in: Storage Devices | November 16, 2017 | by: Dian Syarifuddin

Review Storage: SSD Samsung 850 EVO 500 GB

Kita tahu bahwa Samsung merupakan produsen ternama dunia yang dikenal sebagai produsen elektronik seperti TV dan juga smartphone. Namun di industri perangkat PC, khususnya pada media penyimpanan berbasis NAND,  Samsung juga dikenal aktif dalam menghadirkan sejumlah solusi media penyimpanan berbasis NAND, seperti SSD (Solid State Drive). Ada begitu banyak model pilihan SSD yang ditawarkan oleh Samsung beserta pilihan kapasitas yang tersedia.

Seperti pada salah satu seri SSD Samsung 850 EVO yang akan kita bahas kali ini. Meskipun sudah resmi hadir di pasaran sejak 2014 lalu, SSD Samsung seri ini mungkin masih menjadi pilihan para pengguna PC enthusiast karena performanya yang dianggap paling menarik di kelasnya. Selain itu, jaminan garansi yang diberikan selama 5 tahun juga bisa dianggap menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih SSD Samsung yang satu ini. Ingin tahu seperti performa yang dimiliki Samsung 850 EVO 500GB ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Paket Penjualan

Seperti biasa, sebelum kita memasuki segmen pengujian, terlebih dahulu kami persembahkan paket penjualan serta wujud dari SSD Samsung 850 EVO berkapasitas 500GB yang mampir di lab. pengujian kami ini. Dan berikut adalah paket penjualan yang disajikan oleh Samsung pada SSD 850 EVO.

Tampilan depan kemasan
Tampilan belakang kemasan
Paket penjualan yang tersedia

Pada kemasannya, Samsung 850 EVO ini memiliki khas warna putih dengan berbagai informasi yang tercantum, mulai dari kemasan tampilan depan maupun belakang. Pada paket penjualannya, SSD Samsung 850 EVO 500GB ini tergolong cukup lengkap. Mulai dari CD yang berisikan Magician Software, buku panduan penggunaan dan informasi soal garansi yang dimiliki SSD Samsung 850 EVO ini.

Buku panduan yang disematkan Samsung pada SSD miliknya ini terlihat sangat informatif. Anda bisa mencontoh dari panduan ini dalam menggunakan SSD Samsung 850 EVO, baik untuk PC laptop maupun desktop. Tidak hanya itu, Ada pula panduan dalam menggunakan Magician Software yang tersedia pada CD yang disertakan.

SSD Samsung 850 EVO 500GB

Pada tampilan depan SSD ini terlihat sangat sederhana. Samsung tetap mengusung warna hitam yang menjadi khas dari semua jajaran koleksi SSD dengan form factor 2.5″ milik Samsung, beserta dengan logo khas Samsung di tengahnya. Mengenai kapasitas yang tersedia dari SSD ini boleh dibilang cukup lengkap hingga 6 pilihan kapasitas, mulai dari 120GB, 250GB, 500GB, 1TB, 2TB dan 4TB.

 

Soal performa yang ditawarkan SSD Samsung 850 EVO ini ternyata cukup beragam tergantung dari kapasitas yang dimilikinya. Namun pihak Samsung mengklaim kalau SSD ini mampu menyodorkan performa sequential Read/Writre mencapai 540 MB/s dan 520 MB/s untuk yang berkapasitas 500 GB. Dengan memanfaatkan kontroler Samsung MGX yang dipadu dengan NAND Samsung 128Gbit 40nm TLC-VNAND, SSD ini menawarkan kecepatan Read/Write pada Random 4K mencapai 98.000/90.000 IOPS. Ketahanan dari SSD Samsung 850 EVO 500GB ini mencapai hingga 150 TBW (Terabyte Written). Beberapa fitur esensial yang tersemat di dalam SSD Samsung 850 EVO ini tersaji dengan lengkap di antaranya DevSleep, SMART, TRIM, Enkripsi AES 256-bit dan Garbage Collection. Mulai penasaran dengan hasil pengujian yang kami lakukan pada SSD yang memiliki MTBF 1.5 juta jam ini? Sebelum kita memasuki segmen pengujian, berikut adalah platform pengujian yang kami gunakan.

Platform Pengujian

  • Prosesor Intel Core i7 7700
  • Motherboard Z270
  • RAM DDR4 16GB
  • SSD Intel NVMe 750 Series
  • Graphics Card GeForce GTX 950
  • PSU 650 watt
  • Windows 10
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES