in: News | November 7, 2017 | by: Gatot Tri Yuwono

AMD Indonesia Resmikan Jajaran Laptop Bertenaga Prosesor Ryzen

AMD Indonesia akhirnya meresmikan jajaran laptop yang ditenagai oleh APU 8th Gen “Raven Ridge”. Salah satu keistimewaan yang ditawarkan oleh APU 8th Gen “Raven Ridge” adalah di dalamnya telah ditanam CPU Ryzen Series yang dipadukan GPU Radeon Vega Series. Melihat sepak terjang Ryzen dan Vega di platform desktop yang luar biasa, tidak aneh jika banyak kalangan pengguna PC yang menantikan hadirnya laptop APU 8th Gen “Raven Ridge”.

Peningkatan performa yang ditawarkan APU 8th Gen “Raven Ridge” memang tidak dapat dianggap remeh. Dibandingkan APU 7th Gen, performa komputasi CPU APU 8th Gen “Raven Ridge” meningkat hingga 3X lipat. Biasanya peningkatan performa komputasi CPU antar generasi tidak akan semasif itu dan hanya beberapa persen saja. Sementara performa GPU APU 8th Gen “Raven Ridge” diklaim meningkat 2,28X lipat dibandingkan pendahulunya. Menariknya, peningkatan performa semasif itu justru dibarengi dengan penggunaan daya listrik hingga 58% lebih hemat yang membuat laptop dapat bertahan lebih lama dengan tenaga baterai.

Performa APU 8th Gen “Raven Ridge” di sejumlah judul game ternama menunjukkan tingkat frame rate tergolong tinggi.

Untuk saat ini terdapat dua varian APU 8th Gen “Raven Ridge” untuk laptop yaitu Ryzen 7 2700U dan Ryzen 5 2500U. Sementara itu untuk produk laptop yang telah siap di pasaran saat ini datang dari produsen Acer, HP, dan Lenovo.

Laptop APU 8th Gen “Raven Ridge” dari Acer hadir dalam varian Swift 3 dengan ukuran layar 15 inci.

APU 8th Gen “Raven Ridge” pun hadir dalam wujud laptop 2-in-1 dari tangan HP dengan produknya Envy x360 yang menggunakan layar 15,6 inci.

Sementara Ideapad 720S menjadi wakil laptop APU 8th Gen “Raven Ridge” dari pihak Lenovo.

Selain memamerkan laptop tipis dengan APU 8th Gen “Raven Ridge”, di acara peresmian ini juga dipamerkan laptop gaming ASUS ROG STRIX GL70ZC yang ditenagai Ryzen 7 1700 dan Radeon RX 580 dimana keduanya adalah prosesor dan graphics card yang digunakan di PC desktop. Siapa menyangka jika tenaga sebuah PC desktop dapat dimampatkan ke dalam laptop gaming seperti itu. Seperti apa performanya? Tunggu ulasan lengkapnya dari kami.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES