitas tinggi serta teknologi yang semakin andal“.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES