in: News | November 30, 2017 | by: Agus Prasetyo

Standar HDMI 2.1 Bakal Dukung Resolusi Video 10K

Dikala perdebatan antara 144Hz vs 4K yang cukup hangat dipertengahan tahun ini, sejenak kita melihat teknologi pendukung yang juga tidak kalah dahsyat. Kali ini bukan teknologi monitor ataupun graphic card, tapi teknologi kabel yang menghubungkan keduanya, yakni HDMI versi 2.1. Kabarnya HDMI 2.1 kini sudah mampu mendukung transfer video dalam resolusi 10K, cukup mencengangkan bukan! HDMI yang dimaksud disini bukan sekedar sebuah kabel saja, melainkan dukungan standar interface antara graphic card dengan monitor.

Pembahasan tentang bakal dikeluarkannya HDMI versi 2.1 telah mengemuka sejak Januari 2017, dan kini dipenghujung tahun HDMI Forum yang merupakan asosiasi pengembangan HDMI talah merampungkan projek tersebut. Standardisasi HDMI 2.1 akan menjadi jembatan lebar bagi ambisi gamers dan juga video enthusiast dimana tidak ada lagi kendala dalam transfer data video. \

Sesuai spesifikasi, HDMI 2.1 mampu mentransfer data video dalam mode resolusi tertinggi 10240 x 4320 di 120Hz dan tentu saja mendukung resolusi dibawahnya, 4K 120Hz maupun 8K 120Hz. HDMI 2.1 mengenalkan kabel HDMI yang baru tipe 48G yang telah disertifikasi dan tetap masih mendukung koneksitas standar HDMI versi sebelumnya. Untuk penggunaan kabel HDMI versi sebelumnya tidak mampu mendukung fitur-fitur terbaru yang ada di versi 2.1 ini.

Beberapa fitur baru yang disematkan pada HDMI 2.1 yang tidak ada pada generasi HDMI 2.0 ataupun generasi sebelumnya diataranya adalah Dyanamic HDR dan High Frame Rate. Namun yang lebih menarik sepertinya difitur penyesuaian refresh rate yang berhubungan dengan latensi, yakni Variable Refresh Rate (VRR) untuk mengeliminasi lag, stutter dan tearing yang mirip dengan NVIDIA G-Sync ataupun AMD Enhanced Sync. Kedua adalah Quick Media Switching (QMS) berguna untuk mengurangi delay yang kadang menyebabkan blank screen, serta Quick Frame Transport (QFT) yang juga menekan tingkat latensi. Keunggulan fitur diatas berkat dukungan bandwidth yang melebar menjadi 48 Gbps, sedangkan sebelumnya di HDMI 2.0b hanya dapat menjangkau bandwidth 18 Gbps.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES