in: News | December 6, 2017 | by: Dedy Irvan

Lei Jun: Mi7, Always Connected PC, 5G, dan Datang ke Indonesia

Dalam acara Qualcomm Snapdragon Technology Summit 2017, kami berkesempatan untuk berbincang dengan Lei Jun, CEO Xiaomi. Berikut adalah hasil pembahasan kami dengan Lei Jun di Maui, Hawaii, Amerika Serikat.

Mi7: Akan menggunakan Snapdragon 845

Jajaran Mi (dengan 1 angka) adalah smartphone yang biasanya diluncurkan di kisaran kuartal ke-2 tiap tahunnya. Jadi, Mi6 seharusnya akan digantikan Mi7 di waktu yang sama, pada tahun 2018. Berdasarkan pemaparan Lei Jun, Mi7 akan menggunakan Snapdragon 845. Diungkap pula bahwa Mi7 akan memiliki fitur AI (Artificial Intelligence). Namun sayangnya, Lei Jun tidak mengungkap teknologi AI apa yang akan dipakai. Asumsi kami, teknologi AI yang digunakan akan mengadopsi teknologi Snapdragon 845. Seperti diketahui, Snapdragon 845 akan memperoleh peningkatan performa (dan mungkin fitur) di sisi AI. Akan tetapi, saat tulisan ini dibuat, kami belum memperoleh detail mengenai akselerasi AI pada Snapdragon 845.

Xiaomi akan produksi Laptop ‘Always Connected PC’

ASUS dan HP sudah mengumumkan produk laptop-nya yang berkategori laptop Always Connected. Laptop dalam kategori ini menggunakan SoC/prosesor Snapdragon dan Windows 10 yang dirancang khusus untuk prosesor berbasis ARM. Keunggulan utamanya adalah daya tahan baterainya yang mencapai 20 jam lebih dan fitur konektivitas 4G/LTE-nya yang selalu aktif. Lei Jun pun mengungkap bahwa Xiaomi akan segera ‘menyusul’ dengan meluncurkan laptop Always Connected PC. Belum diungkap detail lainnya mengenai laptop ini. Akan tetapi, bisa diperkirakan bahwa laptop ini akan hadir dengan bobot yang ringan agar mudah dibawa kemana-mana. Selain itu, seharusnya Xiaomi pun akan mengincar daya tahan baterai 20 jam atau lebih.

Smartphone Xiaomi dengan 5G

Berdasarkan pemaparan Qualcomm, teknologi 5G akan mulai diimplementasi pada tahun 2019. Lebih cepat 1 tahun dari target awal (2020). Lei Jun menuturkan bahwa Xiaomi akan menjadi salah satu produsen smartphone yang pertama kali meluncurkan smartphone 5G. Mengingat Xiaomi selalu menggunakan SoC Snapdragon untuk smartphone kelas atasnya, dan Qualcomm seharusnya menjadi produsen SoC dan modem 5G pertama, jadi hampir bisa dipastikan bahwa smartphone 5G pertama dari Xiaomi akan menggunakan Snapdragon.

Lei Jun akan datang ke Indonesia pertengahan bulan Desember

Dalam pembahasan dengan Lei Jun diungkap bahwa beliau akan segera datang lagi ke Indonesia di pertengahan Desember 2017. Ketika kami menanyakan mengapa Lei Jun sering berkunjung ke Indonesia, jawabannya cukup unik. Diungkap bahwa Indonesia adalah pasar yang amat sangat penting untuk Xiaomi, jadi membutuhkan perhatian khusus. Umumnya kedatangan Lei Jun ke sebuah negara adalah untuk studi pasar, untuk melihat kebutuhan masyarakat lokal dan kondisi lokal. Jadi, Lei Jun lebih suka turun langsung untuk mengetahui keadaan di Indonesia.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES