in: News | December 7, 2017 | by: Dedy Irvan

Snapdragon 845: Cache Besar, Persiapan untuk Laptop Berikutnya?

Qualcomm Snapdragon Technology Summit 2017, Hawaii. Dalam pembahasan mendalam mengenai Snapdragon 845, Qualcomm mengungkap bahwa salah satu peningkatan signifikan yang disematkan pada SoC baru ini adalah penambahan cache memory.

L3 Cache untuk 8 Core CPU

Selain adanya cache level 2 (L2 Cache), kini Snapdragon 845 pun memperoleh cache memory level 3 (L3 Cache) sebesar 2MB. Cache memory ini melayani 8 custom core Kryo 385 yang merupakan modifikasi dari ARM Cortex A75. Tersedianya L3 Cache memory ini seharusnya membuat banyak operasi akan menjadi lebih lancar dan performa menjadi lebih tinggi.

System Cache: Untuk Keseluruhan SoC

Qualcomm tidak hanya menambahkan cache untuk core prosesornya. Keseluruhan SoC pun memperoleh cache sebesar 3MB. Hal ini diungkap akan meningkatkan performa SoC secara keseluruhan. Mengingat bahwa Snapdragon 845 memiliki performa core, ISP, SPU, dan terutama DSP yang sangat tinggi, cache ini seharusnya akan sangat membantu mengoptimalkan performa kesehariannya.

Cache Besar dan Banyak: Untuk laptop?

Di awal presentasi terlihat ada sebuah slide mengenai Always Connected PC yang menggunakan Snapdragon 845. Kami mencurigai bahwa penambahan cache memory yang cukup banyak ini sebagian tujuannya adalah agar Snapdragon 845 lebih mumpuni saat digunakan sebagai prosesor laptop dengan Windows 10. Seperti diketahui, saat digunakan untuk laptop, SoC yang sebelumnya dirancang untuk smartphone akan mengerjakan lebih banyak tugas dan harus mampu melakukan multi-tasking secara intensif. Tersedianya cache memory berukuran besar akan sangat membantu. Meski sejujurnya, untuk penggunaan di ranah laptop dengan Windows 10, kami mengharapkan cache memory yang sedikit lebih besar lagi agar solusi akhirnya menjadi lebih future proof.

Snapdragon 845 tampaknya berubah ke arah kemampuan komputasi yang lebih masif dibandingkan SoC sebelumnya. “Hybrid” di antara penggunaan untuk smartphone dan laptop Always Connected PC membuat SD845 hadir dengan struktur cache berbeda. Ini adalah saat yang seru. Karena, produsen SoC lain tentunya akan menconteknya, seperti yang biasanya terjadi.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES