in: News | December 12, 2017 | by: Dian Syarifuddin

Gudang Generasi Ke-4 Lazada Paling Luas Di Cimanggis

Pada Selasa (12/12) ini, merupakan Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas yang digelar hampir semua e-commerce ternama di Indonesia. Salah satu raksasa e-commerce ternama dunia, Lazada Indonesia, tentunya turut meramaikan kegiatan Harbolnas yang digelar sejak hari ini hingga tanggal 14 Desember 2017.

Untuk memenuhi jumlah pemesanan yang meningkat di Harbolnas tahun 2017 ini, Lazada Indonesia mengajak awak media untuk lebih dekat seperti apa kegiatan proses pesanan para pelanggan setia Lazada dan seperti apa proses pengiriman barang yang ada di gudang Lazada yang terbaru yang ada di Cimanggis, Depok.

Bagian dari eco-friendly, pemotongan kardus-kardus bekas sebagai pengganti buble wrap.

Gudang Lazada generasi ke-4 yang ada di Cimanggis, Depok ini beroperasi sejak kuartal pertama tahun ini. Gudang ini pun diklaim memiliki sistem canggih dan beroperasi secara eco-friendly. Salah satu proses eco-friendly yang dilakukan Lazada adalah dengan memanfaatkan beberapa kardus bekas, lalu kemudian di potong-potong kecil menggunakan mesin potong khusus. Sehingga potongan kardus bekas tersebut nanti dapat digunakan sebagai pengganti dari buble wrap untuk melindungi barang pesanan pelanggan saat dikemas.

Bagian pengemasan barang pesanan yang dibungkus dengan buble wrap.

Sebagai salah satu e-commerce nomor satu di Asia Tenggara, tentunya Lazada menerapkan berbagai sistem keamanan yang sangat ketat di gudangnya. Dengan luas sekitar 30.000 meter persegi, gudang Lazada generasi ke-4 ini merupakan yang paling luas saat ini. Florian Holm, selaku Co-CEO Lazada Indonesia mengungkapkan kalau gudang baru Lazada ini bahkan masih bisa di perluas lagi hingga 60.000 meter persegi. “Saat ini, gudang baru Lazada yang terletak di Cimanggis, Depok, memiliki karyawan yang berjumlah sekitar 3500 karyawan yang siap melayani kegiatan Harbolnas Lazada yang sedang berlangsung“, Ujar Florian.

Para karyawan gudang Lazada yang ada di Cimanggis, Depok, wajib harus mengikuti metode 5S yang diterapkan oleh Lazada demi kenyamanan dan keamanan para seller dan juga konsumen. Metode 5S tersebut di antaranya Sortir, Susun, Sapu, Standarisasi dan Swadisiplin).

Florian Holm, Co-CEO Lazada Indonesia

Florian menambahkan kalau gudang Lazada yang ada di Cimanggis ini merupakan bagian dari upaya Lazada dalam mengefisiensikan proses pendistribusian produk-produk Lazada. “Kami akan terus mengembangkan teknologi dan inovasi agar kemampuan gudang yang kami miliki dapat meningkat untuk memenuhi kebutuhan seller dan juga melayani konsumen kami dengan lebih efisien.

Meskipun Lazada Indonesia memiliki layanan pengiriman Lazada Express, saat ini, Lazada Indonesia telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan logistik yang siap menyalurkan pengiriman pesanan konsumen, di antaranya seperti Pos Indonesia, TIKI, Grab dan lain-lainnya.

Untuk memperluas layanan Lazada agar bisa merata ke seluruh penjuru Indonesia, saat ini Lazada sudah memiliki beberapa gudang yang terletak di kota-kota besar seperti, Jakarta, Medan, Surabaya, Balikpapan dan Makassar. Beberapa kota besar lainnya pun kabarnya akan segera menyusul di antaranya Palembang, Semarang dan Denpasar.

Tags: