in: Graphics Card | December 14, 2017 | by: Gatot Tri Yuwono

Hands-On AMD Radeon Software Adrenalin Edition 17.12.1

Driver Radeon Software kembali mendapatkan update masif di bulan Desember 2017 kali ini. Rutinitas update ini memang telah terjadi sejak tiga tahun lalu yang dimulai dengan diperkenalkannya Radeon Catalyst Omega di tahun 2014 yang kemudian dilanjutkan Radeon Software Crimson Edition di tahun 2015, Radeon Software Crimson ReLive Edition di tahun 2016, dan Radeon Software Adrenalin Edition untuk tahun 2017. Seperti halnya Crimson yang merupakan salah satu varian warna merah, nama Adrenalin diambil dari nama bunga Adrenalin Rose dengan warna merah dikuntumnya. Driver Radeon Software Adrenalin Edition sendiri telah menginjak versi 17.12.1.

Driver Radeon Software Adrenalin Edition membawa sejumlah perubahan sekaligus peningkatan terhadap fitur yang telah ada seperti di Wattman, Chill, ReLive, dan Enhanced Sync. Tentu saja terdapat penambahan fitur terbaru Radeon Overlay dan AMD Link yang membuat fungsi Radeon Software makin lengkap. Mari kita bahas satu persatu perubahan dan peningkatan apa saja yang ditawarkan AMD di Radeon Software Adrenalin Edition 17.12.1.

Performance

Radeon Software Adrenalin Edition tampak memberikan peningkatan performa berkisar 10% hingga 19% di sejumlah judul game ternama seperti Ghost Recon Wildlands, Mass Effect Andromeda, Overwatch, Prey, dan Project Cars 2 jika dibandingkan dengan Radeon Software Crimson ReLive Edition. Perlu diperhatikan jika hasil pengujian internal tersebut membandingkan Radeon Software Adrenalin Edition 17.12.1 dengan Radeon Software Crimson ReLive Edition 16.12.1 yang dirilis satu tahun lalu. Graphics card yang digunakan adalah Radeon RX 480.

Akan tetapi jika dibandingkan dengan rilis terakhir Radeon Software Crimson ReLive Edition 17.11.4 Beta, peningkatan performa yang ditawarkan Radeon Software Adrenalin Edition 17.12.1 dipengujian yang kami lakukan dengan 3DMark Fire Strike menunjukkan perbedaan hanya sekitar 0,2-0,3 % saja.

Hal serupa juga kami temukan pada pengujian di game Ghost Recon Wildlands dimana dua versi Radeon Software tersebut memperlihatkan perbedaan performa tidak mencapai 1 fps. Tentu hal tersebut tidak menjadi sebuah kekurangan dari Radeon Software Adrenalin Edition 17.12.1 mengingat sering dijumpai rilis driver graphics card dengan jarak sangat dekat tidak menawarkan peningkatan performa yang signifikan. Tampaknya Radeon Software Adrenalin Edition 17.12.1 menjadi versi yang menyempurnakan Radeon Software Crimson ReLive Edition 17.11.4 Beta dengan fitur lebih baru dan lengkap tanpa mengorbankan sisi performa.

Peningkatan performa lain yang ditawarkan Radeon Software Adrenalin Edition 17.12.1 adalah menurunnya waktu yang dibutuhkan dari mulai melakukan klik mouse hingga game merespon. Pada sejumlah game ternama seperti PUBG, tingkat latency berkurang sekitar 18% dibandingkan menggunakan Radeon Software Crimson ReLive Edition 17.11.1. Sementara di game online lainnya penurunan tingkat latency berkisar 8-17 %.

Radeon Software Adrenalin Edition 17.12.1 kini mendukung penggunaan mode display Borderless Windowed dengan menggunakan dua graphics card atau lebih saat memainkan game. Mode Borderless Windowed memudahkan pengguna melakukan transisi antar aplikasi saat memainkan game.

Fitur FRTC (Frame Rate Target Control) di Radeon Software Adrenalin Edition 17.12.1 kini mendukung API Vulkan. FRTC membuat penggunaan daya listrik graphics card menjadi lebih rendah dengan melimitasi tingkat frame rate di angka tertentu. Sebelumnya fitur FRTC hanya mendukung API DirectX.

Radeon Software Adrenalin Edition 17.12.1 kini menyediakan fitur Compute Profiles. Fitur ini diklaim dapat meningkatkan performa graphics card di skenario komputasi khusus seperti cryptocurrency mining. Pengujian internal AMD pada skenario ethereum mining memperlihatkan peningkatan Hash Rate sekitar 15% dari 22 MH/s menjadi 25 MH/s dengan menggunakan Compute Profiles.

RX VEGA 64
RX 470

Fitur Compute Profiles dapat ditemukan pada menu Global Setting dengan nama GPU Workload. Terdapat dua pilihan setting yaitu Graphics dan Compute. Sayangnya fitur GPU Workload tersebut tidak ditemukan pada graphics card RX VEGA 64 yang kami gunakan. Fitur tersebut justru masih kami dapatkan di graphics card RX 470.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags: