Transfer Data Antar Perangkat Tanpa Kabel, Tanpa Makan Kuota Internet!

Reading time:
November 17, 2017

Transfer file antar perangkat komputer merupakan suatu hal yang mudah dilakukan, tetapi terkadang bisa merepotkan. Di era saat ini, transfer file, atau mengkopi/memindahkan file dari satu perangkat ke perangkat lain bisa saja dibutuhkan sewaktu-waktu, bahkan kadang di waktu yang tidak kita duga. Bila di sekitar kita ada alat yang bisa membantu transfer file itu, misalnya kabel USB bila kita ingin melakukan transfer file dari smartphone ke PC (desktop atau laptop), atau USB drive untuk transfer file antar PC, hal itu tentu saja akan mudah dilakukan. Tetapi, bagaimana bila alat itu tidak tersedia?

pic3

Bila hal itu terjadi, masih ada cara yang bisa dilakukan, yaitu memanfaatkan konektivitas nirkabel untuk transfer file tersebut, dalam hal ini yang paling mudah adalah dengan WiFi dan Bluetooth. WiFi dan Bluetooth pastinya sudah tersedia di smartphone dan laptop masa kini, sementara di PC desktop, banyak yang sudah hadir dengan dukungan untuk dua fitur tersebut. Memanfaatkan WiFi dan Bluetooth, transfer file antar perangkat memang bisa dilakukan, tetapi akan sangat merepotkan tanpa dukungan aplikasi yang tepat.

Kali ini, kami akan membahas cara transfer file antar perangkat tanpa lewat USB, yang akan berguna bila kondisi di atas terjadi. Tentu saja, kami akan menggunakan bantuan aplikasi, agar transfer file bisa dilakukan dengan lebih mudah. Aplikasi yang kami gunakan adalah SHAREit.

SHAREit: Untuk Transfer File Antar Perangkat Lintas Platform

SHAREit adalah aplikasi yang dikembangkan khusus untuk memudahkan transfer file antar perangkat. Menariknya, aplikasi ini tersedia untuk banyak platform sistem operasi, sehingga akan memudahkan transfer file sekalipun itu harus dilakukan antara perangkat dengan sistem operasi yang berbeda. Berdasarkan informasi di situs resminya, SHAREit ini tersedia untuk Windows, Mac OS, Android, iOS, serta Windows Mobile.

Screenshot 20171116 201720

Aplikasi ini bisa digunakan untuk transfer file antar perangkat, dengan dukungan untuk berbagai jenis file dari kategori gambar/foto, musik, video, dokumen, dan format file umum lain. Bahkan, untuk smartphone, SHAREit juga bisa digunakan untuk melakukan transfer aplikasi. Tidak ada batasan ukuran file yang bisa dikirim melalui aplikasi SHAREit ini.

Untuk transfer file, SHAREit memanfaatkan WiFi, dengan membangun koneksi khusus antar dua perangkat yang tengah melakukan transfer data. Cara ini mirip dengan yang umum digunakan dalam transfer file melalui Bluetooth. Namun, karena melalui WiFi, kecepatan yang ditawarkan tentunya akan lebih tinggi, di mana Bluetooth 4.0 hanya menawarkan kecepatan hingga 25 Mbps, sementara WiFi yang paling umum digunakan, WiFi N, menawarkan lebih tinggi dari angka tersebut.

Lalu, bagaimana cara menggunakan aplikasi SHAREit ini?

Cara Transfer File dengan SHAREit

Tentu saja, pertama, kedua perangkat, baik perangkat yang mengirimkan file maupun yang menerima file, harus sudah dilengkapi dengan aplikasi SHAREit. Untuk smartphone, SHAREit bisa dijumpai di marketplace masing-masing smartphone sesuai sistem operasi yang digunakan, yaitu Play Store untuk Android, App Store untuk iOS, dan Windows Store untuk Windows Mobile. Sementara untuk PC Windows dan Mac, SHAREit bisa didapatkan dalam bentuk installer di situs resmi mereka.

SHAREit 02
SHAREit harus terinstall di kedua perangkat

Setelah SHAREit ter-install, pengguna bisa langsung menggunakannya untuk transfer file dengan mudah. Caranya, cukup buka aplikasi di kedua perangkat, kemudian pilih “peran” masing-masing perangkat, apakah sebagai pengirim atau penerima. Untuk pengirim file, pengguna harus memilih file apa saja yang akan dikirimkan. SHAREit mendukung kategori file, sehingga pengguna hanya perlu memilih kategori yang sesuai, dan kemudian file yang ingin dikirim di bawah kategori tersebut. Setelah semua file terpilih, pengguna bisa memilih tujuan pengiriman, dan otomatis perangkat penerima akan menerima file tersebut.

SHAREit 03
Aplikasi ini akan mendeteksi smartphone penerima di sekitarnya dan bisa mengirimkan file hanya dengan satu “klik” di icon penerima

Kecepatan transfer file yang didukung SHAREit tentunya akan sesuai dengan kecepatan WiFi yang didukung perangkat. Berdasarkan pengujian yang kami lakukan, dengan menggunakan Moto Z Play dan Moto G5s Plus, kecepatan transfer tertinggi yang bisa kami dapatkan mencapai sekitar 65 Mbps. Kecepatan tersebut sudah hampir 3x lipat kecepatan transfer melalui Bluetooth.

SHAREit 04
Kecepatan transfer file yang didapatkan terbilang cukup tinggi.

Selain file-file “biasa”, seperti gambar/foto, video, musik, atau dokumen, SHAREit juga mendukung transfer aplikasi. Di Android, SHAREit akan otomatis memaketkan aplikasi dalam bentuk APK, dan mengirimnya ke smartphone lain. Smartphone penerima file APK tersebut bisa meng-install-nya seperti layaknya file APK pada umumnya.

Share Zone: Permudah Sharing File

Sebuah fitur yang baru saja hadir di SHAREit, yang disebut sebagai Share Zone, akan makin mempermudah transfer file antar perangkat, terutama untuk file-file yang sering dibagikan ke smartphone lain. Pengguna smartphone dengan aplikasi SHAREit bisa memilih file tersebut dan memasukkannya ke Share Zone ini. File yang didukung oleh Share Zone ini adalah untuk video dan dokumen, serta aplikasi yang akan ditransfer dalam bentuk APK.

SHAREit 05
Share Zone akan memudahkan berbagi file yang akan sering ditransfer ke perangkat lain.

Setelah memilih file yang akan dibagikan melalui Share Zone, setiap kali pengguna smartphone lain dengan aplikasi SHAREit terhubung ke smartphone, mereka bisa langsung memilih file dari daftar yang ada dalam Share Zome dan men-“download”-nya. Hal ini tentu saja akan memudahkan pengguna suatu smartphone yang seringkali harus membagikan file tertentu ke rekan-rekan mereka. Pengguna itu tidak perlu harus selalu memilih file yang sama berulang-ulang setiap kali ingin melakukan transfer file, karena file di Share Zone akan selalu bisa diakses setiap kali dibutuhkan, tanpa pengguna harus memilihnya secara manual.

Fitur Lebih Untuk Transfer File ke PC

Seperti yang kami sebutkan di awal, SHAREit ini tidak hanya mendukung transfer file antar smartphone saja, tetapi juga ke PC, baik laptop maupun desktop. SHAREit akan menawarkan fitur lebih dari sekadar hanya transfer dan sharing file saja bila dihubungkan dari smartphone ke PC. Beberapa fitur lebih yang ditawarkan antara lain fitur backup data ke PC, Play To sehingga pengguna bisa langsung melihat preview suatu file di smartphone dari PC, serta fungsi kontrol untuk presentasi Power Point.

SHAREit 07
Tidak hanya menawarkan fitur transfer file biasa..
SHAREit 08
SHAREit dari smartphone ke PC juga bisa digunakan untuk fitur lain, seperti Play To ini, di mana file yang ada di smartphone bisa di-preview dulu dari PC.

SHAREit Tidak Gunakan Internet

Satu hal yang perlu diketahui dari fitur transfer file yang ditawarkan oleh SHAREit ini, transfer file yang dilakukan itu bukan melalui Internet. SHAREit akan membangun sebuah jaringan lokal, sehingga pengguna tidak perlu terhubung ke Internet, atau bahkan menghabiskan kuota Internet. Hal ini tentu saja membantu, terutama bila pengguna banyak melakukan transfer file dalam ukuran besar. Karena tidak melalui Internet, paket data Internet tidak akan terpotong sama sekali.

Tags:

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…
March 6, 2024 - 0

Ghost of Tsushima Resmi Tuju PC, Rilis Mei 2024!

Perlahan tapi pasti, gamer PC terus menikmati perubahan kebijakan “eksklusivitas”…
March 6, 2024 - 0

Makin Optimal, Tuntutan VGA Minimum Alan Wake 2 versi PC Turun!

  Berbeda dengan konsol yang dibangun dengan hanya satu spesifikasi…