in: News | January 8, 2018 | by: Dedy Irvan

Hardware yang Akan Segera Diluncurkan AMD di tahun 2018

Dalam event AMD Tech-day 2018 di Las Vegas, CEO AMD, Lisa Su mengungkap beragam produk yang akan diluncurkan AMD dalam tahun 2018 ini. Beberapa produk akan kami bahas lebih dalam dalam beberapa artikel terpisah.

Prosesor Desktop

APU untuk AMD akan segera hadir. Tepatnya tanggal 12 Februari 2018. Setidaknya akan ada dua APU AMD berbasis Ryzen dan Vega yang akan segera dijual ke pasaran. Kedua APU ini akan menyandang nama Ryzen 5 dan Ryzen 3.

Ryzen generasi kedua pun diumumkan akan segera hadir. AMD mengungkap bahwa Ryzen baru ini rencananya akan diluncurkan pada bulan April 2018 ini. Prosesor baru tersebut akan mengunakan litografi 12nm dan sudah memiliki Precision Boost 2.

Seiring dengan Ryzen generasi kedua, AMD pun akan meluncurkan chipset barunya, X470. Secara sekilas, AMD mengatakan bahwa chipset ini akan membawa perbaikan dalam hal konsumsi daya, performa, dan juga menambahkan beragam fitur baru yang belum bisa diungkap.

Buat Anda yang menyukai penggunaan lampu RGB pada komponen PC-nya, AMD pun mengumumkan sebuah HSF baru. Wraith Prism akan hadir dengan ekstra pengendalian pada LED dan kipasnya pun kini menjadi transparan serta dilengkapi LED RGB. Bentuk Wraith baru ini disesuaikan untuk memudahkan penggunaan RAM berukuran besar.

Prosesor Laptop

Tentu saja, prosesor pertama yang ditunggu adalah Ryzen 3 untuk laptop. AMD mengumumkan 2 APU berbasis Ryzen dan Vega. Para produsen laptop kemungkinan sudah akan meluncurkan atau setidaknya mengumumkan produknya yang menggunakan Ryzen 3 untuk mobile sebelum paruh awal 2018 berakhir.

Ryzen Pro Mobile

Seiring dengan tingginya kebutuhan akan keamanan dan performa kelas workstation untuk kebutuhan enterprise, AMD pun menyuguhkan prosesor Ryzen Pro Mobile. Menargetkan performa lebih tinggi 22% untuk produktivitas, 125% lebih kencang dalam hal performa grafis dibandingkan prosesor Intel generasi ke-8, Ryzen Pro Mobile memang menjanjikan performa yang menawan. Prosesor ini pun sudah dilengkapi dengan SenseMI terbaru. Sebenarnya, kemampuan manageability dan pengamanan ekstranya adalah keunggulan utama yang diutamakan. Ini akan membuat AMD bersaing dengan suguhan Intel yang menggunakan solusi Vpro.

AMD Radeon

Sesuai harapan kami, AMD menampilkan roadmap-nya untuk Radeon. GPU berbasis Vega pertama yang menggunakan teknologi 7nm akan segera hadir. Akan tetapi, masih ditujukan untuk aplikasi machine learning. Sementara itu “Navi” atau kelanjutan dari Vega, akan diproduksi dengan teknologi 7nm juga. Setelah Navi, AMD akan melanjutkan dengan GPU “Next-Gen” mereka mengunakan teknologi 7nm+.

 

AMD pun mengumumkan hadirnya GPU Radeon Mobile berbasis Vega. GPU ini memiliki ukuran paket yang jauh lebih kecil. Memori jenis HBM2 digunakan untuk menjaga ukurannya tetap ringkas dan bertenaga. Konsumsi daya dijanjikan tetap rendah meski GPU ini tetap mendukung aplikasi dan game VR.

 

Selain hardware, AMD pun mengumumkan beberapa hal baru lainnya. Salah satunya adalah digunakannya Vega dalam paket prosesor baru Intel. Akan tetapi, kami akan membahasnya dalam tulisan terpisah. Cukup banyak pengumuman AMD di awal tahun 2018 ini, membuat kami cukup pusing memilahnya. Akan tetapi, ini adalah hal yang sangat baik. Ini menunjukkan bahwa AMD tidak pernah berhenti berinovasi dan terus memanfaatkan momentum yang diciptakannya sendiri. Good job, AMD!

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES