in: News | December 17, 2017 | by: Gatot Tri Yuwono

Babak Pamungkas Kompetisi Zotac Cup Premier Resmi Digelar

Babak pamungkas kompetisi eSport Zotac Cup Premier akhirnya digelar Sabtu (16/12) di Patnip Plaza, Bangkok, Thailand. Berbeda dengan Zotac Cup yang mempertemukan pemain kelas profesional, kompetisi Zotac Cup Premier mempertandingkan gamer kelas amatir/non-profesional. Gelaran Zotac Cup Premier yang digelar untuk pertama kalinya di tahun 2017, diawali babak penyisihan secara online yang mempertandingkan gamer dari kawasan Asia Tenggara yang meliputi negara Indonesia, Singapore, Philippines, Vietnam, Malaysia, dan Thailand pada bulan Oktober hingga November lalu. Keseluruhan kompetisi Zotac Cup Premier sendiri mepertandingkan game MOBA populer, DOTA 2.

Babak final Zotac Cup Master akhirnya mempertemukan enam tim dari enam negara yang akan memperebutkan total hadiah USD 20.000,- atau lebih dari 270 juta rupiah. Enam tim yang lolos ke babak final adalah BOOM ID (Indonesia), AIDS.V2 (Singapore), Neon Esports (Philippines), TEAM 496 Production (Vietnam), Geek Fam (Malaysia), dan IMPROVED (Thailand). Tampak skema pembagian hadiah oleh Zotac membuat setiap tim yang berpartisipasi di kompetisi eSport ini tidak pulang dengan tangan kosong.

Kompetisi Zotac Cup Premier turut didukung sejumlah produsen ternama seperti NVIDIA, ASRock, Cooler Master, Corsair, DX RACER, Gamdias, Razer, SteelSeries, dan ViewSonic.

Skema Pertandingan

Babak final Zotac Cup Premier membagi enam tim menjadi Group A dan Group B. Group A terdiri dari TEAM 496 Production (Vietnam), Geek Fam (Malaysia), dan IMPROVED (Thailand). Sementara Group B diisi BOOM ID (Indonesia), AIDS.V2 (Singapore), dan Neon Esports (Philippines). Setiap tim akan bertanding sebanyak dua kali di Group Stage untuk menentukan dua tim teratas dari setiap grup yang akan masuk sesi Bracket.

Babak Upper Bracket dan Lower Bracket akan langsung digelar pada penghujung hari pertama kompetisi Zotac Cup Premier yang kemudian dilanjutkan pada hari kedua untuk semi final dan grand final.

Hasil Hari Pertama – BOOM ID Lolos ke Semi Final

Hasil manis diraih tim BOOM ID dihari pertama gelaran Zotac Cup Premier. Tim yang didirikan sejak November 2016 ini akhirnya sukses memasuki babak Upper Bracket SemiFinals setelah mengalahkan dua tim dari Group B dan satu tim dari Group A.

BOOM ID memang sukses menorehkan kemenangan tanpa cela di hari pertama. Tim AIDS.V2 (Singapore) dan Neon Esports (Philippines) harus merelakan kursi kemenangan Group B diduduki oleh BOOM ID. TEAM 496 Production (Vietnam) pun harus melakukan hal sama kepada BOOM ID pada babak Upper Bracket.

Perjalanan tim BOOM ID di kompetisi Zotac Cup Premier memang masih cukup panjang. Pada hari Minggu (17/12), mereka setidaknya harus mengalahkan dua tim untuk bisa meraih posisi teratas dari kompetisi Zotac Cup Premier. Semoga divisi DOTA 2 BOOM ID yang terdiri dari Tri ‘Jhocam’ Kuncoro, Dolly ‘SaintDeLucaz’ Van Pello, Randy ‘Dreamocel’ Saputra, Muhammad ‘InYourDream’ Rizky, dan Alfi ‘Khezcute’ Nelphyana dapat membawa harum nama Indonesia di salah satu ajang bergengsi kompetisi eSport ini.

Tags: