in: News | December 6, 2017 | by: Dedy Irvan

Laptop 2-in-1 HP dengan Snapdragon 835 dan Windows 10: ENVY X2

HP akhir-akhir ini selalu hadir dengan laptop-nya yang berpenampilan elegan. Spectre dan Envy adalah contohnya. Kali ini, HP hadir dengan laptop yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 835 dan OS Windows 10.

Ini Dia, ENVY X2 (2017)

Memiliki form factor detachable 2-in-1, atau laptop yang bisa dipisahkan komponen keyboard dari sisi layarnya, ENVY X2 tampil sangat elegan. Sekilas, kami bahkan bisa menyebutnya sebagai tablet dengan aksesoris keyboard. Akan tetapi, ENVY X2 untuk kali ini akan lebih tenar dengan nama Always Connected PC tentunya.

ENVY X2 memiliki spesifikasi sebagaimana layaknya laptop 2-in-1 premium:

  • Layar: 12.3”, WUXGA, Corning Gorilla Glass 4
  • RAM: 8GB LPDDR4X
  • Storage: 256GB
  • Keyboard: 1.3mm key, backlit
  • Dimensi: 6.9mm/700 gram (tablet saja)
  • Pen: Windows Ink Certified pen
  • Port Konektivitas: 1x USB Type-C
  • Ekspansi: Slot SD Card
  • Konektivitas: WiFi, Bluetooth, 4G LTE

 

Saat mencoba pertama kali, kami merasa bahwa laptop ini sangat nyaman digunakan untuk bepergian dan bekerja di berbagai lokasi. Tanpa butuh membawa charger, laptop ini menjadi sangat nyaman dibawa. Selalu terkoneksi ke Internet, meski dalam keadaan tertutup pun, membuatnya menjadi “lebih mobile”.

Kami merasakan bahwa keyboard yang terpasang tergolong nyaman dipakai. Tidak terasa seperti menggunakan keyboard murah yang “asal tipis” saja. Sementara itu, dalam kondisi tanpa keyboard, ENVY X2 berubah menjadi sebuah tablet yang nyaman digunakan karena cukup ringan untuk ukuran layarnya.

Sebuah pen/stylus tersedia secara default pada ENVY X2. Stylus ini cukup nyaman untuk digunakan dan terasa sangat berguna dalam mode tablet. Sementara itu, layar sentuh yang berlapis Gorilla Glass 4 pun dirasakan responsif terhadap sentuhan.

Dari sisi performa, sejauh yang kami coba, laptop yang satu ini terasa responsif. Akan tetapi, kami memang belum mencoba aplikasi x86 pada ENVY X2. Windows 10 S yang dipakai hanya mengijinkan penggunaan aplikasi dari Windows Store saja. Tentunya, pengguna memiliki opsi untuk melakukan upgrade ke Windows 10 Pro untuk dapat menjalankan aplikasi dari luar Windows Store.

ENVY X2: Cantik, Menarik, Tapi…

Ya, ENVY X2 dengan mengusung Always Connected PC dan form factor 2-in-1 memang hadir sangat menawan untuk para mobile warrior. Akan tetapi, mengingat laptop ini masuk ke dalam jajaran HP ENVY, harganya tentunya akan mirip dengan keluarga HP ENVY lainnya. Kami memperkirakan harga di belasan juta Rupian (atau mungkin lebih?). Dengan harga yang seharusnya cukup tinggi dan mengingat Always Connected PC adalah konsep yang baru, akankah produk ini diimpor ke Indonesia? Kami agak ragu. Akan tetapi, mari kita lihat saja perkembangannya ke depan, ya.

Tags: