in: News | December 13, 2017 | by: Agus Prasetyo

VESA Tetapkan Standar DisplayHDR

Seperti yang diketahui saat ini High Dynamic Range (HDR) masih menggunakan beberapa standar yang dikeluarkan oleh masing-masing kubu, baik Dolby Vision dicetuskan oleh Dolby ataupun HDR10 yang dikeluarkan oleh konsorsium bentukan Samsung, LG, Sharp, dan Sony. Karenanya Video Electronics Standars Association (VESA) menetapkan standar terbuka yang dinamai DisplayHDR.

Terkait HDR, pihak VESA menjelaskan bahwa belum ada standar yang benar-benar terbuka dalam membeberkan metodologi pengujian. VESA perlu memberikan informasi bagi konsumen dengan standar performa yang tepat. VESA mendapatkan masukan dari puluhan vendor OEM perangkat PC hardware, panel display hingga software driver.

Tujuan VESA disini bakal mengadopsi teknologi HDR ke dalam pasar PC. VESA juga bakal menjembatani antara vendor hardware dengan perangkat display berkemampuan HDR. Untuk saat ini, DisplayHDR v1.0 masih fokus pada panel LCD yang masih memegang pasar tertinggi. Untuk versi selanjutnya dikabarkan akan mencakup OLED dan teknologi display yang lain.

DisplayHDR v1.0 dibagi dalam tiga kategori, DisplayHDR 400, DisplayHDR 600 dan DisplayHDR 1000. Roland Wooster selaku pemimpin dalam projek VESA DisplayHDR menyatakan, “Standar terendah menetapkan 400 nit kecerahan, dengan kedalaman warna 8-bit, dan bakal mendukung standar HDR10. Dengan spesifikasi ini, pasar PC bakal lebih mudah untuk menyesuaikan parameter yang ada”. Sebagaimana berita yang kami kutip dari PC Gamer, Roland juga menambahkan, sangat penting bagi konsumen PC untuk mengetahui bahwa PC mereka yang sudah berada pada rating HDR secara aktual.

Akhirnya dengan standar DisplayHDR ini konsumen bakal lebih mudah untuk memilih panel monitor yang sudah mendukung HDR. Begitu juga dengan tiga level standar tersebut, pilihan monitor bakal lebih beragam sesuai kebutuhan.

Tags: