in: News | January 8, 2018 | by: Yufianto Gunawan

4 Prosesor Intel Core Generasi Ke-8 dengan GPU Radeon RX Vega M

Beberapa saat lalu, Intel mengumumkan rilis prosesor Core i 8th Gen. dengan Radeon RX Vega M. Prosesor baru ini tentu saja sangat menarik, mengingat kolaborasi dua perusahaan besar di baliknya, yaitu Intel dan Radeon Technologies Group, serta konfigurasi unik yang diusungnya. Intel sendiri menawarkan prosesor ini untuk perangkat mobile, terutama untuk laptop thin & light, serta NUC, dan prosesor ini akan hadir dalam empat varian.

Empat Varian Prosesor: 3 Core i7 & 1 Core i5

Intel menawarkan empat varian prosesor Core 8th Gen. dengan Radeon RX Vega, yang terbagi dalam dua kelas, yaitu Core i7 dan Core i5. Terdapat 3 prosesor Core i7 “Kaby Lake G”, serta satu prosesor Core i5 “Kaby Lake G”. Keempat prosesor itu adalah Core i7-8809G, Core i7-8709G, Core i7-8705G, serta Core i5-8305G. Keempatnya sama-sama menawarkan konfigurasi CPU quad core dengan Hyper Threading, serta dukungan untuk RAM DDR4-2400 dual-channel. Prosesor Core i7 menawarkan L3 Cache 8 MB, sementara Core i5 menawarkan L3 Cache 6 MB.

Prosesor yang hadir dengan “9” sebagai angka keempat hadir dengan GPU Radeon RX Vega M GH, dengan Package TDP 100 W; sementara angka “5” menunjukkan penggunaan GPU Radeon RX Vega M GL, dengan Package TDP 65 W. Semua GPU Radeon RX Vega M di Core i baru ini dilengkapi dengan HBM2 berkapasitas 4 GB. Selain itu, terdapat juga IGP Intel HD Graphics 630, dengan graphics dynamic frequency mencapai 1100 MHz.

Berikut ini tabel spesifikasi untuk keempat prosesor tersebut:

Selain keempat prosesor tersebut, Intel menyebutkan bahwa mereka menawarkan satu varian Core 8th Gen dengan Radeon RX Vega M lagi, yang disebut Core i7-8706G. Varian tersebut hadir dengan teknologi vPro. Spesifikasi prosesor itu mirip dengan Core i7-8705G, hanya saja dibekali dengan dukungan vPro.

Sepintas, Core i7-8709G dan Core i7-8705G hadir dengan spesifikasi yang mirip dengan Core i7-7920HQ, prosesor tertinggi dari keluarga Kaby Lake untuk perangkat mobile. Keduanya hadir dengan base clock 3.1 GHz dengan maximum frequency 4.1 GHz, yang memang mirip dengan apa yang ditawarkan Core i7-7920HQ. Sementara Core i5-8305G hadir dengan base clock 2.8 GHz, dengan maximum frequency 3.8 GHz.

Prosesor “Full Unlocked”: Core i7-8809G

Di antara keempat prosesor Core 8th Gen dengan Radeon RX Vega M, Core i7-8809G mungkin akan dipandang sebagai yang paling menarik oleh sebagian kalangan, terutama yang menyukai performace tuning di PC. Prosesor tersebut menawarkan maximum frequency di atas Core i7-8709G dan Core i7-8905G, yaitu 4.2 GHz. Namun, bukan itu yang menarik, melainkan label “unlocked” yang disematkan Intel! Ya, prosesor ini hadir dengan CPU, IGP, RAM, GPU Radeon RX Vega M, dan HBM yang bisa diatur clock-nya! Intel menyebutkan bahwa overclocking untuk Core i7-8809G ini akan didukung oleh tool Intel XTU dan Radeon WattMan.0

Sementara untuk prosesor Core i7 yang lain, yaitu Core i7-8709G dan Core i7-8705G, Intel menyebutkan bahwa pengguna masih akan mendapatkan opsi performance tuning, tetapi lebih terbatas dari Core i7-8809G. Kedua prosesor tersebut menawarkan kapabilitas overclocking untuk CPU, IGP, dan RAM. Sedangkan untuk Core i5-8305G, sayangnya prosesor tersebut tidak menawarkan opsi performance tuning apapun.

Janjikan Performa Tinggi

Langkah Intel menyandingkan Core i “Kaby Lake” mereka dengan GPU diskrit ini disebut menghasilkan prosesor yang menawarkan performa yang terbilang tinggi, sekelas gaming laptop dengan spesifikasi kelas menengah-atas. Berdasarkan informasi dari Intel saat memperkenalkan keempat prosesor ini, Core 8th Gen. dengan Radeon RX Vega M GL bisa menawarkan performa di atas laptop dengan Core i 8th. Gen. U Series + GeForce GTX 1050. Sementara Core 8th Gen dengan Radeon RX Vega M GH bisa menawarkan performa sekelas laptop dengan Core i 7th Gen. H Series + GeForce GTX 1060 Max-Q.

Produk pertama dengan Core 8th Gen dengan Radeon RX Vega M ini disebut akan hadir dalam waktu dekat ini, berupa laptop, dari rekan Intel. Kemungkinan besar, akan ada rekan dari Intel yang memperkenalkan perangkat baru dengan prosesor ini di CES 2018, yang digelar di Las Vegas, AS, mulai besok. Tim Jagat Review yang berangkat ke CES 2018 akan coba mencari informasi terkait produk tersebut, dan bila memang memungkinkan, akan menghadirkan informasi terkait produk tersebut untuk Anda, pembaca setia Jagat Review!

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES