in: Display | December 8, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review Proyektor Casio XJ-A247

Casio merupakan perusahaan dari Jepang yang memiliki lini produk yang sangat luas. Selama ini, kita mungkin lebih banyak mengenal Casio melalui produk jam tangan, kalkulator, dan alat musik. Namun, Casio juga memiliki berbagai lini produk lain, termasuk salah satunya proyektor. Salah satu proyektor Casio bahkan beberapa waktu lalu sempat singgah di lab. pengujian kami!

Casio XJ-A247 & Paket Penjualan

Proyektor Casio yang sempat singgah ke lab. pengujian kami tersebut adalah XJ-A247, yang masuk ke kelas slim projector. Sesuai dengan kelasnya tersebut, proyektor yang satu ini mengusung bodi yang sangat tipis, jauh lebih tipis dari proyektor 2500 Lumens pada umumnya. Salah satu hal yang menjadi kunci dari ukuran tipis tersebut adalah teknologi Hybrid Light Source yang merupakan salah satu unggulan Casio.

Sebelum melangkah lebih jauh membahas proyektor XJ-A247 ini, mari kita bahas terlebih dahulu secara singkat apa itu teknologi Hybrid Light Source. Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Casio di situs resmi mereka, teknologi ini memungkinkan proyektor beroperasi tanpa menggunakan lampu merkuri, sumber cahaya yang umum digunakan di proyektor. Hybrid Light Source memanfaatkan kombinasi laser dan LED untuk menghasilkan cahaya yang digunakan untuk proyektor melakukan proyeksi, yang diklaim menawarkan daya tahan yang sangat baik, hingga 20 ribu jam, serta brightness setara dengan proyektor konvensional.

Beralih kembali ke proyektor XJ-A247, proyektor ini memang layak disebut sebagai slim projector, karena memiliki ketebalan hanya 43 mm saja. Sementara untuk panjang dan lebar, Casio menyebutkan proyektor ini didesain agar memiliki ukuran kurang lebih seperti kertas A4, yaitu sekitar 297 mm x 210 mm. Secara keseluruhan, dimensi dari proyektor ini memudahkan penggunanya membawanya bepergian, terlebih lagi bobot dari proyektor ini juga tidak seberat proyektor konvensional, yaitu hanya 2.3 kg saja.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, proyektor ini menawarkan brightness hingga 2500 Lumens. Satu hal yang menarik, tingkat brightness tertinggi dari proyektor ini disebut bisa dicapai dalam waktu hanya 5 detik dari proyektor dihidupkan, karena tidak menggunakan lampu merkuri yang memang membutuhkan waktu untuk mencapai tingkat brightness tertinggi. Selain itu, teknologi Hybrid Light Source juga memungkinkan unit proyektor dari Casio ini menawarkan kualitas warna proyeksi yang sangat baik, berdasarkan klaim dari perusahaan tersebut, dengan tingkat degradasi warna yang lebih rendah dari lampu merkuri.

Zoom 2x didukung oleh lensa yang digunakan di proyektor ini. Sementara untuk resolusi, XJ-A247 mendukung rasio 16:10 dengan resolusi native 1280 x 800 piksel. Namun, proyektor ini juga mendukung tampilan dengan resolusi lebih tinggi, hingga Full HD, dengan sedikit kompensasi di kualitas tampilan. Proyektor ini menawarkan contrast ratio hingga 1800:1, serta vertical keystone +/- 30°.

Kaki depan proyektor menggunakan mekanisme pengaturan ketinggian dengan pengunci yang kuat.

XJ-A247 ini mengandalkan DLP untuk pemroses tampilan, yang dikenal menawarkan kualitas gambar yang baik. Proyektor ini disebut bisa menampilkan proyeksi hingga seukuran layar dengan diagonal 300″. Casio menyebutkan bahwa proyektor ini bisa menampilkan proyeksi seukuran layar 60″ dari jarak mulai dari 1.4 meter dan 100″ dari jarak mulai dari 2.7 meter, dengan zoom 2x.

Proyektor ini dilengkapi dengan kaki depan serta dua kaki belakang yang bisa digunakan untuk mengatur kemiringan proyektor. Casio melengkapi proyektor ini dengan tutup lensa yang memiliki desain unik, dengan mekanisme magnet untuk memasangnya ke proyektor. Sementara untuk input daya, proyektor ini menggunakan kabel daya langsung, tanpa melalui adapter daya.

Tombol kontrol dan lampu indikator tersedia di sisi atas dari proyektor ini untuk mendukung operasional. Lampu indikator yang tersedia menunjukkan status untuk Power/Stand By, Light, dan Temp. Sementara untuk tombol kontrol, terdapat beberapa tombol yang disediakan Casio, yaitu:

  • Power
  • Input
  • Auto (untuk konfigurasi otomatis tampilan)
  • Zoom
  • Focus
  • 4 Directional Button
  • Enter
  • Menu
  • Esc

 

Untuk display input, Casio menempatkan seluruh konektor display input di sisi belakang perangkat. Adapun display input yang tersedia adalah:

  • AV
  • D-Sub/YCbCr/YPbPr
  • HDMI

 

Terdapat juga dua konektor USB di sisi belakang, dengan label USB-A dan USB-B. USB-A dapat digunakan untuk input ke proyektor, dalam bentuk file yang disimpan di media penyimpanan berbasis USB. Sementara USB-B disebut Casio dapat digunakan untuk transfer file logo ke dalam proyektor. Menariknya, di sisi samping, terdapat juga dua konektor, Serial dan Logo. Konektor “Logo” di sini tampaknya menawarkan kegunaan sama dengan USB-B, untuk transfer file logo. Sementara konektor “Serial” memungkinkan pengguna menghubungkan proyektor ke control unit untuk kontrol proyektor dalam jumlah banyak dari satu pusat kontrol.

Satu hal yang menarik yang ada di proyektor ini adalah tersedianya storage internal 2 GB. Storage internal ini bisa digunakan untuk menyimpan file. Proyektor bisa mengakses file di dalam storage internal tersebut dan menampilkan proyeksi sesuai dengan konten file yang didukung, seperti PDF, JPEG, BMP, PNG, GIF, AVI, MOV, dan MP4.

Speaker internal juga disediakan oleh Casio di dalam XJ-A247, dalam konfigurasi mono. Bila pengguna kurang puas dengan speaker internal ini, pengguna masih bisa memasang speaker tambahan. Pemasangan speaker tersebut menggunakan konektor AV di bagian display input, yang memang didesain untuk mengakomodasi input video maupun output audio.

Sayang sekali, kami tidak menerima unit pengujian XJ-A247 ini dengan paket penjualan lengkapnya. Namun, berdasarkan informasi dari PT Datascrip, distributor proyektor Casio ini, paket penjualan dari proyektor ini, selain proyektor ini sendiri, juga mencakupi:

  • Kabel Power
  • Carrying Case
  • Remote
  • Dokumen & Kartu Garansi

 

Remote di paket penjualan XJ-A247

Berdasarkan keterangan di situs resmi Casio untuk XJ-A247, proyektor ini juga mendukung input wireless dan kontrol dari smartphone di jaringan lokal. Namun, untuk mendukung hal tersebut, modul tambahan untuk wireless network dibutuhkan. Modul tersebut harus dibeli terpisah, demikian juga dengan mounting kit untuk memasang proyektor di langit-langit ruangan.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES