in: Graphics Card - Highlights | December 5, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Review Graphics Card Gigabyte GeForce GTX 1070 Ti Gaming 8G

Konsumsi Daya

Pengukuran dilakukan dengan menggunakan alat Watts Up Pro. Konsumsi daya yang kami ukur di sini merupakan konsumsi daya dari seluruh sistem, minus monitor.

Graphics card Gigabyte GeForce GTX 1070 Ti Gaming 8G ini membutuhkan daya yang relatif lebih tinggi dari GeForce GTX 1070 Ti Founders Edition. Hal ini bisa dikatakan wajar, mengingat kami mengujinya di OC Mode, yang menawarkan clock di atas standar dari NVIDIA yang digunakan di GeForce GTX 1070 Ti Founders Edition. Di pengujian konsumsi daya di Ashes of The Singularity, kami bahkan mencatat konsumsi daya yang jauh di atas GeForce GTX 1070 Ti Founders Edition, bahkan masih cukup jauh di atas GeForce GTX 1080 Founders Edition. Kami sudah coba mengulang pengujian beberapa kali untuk memastikan data ini, dan hasil dari pengujian yang kami lakukan tetap menunjukkan konsumsi daya di kisaran yang sama, sekitar 342 Watt.

Gigabyte GeForce GTX 1070 Ti Gaming 8G

Graphics card baru dari Gigabyte ini merupakan salah satu pilihan awal yang bisa didapatkan bila Anda ingin menggunakan GeForce GTX 1070 Ti, GPU baru dari NVIDIA, di PC Anda. Performa yang ditawarkan oleh GeForce GTX 1070 Ti sendiri bisa dikatakan tinggi, bahkan mendekati saudara tuanya, GeForce GTX 1080. Hal itu juga kami temukan di Gigabyte GeForce GTX 1070 Ti Gaming 8G ini, di mana graphics card ini pun bisa menawarkan performa yang tinggi out of the box, dengan selisih tipis di bawah GeForce GTX 1080. Bahkan, hadirnya OC Mode, yang menawarkan clock speed lebih tinggi, yang bisa diaktifkan dengan bantuan aplikasi bawaan (Gigabyte Graphics Engine), selisih itu di beberapa aplikasi bisa dipangkas makin tipis lagi.

Desain dari graphics card ini secara umum masih serupa dengan graphics card berbasis GeForce GTX 10 Series kelas atas lain yang dilengkapi dengan pendingin WINDFORCE 3X. Secara keseluruhan, desain ini terbilang cukup menarik, dengan built quality yang baik, hanya saja cukup minim “hiasan”. Hadirnya backplate, selain membantu graphics card ini untuk tidak melengkung karena bobotnya sendiri, juga membuat sisi belakang graphics card terlihat lebih rapi. Backplate ini juga minim “hiasan” dan terkesan polos.

Sistem pendingin WINDFORCE 3X yang digunakan di graphics card ini terbukti bisa menjinakkan GeForce GTX 1070 Ti dengan baik. Dengan putaran fan yang cenderung tidak terlalu tinggi, sistem pendingin ini bisa menahan suhu operasi graphics card di kisaran 71 °C, yang terbilang tidak terlalu tinggi. Walaupun begitu, karena fitur Fan Stop yang diusungnya, sistem pendingin ini tidak bisa menawarkan suhu idle yang rendah, yang terbilang wajar karena sistem pendingin ini beroperasi secara pasif.

Bicara mengenai performa di OC Mode, peningkatan performa yang didapatkan terlihat hanya berbeda tipis dibandingkan dengan Gaming Mode, yang secara umum menawarkan performa yang sangat mirip dengan yang ditawarkan GeForce GTX 1070 Ti Founders Edition. Tercatat, peningkatan tertinggi yang kami dapatkan hanya ada di kisaran 2% saja. Namun, melihat boost clock dan max. boost clock di OC Mode yang tidak terlalu jauh di atas boost clock standar, peningkatan sekitar 2% ini mungkin saja masih cukup wajar. Sebagai catatan, GeForce GTX 1070 Ti sendiri seharusnya masih punya potensi untuk dijalankan di kecepatan yang lebih tinggi lagi, yang sudah dibuktikan oleh rekan kami di Jagat OC.

Sayangnya, untuk konsumsi daya, graphics card ini ternyata membutuhkan daya yang cukup tinggi saat beroperasi. Bahkan, di pengujian yang kami lakukan, konsumsi dayanya berada di atas GeForce GTX 1080 Founders Edition. Kami juga sempat melakukan pengujian konsumsi daya graphics card ini di Gaming Mode. Sayangnya, konsumsi daya di mode ini ternyata memang sudah cukup tinggi, mendekati konsumsi daya GeForce GTX 1080 Founders Edition di tes Ashes of the Singularity.

Gigabyte menawarkan graphics card ini dengan MSRP sekitar Rp 9.130.000, di mana harga tersebut memang berada di antara GeForce GTX 1070 dan GeForce GTX 1080 yang ditawarkan oleh perusahaan asal Taiwan tersebut. Harga tersebut mungkin akan terasa sangat tinggi, mengingat beberapa produk GeForce GTX 1080 ada yang ditawarkan di kisaran harga serupa. Namun, harga itu masih terbilang wajar melihat produk ini berasal dari Gigabyte yang dikenal menawarkan kualitas yang baik dan layanan purna jual yang termasuk salah satu yang terbaik di Indonesia. Tentu saja, pilihan dan penilaian terakhir kembali ke Anda sendiri. 🙂

(+)

  • Built quality baik
  • Performa tinggi GeForce GTX 1070 Ti di resolusi Full HD.
  • Sistem pendingin yang terbilang baik, dengan suhu kerja di kisaran 70 °C saja
  • OC Mode yang dapat diakses dengan mudah, melalui software Gigabyte Graphics Engine

(+/-)

  • Suhu idle terbilang cukup tinggi, di kisaran 50 °C, tetapi hal ini wajar mengingat pendingin beroperasi secara pasif (Fan Stop)

(-)

  • Konsumsi daya termasuk tinggi
  • Paket penjualan minim
  • Harga tinggi

Keterangan Tambahan:

  • Produsen: Gigabyte
  • Info: https://www.gigabyte.com/Graphics-Card/GV-N107TGAMING-8GD
  • MSRP: Rp 9.130.000
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES