in: News | January 22, 2018 | by: Friska Suryawinata

Hadapi Video Kontroversial, YouTube Buat Tim Pengawas Baru

Beberapa minggu belakangan ini, mungkin para netizen sudah sempat mendengar kabar tidak mengenakkan datang dari salah satu YouTuber populer yang memposting video pengalamannya mengunjungi Jepang, salah satunya Hutan Aokigahara, dengan menampilkan perilaku tidak sopan maupun tidak respek terhadap budaya dan kultur dari Jepang sendiri.

Video kontroversial dari YouTuber ini pun menuai kritik pedas dari seluruh netizen di dunia, di mana berbagai pihak pun menuntut agar YouTuber tersebut bisa ditindak lebih tegas. Pihak YouTube sendiri kini memberikan beragam regulasi baru untuk mempersulit para pembuat konten menjadi lebih sulit untuk melakukan monetize dan menjadi mitra YouTube, dan selanjutnya YouTube nampaknya akan membangun tim khusus untuk bisa menanggulangi video kontroversial ini untuk ke depannya dengan lebih cepat dan tanggap.

Berdasarkan laporan dari BuzzFeed News, dilansir dari Ubergizmo, tim yang diberi nama “Intelligence Desk” tersebut merupakan tim yang dibentuk untuk bisa mendeteksi berbagai jenis video kontroversial lebih cepat dan lebih awal, sebelum akhirnya para video tersebut menyebar terlalu jauh. Metode pencarian yang mereka lakukan ini pun akan beraneka ragam, dengan utamanya bergantung kepada Google data, user report, tren media sosial, serta konsultan pihak ketiga. Dari kumpulan data tersebut, maka Intelligence Desk pun bisa menyatakan apakah sebuah video ini butuh dihilangkan dari YouTube atau mencegah adanya iklan muncul dari video tersebut.

YouTube mengatakan kepada BuzzFeed News bahwa Intelligence Desk ini, berdasarkan pernyataan pihaknya di blog resmi mereka di bulan Desember kemarin, YouTube hendak memperluas kinerjanya untuk mencegah para artis buruk yang mencoba untuk menyalahgunakan platformnya. Hal ini termasuk di antaranya adalah mepekerjakan lebih banyak orang untuk bisa mendeteksi konten yang menyalahi aturan dan regulasi mereka, sekaligus meningkatkan kemampuan teknologi machine learning yang mereka miliki. YouTube dapat mengkonfirmasikan bahwa bagian dari usaha tersebut adalah termasuk membangun tim baru yang berdedikasi untuk menjaga platform mereka dari beragam tren dan ancaman yang marak terjadi.

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES