in: News | December 14, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Dell EMC Perkenalkan Solusi Storage All-Flash Kelas Midrange Terbaru

Perkembangan di bidang penyimpanan data beberapa waktu belakangan ini menunjukkan tren bahwa kebutuhan kapasitas penyimpanan meningkat secara pesat. Hal ini membuat produk storage yang menawarkan kapasitas besar menjadi makin dibutuhkan, untuk mengakomodasi penyimpanan data perusahaan. Menariknya, tren ini juga diikuti tren penggunaan storage kelas midrange, bukan lagi high end, untuk kebutuhan data kapasitas besar. Kedua tren ini diperhatikan benar oleh Dell EMC, salah satu perusahaan terdepan di bidang storage. Mereka mengumumkan produk-produk mereka, baik dari sisi hardware maupun software, untuk kebutuhan storage midrange kapasitas besar ini.

Bapak Rekiardi dari Dell EMC menjelaskan solusi baru untuk storage all flash midrange.

 

Storage Midrange All Flash Baru

Melalui sebuah acara yang digelar di Jakarta, Dell EMC, yang diwakili oleh Bapak Adir, Infrastructure Director, dan Bapak Rekiardi, Advisory System Engineer, Modern Infrastructure Team, memperkeenalkan storage system all flash kelas midrange terbaru mereka, dari keluarga SC yang ditujukan sebagai pendukung federated array storage, SC5020F dan SC7020F. Keduanya memang dibangun sebagai storage all flash penuh, sehingga baik dari sisi hardware maupun software benar-benar siap menawarkan penggunaan all flash secara penuh. Dell EMC menyebutkan bahwa storage baru ini bisa menawarkan hingga 390000 IOPS per array, atau hingga 3.9 juta IOPS per federated cluster, hingga 10 array.

SC5020F hadir dalam form factor 3U, dan menawarkan hingga 222 drive dengan kapasitas total mencapai 2 PB. Storage ini dibekali dengan prosesor Xeon 8-core, dengan RAM hingga 128 GB. Sementara SC7020F menawarkan hingga 500 drive, dengan kapasitas total mencapai 3 PB. serta dibekali dengan prosesor dual Xeon 8-core. Keduanya sudah dibekali dengan fitur data reduction seperti compression dan deduplication untuk efisiensi yang baik. Dell EMC juga menyebutkan bahwa software pendukung operasional dari storage ini juga disertakan sebagai bagian dari paket, sehingga pengguna bisa menggunakan dan mendapatkan update tanpa biaya tambahan.

Sistem Operasi Baru untuk Midrange All Flash

Selain produk storage all flash baru untuk kelas midrange, Dell EMC juga mengumumkan sistem operasi baru, Unity v4.3. Sesuai namanya, sistem operasi ini ditujukan untuk storage dari keluarga Unity, yang hadir sebagai solusi untuk unified storage. Di versi terbaru sistem operasi untuk storage Unity ini, Dell EMC menambahkan fitur inline deduplication untuk memastikan efisiensi 4:1, membantu menghemat kapasitas dalam storage. Selain itu, tersedia juga sinkronisasi replikasi file, yang memastikan zero data loss saat proses replikasi antar storage. Tidak ketinggalan, kemampuan upgrade data-in-place secara online juga ditambahkan, sehingga mempermudah pengguna yang ingin melakukan upgrade dari satu versi storage Unity ke versi yang lebih tinggi, tanpa adanya downtime.

Ketiga fitur baru ini disebut Dell EMC akan sangat membantu, memungkinkan pengguna storage Unity menghemat biaya untuk storage. Hal itu dimungkinkan karena salah satu fitur yang ditawarkan bisa membantu meningkatkan efisiensi storage. Selain itu, update ini juga membuat storage menjadi lebih modern.

Program Furture-Proof untuk Pelanggan Setia

Tidak hanya hardware dan software baru saja, Dell EMC juga mengumumkan sebuah program yang memberikan keuntungan tambahan untuk pengguna setia produk storage mereka. Program “future-proof” ini hadir untuk storage lini SC Series dan Unity Series, dan salah satunya menawarkan jaminan fungsi penuh perangkat hingga 3 tahun, yang memastikan investasi perusahaan di bidang storage benar-benar menghasilkan manfaat bagi mereka.

Selain itu, program ini juga mencakup jaminan efisiensi storage all flash 4:1, yang berarti pengguna bisa mendapatkan efisiensi penggunaan ruangan penyimpanan hingga 4x lipat dari storage spinning disk, melalui fitur compression dan deduplication. Dell EMC juga menjamin migrasi data bebas masalah sebagai bagian dari program ini, serta menyertakan paket yang lengkap, termasuk software, untuk pembelian storage dari lini midrange mereka ini.

Siap untuk Menghadapi Era Midrange All Flash

Solusi baru yang ditawarkan oleh Dell EMC ini menunjukkan bahwa mereka siap menghadapi era storage all flash di kelas midrange, yang diprediksi akan makin dibutuhkan di era saat ini. Dell EMC berharap, semua solusi ini akan membuat mereka makin kompetitif. Selain itu, mereka yakin solusi baru ini akan menghadirkan lebih banyak manfaat bagi pengguna storage mereka.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES