in: Desktop - Highlights | December 17, 2017 | by: Gatot Tri Yuwono

Hands-On ZOTAC MEK1 Gaming PC: Ramping dan Bertenaga

Zotac Cup Premier tidak hanya menampilkan kompetisi antar tim gaming dari kawasan Asia Tenggara tetapi juga sejumlah produk terbaru dari perusahaan dengan markas utama di Hongkong ini. Dan untuk pertama kalinya dihadapan publik, Zotac memamerkan Zotac MEK1 Gaming PC, produk perdana dari divisi Zotac Gaming. Divisi Zotac Gaming sendiri diresmikan debutnya pada tahun 2017 ini dengan misi menciptakan sistem gaming dengan kemampuan terbaik di segala aspek.

Desain casing Zotac MEK1 Gaming PC menampilkan tema future robotics yang dipadukan mechanical anatomy. Tidak aneh jika penampilan PC desktop ini tampak futuristik sekaligus elegan. Dua garis cahaya pada bodi Zotac MEK1 Gaming PC langsung mengingatkan kami pada film TRON. Warna lampu dua garis cahaya tersebut dapat diatur dengan menggunakan aplikasi Zotac Gaming Spectra. Casing Zotac MEK1 Gaming PC sendiri memiliki ukuran panjang 41,402 cm dengan lebar 11,811 cm dan tinggi 39,37 cm yang membuat PC desktop ini tidak memakan banyak tempat di atas meja.

Terdapat dua varian Zotac MEK1 Gaming PC dengan warna hitam dan putih dengan spesifikasi komponen berbeda satu sama lain. Varian warna hitam menggunakan prosesor Core i7 7700 yang dipadukan dengan graphics card GeForce GTX 1070 Ti 8 GB. Sementara Zotac MEK1 Gaming PC dengan casing warna putih menggunakan prosesor Core i5 7400 yang dipadukan dengan graphics card GeForce GTX 1060 6 GB. Memang cukup disayangkan dengan waktu peluncuran di bulan Desember 2017, Zotac MEK1 Gaming PC tidak langsung menggunakan lini prosesor Core i 8th Gen “Coffee Lake”. Untunglah masih ada kemungkinan di kemudian hari jika varian terbaru Zotac MEK1 Gaming PC hadir dengan prosesor prosesor Core i 8th Gen “Coffee Lake”.

Sementara untuk spesifikasi lainnya, kedua varian Zotac MEK1 Gaming PC mengunakan storage SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 x4 dengan kapasitas 240 GB yang dipadukan dengan HDD 1 TB. Kapasitas memori/RAM DDR4 bawaan pun sama-sama 16 GB dengan konfigurasi dual channel (2X 8 GB) pada kecepatan 2400 MHz. Zotac MEK1 Gaming PC menggunakan power supply dengan rating kemampuan 450 Watt 80 Plus.

Sisi samping casing Zotac MEK1 Gaming PC dibentuk menyerupai insang ikan hiu yang tidak hanya keren dilihat tetapi juga memiliki fungsi vital sebagai ventilasi sirkulasi udara.

Pada sisi depan Zotac MEK1 Gaming PC dapat dijumpai dua port USB 3.1 Gen 1, headphone jackmicrophone jack, dan sebuah tombol power on/off dengan motif lingkaran cahaya. Konektor dan tombol tersebut dapat ditutup dengan menggeser sebuah penutup dari sisi bawah.

Pada sisi belakang tampak deretan konektor seperti 1x PS/2, 2x USB 2.0, 4x USB 3.1 Gen 1, 2x RJ-45 (Gigabit Ethernet), 5x 3,5 mm audio jack yang mendukung konfigurasi 7.1-channel, dan 1x S/PDIF untuk konektivitas digital audio. Dapat dijumpai pula dua antena Wi-Fi yang mendukung konektifitas nirkabel Wi-Fi ac dan Bluetooth V4.2. Sementara untuk konektor display terdapat 3x Display Port 1.4, 1x HDMI 2.0b, dan DVI-D.

Paket penjualan yang didapatkan saat membeli Zotac MEK1 Gaming PC. Sangat menarik mengingat Zotac langsung memberikan gaming-grade mechanical keyboard dan optical mouse sekaligus sebuah mousepad. Untuk saat ini belum diketahui apakah Zotac MEK1 Gaming PC akan masuk ke pasar Indonesia.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES