in: Networking | December 26, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review Ubiquiti AmpliFi Mesh WiFi System

Paket Penjualan

PT Eternal Asia mengirimkan paket lengkap AmpliFi Mesh WiFi System untuk kami coba, yang dikemas rapi dalam boks paket penjualannya. AmpliFi Mesh WiFi System ini sendiri terdiri dari satu HD Mesh Router dan dua buah Mesh Point HD. Berikut ini adalah isi dari paket penjualan perangkat tersebut:

  • HD Mesh Router
  • Mesh Point HD (x2)
  • Adaptor dengan konektor USB Type C
  • Kabel Gigabit Ethernet
  • Quick Start Guide

Paket penjualan dari AmpliFi Mesh WiFi System ini terbilang sederhana, dengan hanya perlengkapan esensial untuk penggunaan dasar perangkat saja yang disertakan oleh Ubiquiti. Memang, perlu diakui, hanya itu saja perlengkapan yang dibutuhkan untuk mendapatkan fungsi penuh dari perangkat ini, karena HD Mesh Router dan Mesh Point HD tidak memperlukan perlengkapan lain, misalnya untuk memasangnya ke dinding, dan lain-lain. Tersedia juga Quick Start Guide untuk membantu pengguna dalam konfigurasi awal dari perangkat ini.

Penggunaan

Ubiquiti mendesain AmpliFi Mesh WiFi System sebagai perangkat jaringan yang dapat dikonfigurasi dengan mudah. Hal ini tentu saja sejalan dengan konsep mesh yang diusungnya sendiri, yang memudahkan para pengguna untuk membangun jaringan WiFi. Konfigurasi awal dari perangkat ini dapat dilakukan hanya dengan menggunakan aplikasi yang tersedia untuk smartphone Android dan iOS, yang bisa didapatkan melalui Play Store dan App Store.

Setelah menghidupkan HD Mesh Router dan menghubungkan kabel dari sumber Internet (modem/router) ke port Ethernet untuk Internet di perangkat tersebut, pengguna tinggal menjalankan aplikasi dan mengikuti instruksi yang ada. Pengguna pun bisa melakukan pengubahan SSID dan Password untuk WiFi dari router ini. Sampai tahap ini, bila pengguna tidak butuh membangun mesh network, HD Mesh Router ini sudah bisa digunakan sebagaimana sebuah router biasa.

Bila pengguna ingin memperluas WiFi dari HD Mesh Router, dua buah Mesh Point HD yang ada di paket penjualan AmpliFi Mesh WiFi System bisa langsung digunakan. Pemasangan Mesh Point HD ini bisa dikatakan sangat mudah, hampir tanpa konfigurasi apapun. Pengguna cukup memasang Mesh Point HD ke stop kontak manapun di area yang masih dijangkau oleh WiFi dari base station. Mesh Point HD akan mendeteksi WiFi dari HD Mesh Router dan langsung menghubungkan diri, membangun mesh network, dan memperluas jangkauan WiFi dari HD Mesh Router.

 

Satu hal yang menarik, Mesh Point HD ini tidak harus terhubung langsung ke base station, tetapi bisa juga memperluas WiFi melalui Mesh Point HD lain. Jadi, selama dipasang di area yang dijangkau oleh WiFi dari suatu mesh network yang akan diperluas, Mesh Point HD ini akan bisa menjalankan tugasnya, terlepas dari apakah dia terhubung langsung ke base station atau melalui Mesh Point HD lain. Namun, untuk performa terbaik, Ubiquiti menyarankan untuk menghubungkan langsung Mesh Point HD ke HD Mesh Router.

Aplikasi yang tersedia juga bisa digunakan untuk memantau koneksi mesh network antar perangkat-perangkat dalam AmpliFi Mesh WiFi System ini. Bila dibutuhkan, pengguna juga bisa mengatur apakah koneksi antar perangkat menggunakan 2.4 GHz atau 5 GHz, untuk setiap koneksi. Untuk performa terbaik, tentu saja sangat disarankan untuk menggunakan 5 GHz. Namun, bila dibutuhkan, misalnya untuk jangkauan yang lebih jauh, terkadang 2.4 GHz akan dibutuhkan.

Selain untuk konfigurasi awal, pemantauan kondisi mesh network, dan pengaturan koneksi, aplikasi AmpliFi yang tersedia juga menawarkan beberapa fitur lain. Salah satu fitur yang ada adalah pemantauan aktivitas jaringan lokal, seperti jumlah klien yang terhubung dan kecepatan upload/download real time. Terdapat juga fitur diagnosa masalah dan tes performa (speed test) yang bisa diakses dari aplikasi ini, serta konfigurasi untuk brightness dari layar dan lampu LED yang ada di HD Mesh Router. Tidak ketinggalan, fitur untuk membangun guest network pun tersedia.

Beralih ke port Gigabit Ethernet yang tersedia di HD Mesh Router, pengguna bisa memanfaatkan keempat port tersebut sebagaimana port Gigabit Ethernet pada router kebanyakan. Pengguna bisa menghubungkan PC ke port tersebut menggunakan kabel Gigabit Ethernet, atau memasang perangkat seperti NAS. Sementara untuk port USB di HD Mesh Router, sayangnya belum ada keterangan lebih lanjut terkait kegunaan dari port tersebut, yang mungkin saja di kemudian hari baru akan ditambahkan oleh Ubiquiti, misalnya untuk Print Server.

Kesimpulan

[+]

  • Konfigurasi awal mudah
  • Perluasan jaringan WiFi yang mudah dengan mesh network
  • Desain HD Mesh Router yang menarik
  • Fitur dasar yang cukup lengkap di aplikasi
  • Layar di HD Mesh Router yang informatif
  • Indikator LED untuk kekuatan sinyal WiFi di Mesh Point HD

 

[-]

  • Desain Mesh Point HD mungkin menyulitkan pemasangan di ruang yang sempit
  • Port USB di HD Mesh Router belum bisa digunakan

 

Patut diakui, mesh network seperti yang ditawarkan oleh AmpliFi Mesh WiFi System ini akan sangat membantu dalam membangun jaringan WiFi yang fleksibel, bahkan di lingkungan tanpa orang dengan pengatahuan terkait jaringan sekalipun. Ubiquiti pun menawarkan konfigurasi awal yang sangat mudah di perangkat ini, dengan dukungan aplikasi yang tersedia di Play Store dan App Store. Hal ini membuatnya menjadi perangkat jaringan yang menarik untuk siapa saja yang ingin membangun jaringan WiFi, terutama di tempat tinggal atau kantor ukuran kecil hingga menengah.

Desain dari base station AmpliFi Mesh WiFi System, yang disebut sebagai HD Mesh Router, terbilang menarik, dengan dimensi yang masih bisa dikatakan ringkas dan mudah ditempatkan di meja atau lemari. Selain itu, layarnya yang bisa menampilkan berbagai hal tentu bisa memberikan informasi ke pengguna. Sayangnya, fungsi dari HD Mesh Router ini masih agak terbatas karena tidak tersedianya dukungan fitur apapun di port USB yang tersedia.

Sementara untuk Mesh Point HD, perangkat ini memiliki desain yang juga cukup menarik, tetapi sayangnya kurang memungkinkan penempatan di ruang yang agak sempit. Pengguna harus memastikan ada ruang yang cukup besar di sekitar stop kontak, yang cukup untuk mengakomodasi perangkat ini. Memang, perangkat ini memiliki mekanisme untuk mengatur arah “antena” perangkat, tetapi menurut kami masih terbatas sehingga mungkin akan sedikit menyulitkan untuk penempatan.

Secara keseluruhan, AmpliFi Mesh WiFi System ini bisa disebut sebagai sebuah paket menarik. Harganya memang masih cukup tinggi, sekitar USD 349. Namun, dengan keunggulan yang ditawarkan, perangkat ini tetaplah layak dipertimbangkan sebagai basis jaringan modern di rumah atau kantor.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES