in: Tips | November 21, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Tips: Mengatasi “Website Miner”

Belakangan ini, muncul keresahan terkait web crypto mining, atau “website miner“, di mana web yang dibuka melalui Internet bisa memanfaatkan PC kita untuk mining. Hal ini tentu saja menjengkelkan, terutama bila hal itu dilakukan tanpa pemberitahuan dan persetujuan kita, di mana PC yang kita gunakan bisa jadi sebagian besar resource CPU-nya akan terpakai untuk mining, yang membuat respon PC menjadi lambat. Selain itu, bicara mengenai efek lebih lanjut, suhu operasi PC akan meningkat dan juga konsumsi dayanya.

Sebagai catatan, ada beberapa hal terkait “website miner” ini yang perlu diluruskan. Sebuah website melakukan web crypto mining, bukan berarti dipastikan pemilik website itulah yang mengatur agar web-nya melakukan mining di PC siapa saja yang membukanya. “Website miner” di suatu situs bisa juga dilakukan secara tidak sengaja, seperti karena:

 

  • Penggunaan plug-in di web yang ternyata disusupi kode “website miner”
  • Ada kode “website miner” di dalam iklan yang terpasang

 

Atau, mungkin juga hal itu terjadi karena serangan pihak lain yang memasang kode “website miner” di situs tersebut.

 

Jadi, kita tidak bisa begitu saja menuding sebuah situs melakukan “website miner” tanpa tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Mengatasi “Website Miner”

Karena cukup menjengkelkan, tentu saja, banyak orang yang ingin agar “website miner” ini tidak terjadi di PC mereka. Tentu saja, hal tersebut cukup mudah dilakukan, yaitu dengan menghindari membuka website yang menjalankan “website miner” ini, atau cepat menutup tab/window suatu website di browser bila setelah website tersebut terbuka resource PC tiba-tiba terpakai. Namun, ada kalanya website yang menjalankan “website miner” ini, secara sengaja atau tidak sengaja, butuh kita buka. Tenang saja, “website miner” ini bisa diatasi dengan mudah.

Browser populer, seperti Chrome dan Firefox, sudah dilengkapi dengan plug-in (biasa disebut “extension” di Chrome atau “add-on” di Firefox). Tentu saja, ada pihak yang merasa bahwa mereka perlu membuat plug-in untuk mengatasi “website miner” ini. Sebagai contoh, salah satu yang kami temukan adalah extension “Miner Block” di Chrome.

Blokir “Website Miner” dengan Miner Block di Chrome

Tidak berbeda dengan memasang extension lain di Chrome, Miner Block ini bisa dipasang melalui Chrome Web Store. Caranya:

  • Buka Chrome Web Store
  • Cari extension dengan kata kunci “miner block”
  • Tekan tombol “Add to Chrome” di extension tersebut
  • Setelah extension di-install ke dalam Chrome, extension akan aktif secara otomatis dan langsung menjalankan tugasnya

Ketika Miner Block ini aktif, Anda bisa beraktivitas seperti biasanya di website dengan kode miner tanpa perlu khawatir resource PC akan dihabiskan oleh “website miner” tersebut.

 

Blokir “Website Miner” dengan AdBlock Plus

Satu hal yang menarik, bukan hanya plug-in khusus “anti miner” seperti Miner Block saja yang bisa mengatasi “website miner” ini. Kami mendapati bahwa plug-in ad-blocker juga ada yang bisa menutup akses kode mining di suatu situs, sehingga miner tidak berjalan. Plug-in tersebut adalah AdBlock Plus, yang hadir sebagai extension di Chrome dan add-on di Firefox. Tentu saja, untuk menggunakannya, cukup install add-on tersebut di browser yang bersangkutan, lalu subscribe ke list filter yang ada. Terakhir, tentu saja, jangan lupa aktifkan AdBlock Plus di halaman website yang mengusung kode miner tersebut.

Di Chrome, AdBlock Plus bisa didapatkan dengan cara yang kurang lebih mirip dengan Miner Block:

  • Buka Chrome Web Store
  • Cari extension dengan kata kunci “adblock plus”
  • Tekan tombol “Add to Chrome” di extension tersebut
  • Setelah extension di-install ke dalam Chrome, aktifkan extension tersebut
  • Subscribe ke filter list yang tersedia

Sementara untuk Firefox, tentu saja kita tidak akan mendapatkannya melalui Chrome Web Store. Firefox memiliki tempat tersendiri untuk kumpulan add-on di browser tersebut. Caranya:

  • Buka menu “Add-On” lalu masuk ke bagian “Get Add-On”
  • Pilih “See More Add-On” di bagian bawah halaman
  • Cari add-on dengan kata kunci “adblock plus”
  • Install add-on tersebut dan aktifkan
  • Subscribe ke filter list yang tersedia

Catatan: Situs berita yang kami gunakan sebagai contoh di atas, kini sudah berhasil membersihkan injeksi miner yang sempat terselipkan. Jadi, Anda tidak bisa menggunakannya untuk ‘ngetes’ tips di atas ini.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES