in: News | November 7, 2017 | by: Gatot Tri Yuwono

Intel Siapkan Prosesor Core i 8th Gen dengan IGP AMD Radeon

Berita ini masih membuat kami sulit untuk mempercayainya. Sempat menjadi desas-desus, siapa menyangka jika kolaborasi dua raksasa produsen prosesor PC akan menjadi kenyataan. Intel secara resmi mengumumkan kolaborasi terbarunya dengan pihak AMD, terutama dengan divisi RTG (Radeon Technology Graphics). Menariknya kolaborasi ini tampaknya akan segera dapat dinikmati dalam waktu dekat mengingat Intel akan mewujudkannya di lini prosesor Core i 8th Gen H-Series (HQ/HK) untuk perangkat laptop.

 

Di Core i 8th Gen H-Series, GPU AMD Radeon tidak akan ditempatkan pada die yang sama dengan CPU melainkan terpisah. Walaupun begitu die CPU dan GPU tetap ditempatkan di dalam satu package prosesor yang sama.

Untuk menghubungkan die CPU dan GPU AMD Radeon, Intel menggunakan teknologi EMIB (Embedded Multi-Die Interconnect Bridge) yang menjamin komunikasi super cepat antar komponen. Menariknya EMIB juga menghubungkan chip HBM (High Bandwidth Memory) 2nd Gen dimana hal ini mengindikasikan penggunaan chip GPU VEGA. Tentu saja hal ini membuat kami begitu penasaran dengan performa grafis Radeon “VEGA” saat dipadukan dengan prosesor racikan Intel. Dengan menyatukan tiga chip tersebut di dalam satu package membuat motherboard dapat dibuat lebih sederhana dengan dimensi lebih ringkas.

Produsen pun dapat menciptakan laptop dengan performa tinggi layaknya laptop gaming atau workstation sambil mempertahankan dimensi sekecil mungkin dan bobot seringan mungkin.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES