in: Graphics Card | December 14, 2017 | by: Gatot Tri Yuwono

Hands-On AMD Radeon Software Adrenalin Edition 17.12.1

Radeon WattMan

Radeon WattMan adalah sebuah tool di dalam Radeon Setting yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan performa graphics card AMD lebih jauh lagi.

Pada Radeon Software Adrenalin Edition 17.12.1, AMD menambahkan fitur untuk melakukan Save dan Load profile pengaturan Radeon WattMan. Pengguna pun dapat membagi profile pengaturan Radeon WattMan ke pengguna lain di seluruh dunia ataupun menggunakan profile pengaturan Radeon WattMan dari pengguna lain.

RX VEGA 64
RX 470

Penampilan menu Radeon WattMan di Radeon Software Adrenalin Edition 17.12.1 dengan menu Load/Save Profile.

Radeon Chill

Fitur Radeon Chill memungkinkan penghematan konsumsi daya listrik graphics card dengan mengatur tingkat frame rate secara dinamis berdasarkan intensitas gerakan saat memainkan game. Semakin rendah intensitas gerakan saat memainkan game maka semakin rendah penggunaan daya listrik graphics card.

Radeon Chill diklaim mampu mengurangi penggunaan daya listrik graphics card hingga 60% dibandingkan tidak mengunakannya. Tentu saja temperatur kerja graphics card juga ikut menurun seiring semakin rendahnya konsumsi daya listrik.

Pada Radeon Software Adrenalin Edition 17.12.1, dukungan game yang mengakomodir fitur Radeon Chill ditingkatkan jumlahnya. Gambar di atas memperlihatkan deretan judul game populer dengan jumlah masif kini mendukung fitur Radeon Chill. Tentu saja AMD dengan “senang hati” akan menambah panjang daftar game yang mendukung fitur Radeon Chill dirilis mendatang. Radeon Chill didukung game yang menggunakan API Vulkan, DirectX 9, 10, 11, dan 12.

Enhanced Sync

Fitur Enhanced Sync meminimalisir gejala screen tearing seperti dilakukan oleh fitur VSync, tetapi tidak mengunci frame rate di tingkat refresh rate monitor. Alhasil tidak hanya gejala screen tearing saja yang diminimalisir tetapi juga input latency sekaligus stuttering.

Pada Radeon Software Adrenalin Edition 17.12.1, fitur Enhanced Sync tidak lagi dibatasi pada lini RX VEGA/500/400 Series saja tetapi mencakup seluruh graphics card AMD dengan basis arsitektur GPU GCN. Fitur Enhanced Sync juga tidak hanya dapat digunakan pada game dengan API DirectX saja tetapi juga Vulkan. AMD juga menghadirkan fitur ini pada perangkat laptop dan juga saat menggunakan konfigurasi multi-graphics card ataupun multi-monitor Eyefinity.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES