in: News | December 4, 2017 | by: Agus Prasetyo

Chip GDDR6 dari Samsung Siap Rilis Awal 2018

Chip memory GDDR6 yang merupakan penerus generasi chip memory GDDR5 sepertinya bakal segera terealisasi. Samsung sebagai perusahaan kawakan dibidang chip memory menunjukkan kinerja GDDR6 yang sangat tinggi hingga mencapai bandwidth 16Gbps. GDDR6 siap dirilis bersama dengan 36 produk terbaru Samsung, bahkan chip GDDR6 ini terpilih sebagai salah satu dari sekian banyak produknya yang mendapatkan penghargaan Innovation Awards di ajang CES 2018. Keuntungan apa yang didapat dari pengaplikasian GDDR6 ini pada graphic card, sepertinya bakal sangat menarik untuk disimak.

Chip GDDR6 besutan Samsung ini dilaporkan mampu melakukan proses video dan gambar dengan bandwidth 16Gbps dan 64GBps data I/O, yang setara dengan transfer sebanyak 12 file full-HD DVD dalam satu detiknya. Dengan begitu, sangat mungkin untuk menangani file gaming besar dengan resolusi 4K dan 8K. Untuk saat ini, graphic card dari Nvidia ataupun AMD Radeon masih belum beranjak dari GDDR5. Untuk graphic card high-end memang sudah memakai generasi GDDR5X seperti di GTX 1080 Ti dan TITAN XP, namun dengan bandwidth yang terbatas di 11Gbps. Teknologi HBM2 yang diterapkan pada Radeon RX Vega juga belum menunjukkan performa yang berarti.

Nvidia mungkin akan menggunakan chip GDDR6 ini di graphic card TITAN berbasis Volta. Spesifikasi memory GDDR6 256-bit bakal menembus bandwidth 512GBps dan GDDR6 384-bit bakal menembus bandwidth sebesar 768GBps. Tentunya bandwidth tersebut lebih besar dibanding dengan AMD Radeon RX Vega 64 yang memakai HBM2 dengan bandwidth hanya tersedia sampai 483GBps.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES