in: News | January 12, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Dell & Bahan Daur Ulang: dari Bodi Laptop Hingga Perhiasan

Sebagai langkah mereka dalam mendukung sustainable design, yang merupakan langkah ramah lingkungan, Dell sudah mulai menggunakan bahan daur ulang untuk membangun produk mereka sejak beberapa tahun lalu. Dell sendiri menyatakan bahwa hal itu memang menjadi salah satu fokus mereka. Banyak sekali bahan daur ulang yang dikumpulkan oleh Dell, dan mereka pun mengolahnya menjadi banyak sekali produk, mulai bahan untuk bodi laptop mereka, bahan untuk komponen internal, hingga perhiasan!

Darell Ward dari Dell saat menjelaskan upaya daur ulang dari perusahaan tersebut

Sampah Plastik: di Darat dan di Perairan

Salah satu limbah yang dikumpulkan Dell dan mereka anggap sebagai “barang berharga” adalah sampah plastik. Dell mencoba mengumpulkan sampah plastik, baik dari darat maupun perairan, dan melakukan daur ulang. Hasilnya, berbagai komponen bodi dari produk-produk Dell bisa dibangun dari bahan daur ulang sampah plastik itu.

Daur Ulang Emas dari Limbah Elektronik

Selain plastik, Dell juga melakukan daur ulang terhadap limbah elektronik, dengan mengambil komponen-komponen metal di produk-produk elektronik yang tidak terpakai lagi. Hasil daur ulang dari komponen metal itu bisa digunakan sebagai bahan di produksi produk baru. Langkah ini tentu saja sangat membantu pelestarian lingkungan, karena limbah elektronik tidak didaur ulang secara alami oleh alam, menyisakan limbah yang membahayakan di masa depan.

Salah satu metal yang dihasilkan dari daur ulang itu adalah emas, yang memang banyak sekali digunakan di PCB perangkat elektronik. Mendaur ulang emas dari limbah elektronik memungkinkan didapatkannya emas dengan tingkat resiko kerusakan lingkungan yang jauh lebih kecil dari pertambangan. Salah satu produk korporat Dell, Latitude 5285 2-in-1, merupakan tahap pertama dalam menyertakan emas daur ulang di produksi laptop.  Selain itu, emas hasil daur ulang ini juga bisa digunakan seperti emas umumnya, termasuk untuk perhiasan!

Kerja Sama Garap Perhiasan dari Emas Daur Ulang

 

Bekerja sama dengan Bayou with Love, yang digagas oleh Nikki Reed, artis dan aktivis, Dell memperkenalkan Circular Collection, lini perhiasan yang dibangun dari emas daur ulang. Memang, tidak semua hasil daur ulang akan langsung diserap untuk produksi elektronik lagi. Kualitas tinggi dari emas daur ulang, disebut mencapai 18 karat, membuatnya juga cocok untuk bahan perhiasan, mengurangi ketergantungan terhadap emas hasil pertambangan.

Berdasarkan informasi dari Dell dan Bayou with Love, perhiasan Circullar Collection ini sudah bisa dipesan di situs resmi sang produsen. Perhiasan dari koleksi tersebut bisa dibeli dengan harga mulai dari USD 78.

Tags: