in: Audio | January 18, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Hands-On Review Headphone: AKG Y50 On-Ear

AKG tentu bukanlah nama brand yang asing dalam industri audio. Berdiri sejak 1947, AKG yang kini berada di bawah bendera perusahaan Harman tentu sudah sangat dikenal di kalangan para pecinta audio, khususnya di pasar headphone. Sudah beragam model headphone yang dikeluarkan oleh AKG, mulai dari model in-ear monitor (IEM) dan juga headphone. Mendengar nama AKG bagi beberapa pecinta audio juga mungkin ada yang menganggap kalau produsen asal Austria ini merupakan produsen audio di kelas premium. Namun siapa yang menyangka kalau AKG memiliki beberapa model headphone yang ditawarkan dengan harga cukup bersaing serta mampu menawarkan suara berkualitas tinggi. Seperti salah satunya pada headphone AKG seri Y50 yang satu ini.

Spesifikasi:

Sebelum kita memasuki segmen performa suaranya, terlebih dahulu kami hadirkan spesifikasi dari AKG Y50 ini. Dan berikut adalah spesifikasinya:

  • Frequency Response: 16-24.000 Hz
  • Color: Black
  • Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivity: 115dB
  • Panjang Kabel: 1,2m
  • Audio Jack: 3,5mm Gold plate
  • Fitur: Remote & Microphone

Paket Penjualan & Desain

Sebelum kita membahas lebih jauh soal performa suara yang ditawarkan, mari kita simak terlebih dahulu paket penjualan dari AKG Y50 serta desain yang dimilikinya. Dan berikut adalah paket penjualan dari headphone tersebut.

Kemasan tampak depan

 

Kemasan tampak belakang

 

Kelengkapan paket penjualan

 

Tersedia pouch (kantong)

 

Kabel audio jack 3.5mm 1.2m

 

Tombol remote dan microphone

 

Konektor audi jack 3.5mm to 6.3mm

Desain

Berdiri sejak 1947, AKG tentu sudah memiliki beragam model koleksi headphone yang telah ditawarkan di pasaran. Mengenai desain yang dimiliki AKG Y50 ini sebenarnya, desain yang dimiliki headphone ini terlihat sederhana namun memiliki kesan yang cukup stylish. Dimensi keseluruhan dari AKG Y50 tidaklah terlalu besar karena headphone ini dirancang on-ear, yang artinya earpad pada headphone ini akan bersangga di daun telinga saat digunakan.

AKG Y50 sendiri mengusung desain yang dapat dilipat agar mudah dibawa kemana saja. Kabel pada headphone ini pun dapat dilepas dan Anda dapat menyimpannya bersama headphone di dalam pouch ketika membawanya bepergian. Desain keseluruhan dari headphone ini tergolong cukup kuat dan solid karena menggunakan material stainless steel pada bagian headband. Sedangkan pada bagian earcup yang terdapat logo brand bertuliskan AKG menggunakan material aluminium. Sehingga Anda tak perlu khawatir saat menyimpan headphone ini di dalam tas.

Tidak ketinggalan, di bagian headband AKG Y50 juga dilengkapi dengan bantalan penyangga yang terasa cukup empuk meskipun berukuran kecil. Untuk memberikan kenyamanan lebih, bantalan tersebut dilapisi kulit sintetis yang cukup lembut. Pada bagian earpad, bantalan yang digunakan headphone ini juga terasa cukup empuk dan lembut di daun telinga saat digunakan.

Fitur & Penggunaan

Fitur yang tersemat pada AKG Y50 ini hanya berupa remote yang terpasang pada kabel. Pada remote tersebut terdapat sebuah microphone dan tombol, sehingga Anda bisa menggunakan headphone ini untuk menerima panggilan telepon hanya dengan menekan tombol pada remote. Fungsi dari tombol tersebut juga dapat Anda gunakan untuk melakukan play/pause saat mendengarkan lagu dan next untuk lagu berikutnya dengan menekan tombol 2x. Menariknya, remote dan microphone pada headphone ini berfungsi dengan baik saat kami mengujinya pada smartphone berbasis Android dan iOS.

Soal penggunaan, saat AKG Y50 “hinggap” di kepala terasa cukup nyaman. Bahkan earpad headphone ini tidak hanya terasa lembut di daun telinga tetapi juga bekerja dengan sangat baik dalam menangkal masuknya suara dari luar. Sehingga secara keseluruhan, AKG Y50 memiliki tingkat kenyamanan yang sangat baik saat digunakan.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES