in: Highlights - News | December 5, 2017 | by: Dedy Irvan

Snapdragon Summit 2017: SoC Baru, Kolaborasi Windows, AI, VR

Siapa yang tidak kenal Snapdragon? SoC yang diproduksi oleh Qualcomm ini terkenal sebagai jaminan performa dan konektivitas terbaik untuk sebuah smartphone. Hadirnya Snapdragon 625 membuatnya terkenal sebagai SoC terbaik untuk smartphone dengan performa baik dan daya tahan baterai super-tinggi. Sementara itu, Snapdragon 835 dianggap sebagai SoC terkencang dengan sangat lengkap.

Qualcomm Snapdragon Technology Summit 2017

Kali ini, kami diundang Qualcomm untuk menghadiri Qualcomm Snapdragon Technology Summit 2017, 5-7 Desember 2017 di Maui, Hawaii, Amerika Serikat. Acara ini adalah acara tahunan kedua yang diselenggarakan Qualcomm dalam rangka menampilkan teknologi Snapdragon terkini dan masa mendatang.

Apa yang Ditampilkan Qualcomm?

Saat tulisan ini dibuat, kami baru saja mendarat di Hawaii. Akan tetapi, kami dapat berspekulasi sedikit mengenai apa saja yang mungkin akan dihadirkan Qualcomm di Hawaii:

1. Snapdragon Terbaru

Ya, gosip sudah beredar bahwa Qualcomm akan segera memperkenalkan Snapdragon 845. SoC baru ini disinyalir akan dipakai oleh Samsung untuk Galaxy S9 mendatang (setidaknya untuk wilayah Amerika Serikat). Spekulasi lain mengenai Snapdragon 845 (kalau namanya memang 845), adalah akan data tahan baterai lebih baik dan performa yang lebih tinggi.

2. Artificial Intelligence (AI)

Performa AI yang lebih tinggi seharusnya menjadi salah satu titik perhatian utama pada Snapdragon 845. Sejak diluncurkannya Snapdragon 820 kami sudah melihat kemampuan pengenalan obyek yang sangat detail. Seharusnya, 845 akan menghadirkan performa AI yang lebih baik lagi dan dengan dukungan hardware secara khusus. Kami sangat berharap Qualcomm akan dapat menampilkan.

3. Windows dan Snapdragon

Sudah beberapa kali, Qualcomm dan Microsoft menampilkan kolaborasinya. Bukan tidak mungkin jika kali ini kita akan melihat produk jadi dari hasil kolaborasi ini. Mungkin bukan dengan Snapdragon 845, karena SoC ini belum rampung produksi massalnya. Ini yang sudah terungkap mengenai Windows 10 yang bisa dijalankan dengan prosesor berbasis ARM:
– Sejauh ini, kolaborasi Microsoft baru terlihat bersama Qualcomm.
– SoC yang kemungkinan besar akan digunakan adalah Snapdragon 835.
– Microsoft mengungkap bahwa daya tahan baterainya bisa mencapai beberapa hari.
– Bentuk produknya adalah laptop.
– Setidaknya HP, Lenovo dan ASUS sudah menampakkan minatnya untuk meluncurkan produk ini.
– Software seperti MS Office versi penuh akan bisa dijalankan.
– Aplikasi dalam Windows Store akan bisa digunakan.
– Microsoft bahkan pernah menampilkan bahwa Adobe Photoshop bisa digunakan.
– Aplikasi x86 dijalankan dengan emulasi.
– Dengan digunakannya SoC Snapdragon 835, laptop akan memiliki fitur modem LTE dan beragam fitur konektivitas khas Qualcomm lainnya.
– Seharusnya, kemampuan kamera pada laptop ini pun akan menjadi lebih baik dengan tersedianya ISP pada Snapdragon 835.

 

5. VR

Ya, kami tahu bahwa VR tampaknya agak melamban perkembangannya. Sebenarnya, VR bukan melamban akan tetapi implementasinya ke produk jadi yang belum terlihat. Qualcomm sejak lama menjadi pengusung perangkat VR dengan processing power di kacamata itu sendiri. Akan kah Qualcomm bisa menampilkan inovasi baru? Terutama setelah Intel menghentikan proyek VR-nya yang sebenarnya sangat menarik. Kami berharap kacamata VR terbaru akan bisa memindai ruangan sekitarnya, seperti yang pernah ditampilkan project alloy.

4. Teknologi Pendukung SoC Baru

Seperti layaknya pengumuman SoC sebelumnya, sebuah SoC Qualcomm baru akan datang dengan segudang fitur-fitur baru. Fitur seperti fingerprint scanner di bawah layar, sudah lama kami lihat. Mungkin ini akan kian diperbaharui? Bisa jadi akan ada metode pengamanan baru yang lebih inovatif? Modem baru mungkin akan diperkenalkan, meski di Indonesia mungkin kita belum bisa memanfaatkannya. Sementara itu, teknologi Quick Charge baru seharusnya bukan hal yang aneh  jika ditampilkan, karena sudah dihadirkan lebih dahulu.

Masih Banyak Kemungkinan Lain

Kolaborasi dengan perusahaan lain mungkin akan diumumkan dalam acara ini. IOT bisa menjadi topik yang menarik karena pengembangannya akan sangat terkait dengan teknologi yang disuguhkan Qualcomm. Sementara itu, teknologi otomotif pun akhir-akhir ini tampak gencar dikembangkan oleh Qualcomm. Teknologi lain yang belum terpikirkan oleh kami pun mungkin diperkenalkan. Seharusnya, kami pun akan bisa melihat showcase produk-produk terkini yang menggunakan Qualcomm Snapdragon. Qualcomm bisa menampilkan produk prototype, atau bahkan yang sudah siap produksi. Intinya, acara kali ini seharusnya sangat menarik. Jadi, nantikan liputan kami langsung dari Hawaii, ya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES