in: News | December 3, 2017 | by: Tim Jagat Review

Extreme PC Day – Campus Roadshow: Intel Optane Sapa Surabaya

Sukses membawakan Extreme PC Day – Campus Roadshow di Denpasar dan Bekasi, tim Jagat Review dan Intel melanjutkan acara ini ke kampus berikutnya. Kali ini, giliran kampus di Surabaya, Jawa Timur, yaitu PENS (Politeknik Elektronika Negri Surabaya), yang jadi tempat penyelenggaraan acara tersebut. Seluruh peserta, yang merupakan mahasiswa dari PENS, akan melihat berbagai teknologi terbaru dari Intel yang dipadukan dengan produk dari para pendukung acara ini, yaitu ASUS ROG, Biostar, dan WD SSD!

Ajak Mahasiswa PENS Rasakan Teknologi Baru dari Intel

Berbeda dengan dua kampus sebelumnya, di mana peserta bisa saja datang dari luar kampus, di PENS ini, seluruh peserta berasal dari internal kampus. Alhasil, Extreme PC Day – Campus Roadshow ini dihadiri oleh lebih dari 600 mahasiswa dan karyawan dari PENS. Mereka akan mendapatkan materi pengenalan teknologi Intel terbaru yang dibawakan tim Jagat Review, yang kembali diwakili oleh Dedy Irvan, Yufianto Gunawan, dan Gatot Tri Yuwono, dengan menggunakan produk-produk dari ASUS ROG, Biostar, dan WD.

Acara ini dihadiri oleh +/- 600 peserta!

Di awal sesi perkenalan teknologi ini, tim Jagat Review menampilkan gaming laptop dari ASUS ROG, yang memang didesain untuk menawarkan performa tinggi, dengan basis Core i 7th Gen. Mobile yang menawarkan konfigurasi quad core dengan Hyper Threading, tetapi masih mengusung ukuran yang tipis. Selain gaming laptop tersebut, ditampilkan juga demo laptop lain, dengan basis Core i 8th Gen. “Kaby Lake R”.

Tim Jagat Review menampilkan gaming laptop dari ASUS ROG

Sementara untuk PC desktop, tim Jagat Review menampilkang bintang acara kali ini, yaitu Core i 8th Gen. “Coffee Lake”. Prosesor Core i7-8700K dari keluarga “Coffee Lake” ini mengusung konfigurasi hexa-core (6 core) yang sebelumnya belum pernah dijumpai di prosesor Intel untuk kelas mainstream. Demo kemampuan Core i7-8700K ini dijalankan di motherboard Biostar, yaitu Racing Z370 GT6, dengan SSD WD Blue.

Tim Jagat Review membawakan demo dengan basis hardware dari Biostar dan WD SSD

Demo sebuah PC super kencang dengan basis prosesor Core i X Series juga dibawakan tim Jagat Review. Core i X Series yang ditampilkan adalah Core i9-7980XE, yang merupakan prosesor Core i X Series paling kencang yang ada saat ini. Peserta acara tampak kagum dengan 18-core yang ditawarkan oleh prosesor ini.

Mengenal Intel Optane: PC HDD Rasa SSD

Tidak hanya demo-demo itu yang ditampilkan oleh tim Jagat Review, tetapi juga demo “mengatasi bottleneck di PC”. Kali ini, demo tersebut dibawakan dengan menggunakan teknologi baru dari Intel, yaitu Intel Optane Memory. Produk ini adalah sebuah system accelerator untuk storage dengan basis 3D XPoint, desain chip media penyimpanan baru dari Intel.

Untuk demo Intel Optane Memory ini, tim Jagat Review menggunakan Intel Core i7-7700K, motherboard Biostar Racing Z270 GT8, serta HDD WD. Demo ini sukses menunjukkan bahwa Intel Optane Memory ini bisa membuat sistem menjadi lebih responsif. Terlhat, berbagai proses bisa dijalankan dengan lebih cepat dengan menambahkan Intel Optane Memory ke sistem, seperti booting Windows 10, membuka file gambar ukuran besar, serta loading game. Hal ini membuat PC dengan HDD seperti seakan-akan menggunakan SSD yang kencang.

Seminar eSports dan Workshop Overclocking

Sama seperti di dua kampus sebelumnya, tim Jagat Review juga memperkenalkan dua tren yang meningkat belakangan ini, yaitu eSports dan Overclocking. Untuk eSports, tim Jagat Review dan Intel menjelaskan apa itu eSports dan bagaimana pandangan dunia terkait aktivitas ini yang semakin meningkat, bahkan “pemain game” eSports pun kini sudah disetarakan dengan altet olah raga. Sementara untuk overclocking, Indonesia yang dianggap sebagai sarang overclocker berbakat dunia membuat siapa saja tidak ada salahnya mengenal aktivitas menarik yang satu ini.

Suasana workshop overclocking di Extreme PC Day – Campus Roadshow di PENS

Gelar Turnamen eSports dan Overclocking

Sebagai penutup dari Extreme PC Day – Campus Roadshow di PENS ini, tim Jagat Review dan Intel menggelar dua buah turnamen, yaitu CS:GO untuk eSports dan turnamen overclocking tingkat amatir kampus yang bertujuan mengajak para peserta acara untuk tidak takut lagi mempraktikkan overclocking. Turnamen eSports ini dijalankan di laptop gaming ASUS ROG yang diperkuat teknologi Intel di dalamnya. Sementara untuk turnamen overclocking, peserta akan merasakan mencoba overclocking di sistem berbasis Core i5-7600K, motherboard Biostar Racing Z270 GT8, serta SSD WD Blue 250 GB.

Lomba eSports dengan laptop dari ASUS ROG

Sistem yang digunakan untuk turnamen overclocking

Satu hal yang menarik, untuk turnamen overclocking, hampir semua peserta turnamen masih belum pernah mencoba praktik overclocking sebelumnya. Mereka hanya pernah beberapa kali membaca informasi dan panduan untuk aktivitas ini, serta bertanding mengandalkan apa yang mereka pelajari di sesi workshop overclocking yang digelar sebelum turnamen dimulai. Menariknya, dengan keterabatasan tersebut, peserta turnamen ternyata tidak berkurang, justru makin banyak, karena pada akhirnya terdapat 18 tim yang meramaikan turnamen tersebut!

Tim jawara turnamen OC di PENS akan berangkat ke Yogyakarta untuk mengikuti grand final yang mempertemukan jawara dari setiap kampus yang disinggahi Extreme PC Day!

Masih Akan Hadir di Bandung & Yogyakarta!

Setelah Denpasar, Bekasi, dan Surabaya, acara Extreme PC Day – Campus Roadshow ini akan berlanjut di dua kota lain. Kedua kota itu adalah Bandung dan Yogyakarta. Penasaran dengan teknologi terbaru dari Intel yang ditampilkan dalam acara ini? Jangan lupa untuk hadir di acara ini di kota terdekat dengan Anda!

Tags: