in: News | January 8, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Intel Konfirmasi Siapkan 2 NUC “Gaming” Baru

Kabar bahwa Intel tengah menyiapkan NUC “gaming” baru mungkin bisa dikatakan bukanlah kabar baru lagi. Memang, kabar NUC “gaming” baru itulah yang menjadi kabar pertama yang beredar, awal November 2017 lalu, terkait prosesor Core 8th Gen. dengan Radeon RX Vega M yang saat itu dikabarkan tengah disiapkan oleh Intel. Kini, setelah Intel resmi mengumumkan prosesor baru itu, kabar terkait NUC yang akan mengusungnya pun terkonfirmasi!

NUC “Gaming” Baru dengan Core 8th Gen with Radeon RX Vega M

Intel mengkonfirmasi bahwa akan ada dua NUC “gaming” baru, penerus “Skull Canyon” yang akan hadir dalam waktu dekat ini. Kedua NUC itu adalah NUC8i7HVK dan NUC8i7HNK. Keduanya tentu saja akan hadir dengan mengusung Core 8th Gen. dengan Radeon RX Vega M, prosesor yang baru saja diresmikan kehadirannya oleh Intel. Berikut ini adalah tabel spesifikasi kedua NUC baru tersebut:

*klik untuk memperbesar

 

Terlihat, hal yang membedakan kedua NUC baru tersebut hanya prosesor yang digunakan. NUC8i7HVK menggunakan prosesor Core i7-8809G, yang merupakan prosesor tertinggi dari keluarga Core 8th Gen. dengan Radeon RX Vega M. Sementara NUC8i7HNK menggunakan prosesor Core i7-8705G. Perbedaan prosesor itu juga berarti GPU Radeon RX Vega M yang digunakan keduanya akan berbeda, disesuaikan dengan yang diusung oleh prosesor masing-masing.

Keduanya akan menawarkan dukungan untuk RAM DDR4 dual-channel hingga kapasitas 32 GB, serta hadir dengan 2x M.2 SATA/PCIe, 2x Gigabit Ethernet (i219-LM and i210-AT), dan WiFi AC Intel Wireless-AC 8265M. Konektivitas yang ditawarkan pun melimpah, dengan 2x Thunderbolt 3/USB 3.1 Type C di dan 4x USB 3.0 di sisi belakang serta 1x USB 3.1 Type C dan 2x USB 3.0 di sisi depan. Terdapat juga 2 HDMI dan 2 Mini Display Port di NUC ini, yang bisa digunakan untuk display output, serta tambahan display output melalui Thunderbolt 3.

Cocok untuk Gaming 1080p

Performa yang ditawarkan oleh Core 8th Gen dan Radeon RX Vega M disebut Intel memungkinkan NUC ini digunakan untuk menjalankan game AAA dengan baik. Intel menyebutkan bahwa di resolusi Full HD, salah satu NUC baru ini, NUC8i7HVK, menawarkan performa gaming sekitar 2x lipat laptop gaming dari era 2-3 tahun lalu yang mengusung spesifikasi kelas menengah-atas. Performa itu tentu saja menarik, mengingat itu bisa dihadirkan oleh PC dengan ukuran sangat ringkas, dengan volume 1.2 liter saja.

Nantinya, Intel akan mulai menjual kedua NUC baru ini sekitar bulan Maret 2018 mendatang. Belum diketahui berapa harga untuk kedua NUC tersebut. Namun, mungkin saja harganya akan mirip dengan harga dari NUC “Skull Canyon” saat dirilis beberapa tahun lalu.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES