in: News | November 21, 2017 | by: Pladidus Santoso

Portal Berita Indonesia Sempat Terinjeksi Malware Crypto Mining?

Crypto currency, sepertinya mustahil bagi Anda untuk tidak pernah mendengar istilah yang satu ini. Beberapa mungkin menyederhanakannya sebagai “Bitcoin”, sementara mereka yang lebih familiar sepertinya memahami bahwa ada begitu banyak jenis crypto currency yang tersedia di pasaran saat ini. Hidup untuk waktu cukup lama dan mencapai puncak popularitas setidaknya satu tahun terakhir ini, nilai jual yang mencapai angka puluhan juta Rupiah / koin menjadi salah satu alasan mengapa ia begitu “digemari”. Fenomena yang bahkan sempat membuat harga hardware PC di seluruh dunia, termasuk Indonesia, menggila. Tapi tahukah Anda, jika proses mining seperti ini tidak selalu harus menggunakan hardware Anda sendiri?

 

Trik Unik: Menggunakan Website untuk Mining Menggunakan Komputer Pengunjung

Salah satu strategi “baru” yang muncul ke permukaan adalah browser-based crypto-mining.  Jika disederhanakan, alih-alih menggunakan hardware mereka sendiri, penyedia situs menyuntikkan sebuah program yang memaksa PC para pengunjung situs mereka untuk melakukan proses mining Crypto currency ini untuk mereka, baik secara sadar ataupun tidak sadar. Kasus ini sempat terjadi di situs bajakan – The Pirate Bay sekitar bulan September lalu dengan kritik pedas mengikutinya. Bagi para pengunjung situs, mereka tidak akan menyadari bahwa mereka telah menjadi “korban” resource untuk proses mining ini. Padahal faktor resiko jelas ada karena script seperti ini akan membuat kerja CPU Anda naik hingga 100% dengan hanya mengunjungi situs terkait begitu saja.

Situs Beritasatu.com – salah satu portal berita Indonesia populer terkena injeksi malware web-based crypto-mining. Membuka portal ini akan langsung membuat kinerja CPU Anda melompat 100%.
Ditemukan “Coin-have” di sana.

 

Percaya atau tidak, hal inilah yang terjadi dengan salah portal berita Indonesia ternama – Beritasatu.com ketika berita ini ditulis. Keanehan yang pertama kali ditemukan di sub-Reddit Indonesia ini mengindikasikan bahwa portal tersebut telah terinjeksi script crypto-mining yang membuat kinerja CPU pembacanya langsung melonjak dan menetap di angka 100%. Setelah diselidiki lewat proses “Inspect Element – Sources”, ditemukan script mining “Coin-have” yang berbasis koin Monero di dalamnya. Namun tentu perlu diingat, kejadian ini bisa terjadi karena tidak disengaja. Sistem keamanan penyedia situs yang kurang solid bisa membuat injeksi script seperti ini mungkin terjadi.

Beritasatu Sudah Aman

Saat tulisan ini ditayangkan, situs Beritasatu sudah berhasil memperbaiki masalah tersebut. Kami mendeteksi bahwa load prosesor saat membukanya sudah normal. Akan tetapi, hal ini bisa terjadi kapan saja pada website lainnya, karena akan ada saja pihak-pihak yang berupaya untuk memperoleh crypto currency dengan mudah. Hacking situs besar seperti Beritasatu misalnya, bisa menjadi contoh yang nyata.

Jika Anda termasuk pembaca yang khawatir bahwa situs favorit Anda bisa menyuntikkan atau terinfeksi hal yang sama dan merugikan Anda, jangan cemas! Kami juga sudah melemparkan tips yang bisa Anda aplikasikan untuk mengambil langkah preventif dan melindungi diri Anda sendiri. Please, beware!

 

Tags: