in: News | November 8, 2017 | by: Dian Syarifuddin

LiteOn Hadirkan SSD M.2 NVMe Baru Berbasis NAND TLC

Ranah persaingan pasar SSD dengan form factor M.2 2280 kembali ramai. Adalah LiteOn yang mungkin sempat lebih dikenal sebagai produsen Optical Drive yang menghadirkan produk SSD terbarunya. SSD yang dihadirkan oleh produsen asal Taiwan ini diberi nama LiteOn CA3 dan SSD tersebut telah dilengkapi dengan protokol NVMe (Non Volatile Memory Express).

Selain protokol NVMe, LiteOn CA3 yang memanfaatkan interface PCIe 3.0 x4 ini juga dilengkapi dengan kontroler Marvell 88SS1092 dan dipadukan dengan NAND tipe TLC buatan Toshiba. LiteOn CA3 bakal tersedia dalam tiga pilihan kapasitas mulai dari 256 GB, 512 GB dan 1 TB. Dari masing-masing kapasitas yang tersedia, LiteOn CA3 ini memiliki performa yang beragam. Untuk yang berkapasitas 1 TB, SSD ini mampu menawarkan kecepatan Read/Write hingga 2900 MBps dan 1700 MBps. Selain itu, Kecepatan Read/Write pada Random 4K yang dihasilkan mampu mencapai 380.000/260.000 IOPS.

Berdasarkan dari kontroler yang digunakan, SSD LiteOn CA3 ini memiliki beberapa fitur pendukung di antaranya LDPC (Low Density Parity Check) ECC yang memungkinkan dapat meminimalisir data error sehingga umur SSD lebih panjang, SMART, TCG-OPAL 2.0 dan enkripsi 256-bit AES. Meskipun LiteOn tidak memberikan keterangan soal ketahanan (TBW) dari SSD barunya, namun LiteOn CA3 memiliki MTBF mencapai 1.5 juta jam.

SSD LiteOn CA3 memiliki masa garansi selama 3 tahun dan tampaknya SSD ini lebih ditujukan untuk kalangan consumer seperti video editor, graphic design dan web development. Sayangnya belum ada keterangan resmi soal harga yang akan ditawarkan serta ketersediaan SSD LiteOn CA3 di pasaran.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES