in: Graphics Card | November 14, 2017 | by: Agus Prasetyo

Review VGA Card: ASUS ROG Poseidon GTX 1080 Ti Platinum

Penutup

Seperti layaknya sebuah graphics card dengan GPU GeForce GTX 1080 Ti, produk dari ASUS ini, ROG Poseidon GTX 1080 Ti Platinum menawarkan kemampuan yang terbilang tinggi, bahkan bisa melibas game-game AAA di resolusi 4K di kualitas tampilan yang tinggi. Berdasarkan pengujian yang kami lakukan, di Silent Mode sekalipun, graphics card ini sudah terlihat bisa menampilkan framerate yang nyaman, rata-rata di atas 30 fps, bahkan jauh di atas itu, untuk semua game. Bila performa ekstra dirasa dibutuhkan, ASUS masih menyediakan opsi Gaming Mode dan OC Mode, yang akan menawarkan performa sedikit di atas dari yang ditawarkan Silent Mode.

Namun, sebelum membahas lebih lanjut peningkatan performa dari Silent Mode ke Gaming Mode dan OC Mode, kami akan membahas konsumsi daya dari ketiga mode tersebut terlebih dahulu.

Konsumsi Daya

Kami melakukan pengujian konsumsi daya dari keseluruhan sistem, tidak termasuk monitor. Pengujian konsumsi daya dilakukan dengan menggunakan Unigine Heaven 4.0, aplikasi benchmark yang lebih berat ke graphics card. Berikut ini hasilnya.

Terlihat, ada peningkatan konsumsi daya sekitar 20 Watt antara Silent Mode ke Gaming Mode, dan 20 Watt lagi antara Gaming Mode ke OC Mode. Hal ini wajar, mengingat adanya peningkatan clock antara ketiga mode tersebut. Lalu, bagaimana perbandingan peningkatan konsumsi daya tersebut ke peningkatan performa?

Bila dibandingkan dengan hasil yang didapatkan di Unigine Heaven 4.0, benchmark yang kami gunakan untuk konsumsi daya, terlihat Performance per Watt tertinggi didapatkan di Silent Mode, disusul oleh Gaming Mode, dan terakhir OC Mode. Hasil ini masih sesuai dengan perkiraan kami. Satu hal yang perlu diingat, peningkatan konsumsi daya bisa jadi akan bervariasi, tergantung dari beban masing-masing benchmark atau game ke GPU.

Melihat hasil pengujian di dalam game, di resolusi 4K, OC Mode memberikan peningkatan performa 4% ~ 7% bila dibandingkan dengan Silent Mode. Sementara Gaming Mode, mode standar dari graphics card ini, berkisar 1% ~ 3% di bawah OC Mode. Melihat hasil tersebut, tidak heran bila ASUS mengatur Gaming Mode sebagai standar di graphics card ini, karena menawarkan kombinasi yang lebih seimbang antara performa dengan konsumsi daya.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, ASUS ROG Poseidon GTX 1080 Ti ini memang bisa menunjukkan kelasnya sebagai graphics card high end, salah satu unggulan dari ASUS, terutama untuk pengguna sistem dengan liquid cooling custom yang ingin merasakan performa sangat tinggi dari PC mereka. Bagian paling menonjol dari graphics card ini adalah hybrid cooling system, yang terbilang mampu mendukung hadirnya performa terbaik dari GeForce GTX 1080 Ti. Di sistem integrasi ROG inipun ASUS menawarkan kestabilan kinerja secara keseluruhan. Tentunya menjadi sayang jika Anda hanya memasangkan ASUS ROG Poseidon GTX 1080 Ti Platinum ini pada sistem biasa.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7
Tags: