in: News | January 10, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Dell XPS 13 Terbaru: Lebih Baik, Lebih Menarik

Di CES 2018 ini, Dell meluncurkan dua laptop terbaru mereka dari lini XPS, yaitu XPS 13 dan XPS 15 2-in-1. XPS 13 baru yang diperkenalkan Dell ini merupakan penerus dari XPS 13 sebelumnya yang dirilis Dell pada tahun 2016 lalu. Dell menyebutkan bahwa XPS 13 baru ini tidak hanya meneruskan apa yang sudah dicapai Dell melalui pendahulunya, tetapi juga membawa lini XPS ke sebuah tingkat baru yang lebih tinggi! Hal itu disebut Dell merupakan buah dari inovasi yang mereka lakukan.

Tampil Lebih Trendy

Salah satu hal yang disebut Dell membuat XPS 13 terbaru ini lebih baik dari sebelumnya adalah desain baru yang diusung oleh Dell, yang disebut membuat laptop ini terlihat lebih trendy. Dell membalur laptop ini dengan warna Rose Gold, yang memang jadi tren tersendiri belakangan ini. Selain itu, Dell juga menggunakan desain baru untuk sisi dalam laptop, terutama untuk palm rest dan area sekitar keyboard, yang membuatnya terlihat berbeda dengan warna Alpine White.

Dell biasa menggunakan carbon fiber untuk palm rest laptop lini XPS, tetapi hal itu membuat mereka mengalami keterbatasn di dalam hal pemilihan warna. Karena mereka ingin menggunakan warna baru, putih, mereka berinovasi, menggunakan material berbeda untuk palm rest, crystaline silica, yang disusun dalam motif seperti struktur kain (woven pattern). Hal ini memungkinkan Dell menawarkan warna putih di area palm rest tanpa harus mengecat carbon fiber ke warna putih untuk mendapatkannya, serta memungkinkan mereka menawarkan tekstur yang lebih lembut untuk palm rest XPS 13 baru ini, karena material yang digunakan tidak sekaku carbon fiber.

Kekhawatiran penggunaan material ini justru menurunkan kemampuan pelepasan panas dari XPS 13 baru ini menjadi tatangan yang dihadapi Dell berikutnya. Namun, mereka mendapatkan cara mengatasinya, yaitu dengan menggunakan GORE Thermal Insulation, yang digunakan di beberapa kendaraan luar angkasa, untuk membantu membuang panas dari dalam laptop. Hal ini membuat Dell tetap bisa menawarkan desain baru yang lebih menarik, tanpa mengurangi kemampuan pembuangan panas dari dalam laptop.

Makin Kencang: Core i 8th Gen.

Tentu saja, Dell tidak hanya fokus membuat laptop andalan mereka ini jadi memiliki tampilan yang trendy saja. Mereka juga fokus menggarap laptop ini dari sisi performa. Untuk membuat laptop ini menawarkan performa tinggi, Dell menggunakan prosesor dari Intel, Core i 8th Gen. dari keluarga Kaby Lake R. Prosesor quad core dari keluarga Kaby Lake R menjadi kunci performa tinggi yang ditawarkan XPS 13 terbaru ini, ditambah dengan Dell Power Management yang mampu mengeluarkan kemampuan yang paling tinggi dari prosesor tersebut. Semua hal ini membuat XPS 13 ini disebut menjadi laptop terkencang di kelasnya, dengan performa hingga 2.2x lipat XPS 13 sebelumnya.

Laptop 13″ Ringkas

XPS 13 baru ini juga didesain Dell untuk mengikuti apa yang telah mereka tawarkan di pendahulunya, yaitu sebagai laptop 13″ dengan ukuran ringkas, dengan dimensi hanya seukuran laptop 11″ standar. Layar InfinityEdge kembali menjadi andalan untuk mencapai hal tersebut, tetapi kali ini dengan resolusi yang lebih tinggi, hingga 4K UHD. Layar yang digunakan juga menawarkan kompatibilitas 100% sRGB, serta akan mendukung Dell Cinema untuk pengalaman multimedia yang baik.

Berdasarkan informasi dari Dell, XPS 13 baru ini akan dipasarkan dengan harga mulai dari USD 949 untuk varian “developer” dengan sistem operasi Ubuntu, serta USD 999 untuk varian Windows 10. Mereka akan memaketkan laptop ini dengan power adapter dengan warna putih, senada dengan warna bagian dalam laptop. Selain itu, mereka juga menawarkan adapter untuk USB Type C ke USB Type A dengan warna senada pula untuk laptop baru ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES