in: Graphics Card | December 28, 2017 | by: Agus Prasetyo

Review Graphics Card ASUS ROG STRIX Radeon RX Vega 64 8GB OC Edition

Konsumsi Daya

Hasil pengujian konsumsi daya saat sistem menjalankan 3DMark Fire Strike – Game Test 1 menunjukkan bahwa ROG STRIX Radeon RX Vega 64 8GB OC ini membutuhkan daya yang besar saat beroperasi. Bila dibandingkan dengan dua graphics card lain yang kami gunakan sebagai pembanding dalam penguijian ini, ROG STRIX Radeon RX Vega 64 8GB OC ini terlihat membutuhkan daya yang jauh lebih besar, kurang lebih 80 Watt di atas GeForce GTX 1080 Founders Edition. Hal ini tampaknya memang dipengaruhi kebutuhan daya dari GPU Radeon RX Vega 64 yang memang cukup tinggi, yang terlihat juga di pengujian kami sebelumnya untuk Radeon RX Vega 64 dari AMD.

Pengukuran dilakukan dengan menggunakan alat Watts Up Pro. Konsumsi daya yang kami ukur di sini merupakan konsumsi daya dari seluruh sistem, minus monitor.

Kesimpulan

 

Radeon RX Vega 64 diperkenalkan AMD di pertengahan tahun 2017 ini. Namun, baru menjelang akhir tahun 2017 ini, jajaran graphics card non-reference untuk Radeon RX Vega 64 bermunculan, salah satunya tentu saja ASUS ROG STRIX Radeon RX Vega 64 8GB OC ini. Secara umum, ROG STRIX Radeon RX Vega 64 8GB OC ini bisa menawarkan performa yang terbilang tinggi untuk benchmark dan game yang kami ujikan, bersaing ketat dengan produk dari NVIDIA, GeForce GTX 1070 Ti dan GeForce GTX 1080. Sayang sekali, kami tidak memiliki data pembanding di testbed ini untuk menunjukkan perbedaan performa antara ROG STRIX Radeon RX Vega 64 8GB OC ini dengan reference card dari AMD, bila ada.

ASUS ROG STRIX Radeon RX Vega 64 8GB OC ini tentu saja bisa jadi pilihan yang menarik bagi pecinta graphics card berbasis GPU AMD Radeon, yang mencari performa yang tinggi. Sayangnya, graphics card ini, dan secara umum Radeon RX Vega 64, membutuhkan daya yang besar saat beroperasi. Hal ini mungkin akan jadi faktor pertimbangan tersendiri, tetapi tidak mengurangi penilaian kami bahwa graphics card ini tetap saja merupakan graphics card yang kencang.

Bila dibandingkan dengan desain reference dari AMD, tentu saja ASUS ROG STRIX Radeon RX Vega 64 8GB OC ini terlihat lebih gagah dan garang, dengan sistem pendingin berukuran besar khas keluarga ROG STRIX. Satu hal yang perlu diperhatikan, sistem pendingin ini memiliki ukuran yang besar dan tebal, sehingga memaksa pengguna untuk mengorbankan lebih dari dua slot ekspansi yang terletak tepat di bawah slot untuk graphics card ini. Selain itu, cukup disayangkan, performanya secara standar masih belum di-tuning dengan baik untuk mengakomodasi suhu operasi tinggi dari Radeon RX Vega 64, di mana seharusnya apa yang ditawarkan oleh ASUS di graphics card ini seharusnya bisa menekan suhu operasi lebih rendah lagi.

 

Sayang sekali, kami belum mendapatkan informasi harga resmi dari ASUS ROG STRIX Radeon RX Vega 64 8GB OC ini di Indonesia. Bisa jadi, harga graphics card yang satu ini akan ada di atas harga rata-rata kebanyakan graphics card Radeon RX Vega 64 yang ada, mengingat produk yang satu ini merupakan produk kelas atas dari brand ternama. Namun, karena belum ada informasi harga tersebut, kami tidak bisa memberikan pendapat terkait harga banding performa dari graphics card ini. Satu hal yang pasti, produk ini tetaplah sebuah graphics card yang menarik.

(+)

  • Built quality baik
  • Performa terbilang tinggi
  • Desain yang menarik
  • Masih menyediakan 2x HDMI 2.0
  • Konektor fan PWM untuk membantu sistem menjaga suhu berdasarkan suhu operasi graphics card

(+/-)

  • Performa sistem pendingin masih kurang optimal, dengan suhu operasi yang masih terbilang tinggi, serta putaran kipas yang mungkin terlalu rendah

(-)

  • Konsumsi daya tinggi
  • Paket penjualan belum menggambarkan produk kelas atas

 

Keterangan Tambahan:

Produsen: ASUS
Info: www.asus.com
Harga: ~

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES