in: News | January 15, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Mengintip Produk Baru Cooler Master di CES 2018

Saat meliput CES 2018 di Las Vegas, AS, minggu lalu, atas undangan perwakilan mereka di Indonesia, kami berkunjung ruang pamer milik salah satu vendor periferal komputer ternama, Cooler Master. Merek yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi namanya bagi kita semua, karena produk-produknya, mulai dari perangkat pendingin, casing, power supply, perangkat input, dan lain sebagainya sudah terbilang dikenal luas di Indonesia. Kali ini, di CES 2018, produk baru seperti apa yang ditampilkan oleh Cooler Master?

Tampilkan Beragam Produk Baru

Cooler Master memperkenalkan cukup banyak produk baru mereka di awal tahun ini, bertepatan dengan CES 2018. Banyak di antara produk-produk tersebut yang mereka bawa dan tampilkan di ruang pamer yang terletak di Palms Place Hotel, sebuah hotel yang terletak tidak terlalu jauh dari Las Vegas Strip. Penasaran? Kami akan mengulas secara singkat produk-produk baru tersebut!

Perangkat Pendingin: UFO & RGB LED “Pintar”

Dari lini perangkat pendingin, Cooler Master menghadirkan produk terbaru mereka yang disebut sebagai MasterAir G100M, pendingin dengan desain unik dengan basis heat column, yang prototipe-nya sempat kami jumpai di booth mereka di Computex 2017 lalu. Pendingin ini menawarkan ukuran ringkas, cocok untuk PC small form factor, tetapi tetap menawarkan kemampuan tinggi. Cooler Master menyebutkan bahwa pendingin tersebut bisa menangani prosesor hingga TDP 130 Watt!

MasterAir G100M

Selain HSF tersebut, Cooler Master juga menawarkan jajaran pendingin dengan addressable RGB LED, yang bisa memberikan efek pencahayaan yang lebih menawan. Beberapa produk yang mengusung fitur ini adalah MasterLiquid ML240R, MasterLiquid ML120R, MasterFan MF120M, dan MasterFan MF122R. Namun, tidak hanya sekadar menawarkan efek pencahayaan saja, addressable RGB LED ini juga dimanfaatkan Cooler Master untuk menawarkan fitur deteksi temperatur di mana warna lampu akan berubah sesuai suhu operasi. Fitur tersebut bisa dijumpai di MasterLiquid ML240 SMART dan MasterAir MA410M.

MasterCase dan MasterBox Baru

Beralih ke casing, Cooler Master memperbarui tawaran casing premium mereka dengan memperkenalkan beberapa casing sekaligus. Casing yang diperkenalkan banyak yang berasal dari jajaran MasterCase dan MasterBox, yang memang menjadi senjata andalan dari perusahaan asal Taiwan ini untuk saat ini. Beberapa casing tersebut antara lain MasterCase MC Series, MasterBox Q300P & Q300L, MasterBox MB500, MasterBox TD500L, serta ada juga Trooper SE dan Stryker SE.

MaterBox Q300L dan MasterBox Q300P
MasterCase H500P Mesh White
MasterCase H500M

Untuk produk andalan, Cooler Master kali ini menampilkan dua varian MasterCase H500, yaitu MasterCase H500M dan MasterCase H500P Mesh White. Kedua casing ini masih mengandalkan tempered glass sebagai materi utamanya, sehingga memungkinkan pengguna memamerkan isi PC mereka. MasterCase H500M didesain mendukung dua front panel, yaitu full mesh atau mesh + tempered glass, sementara H500P Mesh White hadir dengan front panel mesh dengan warna dasar putih yang terlihat elegan.

PSU Baru dengan Fitur Canggih

Lini power supply tidak ketinggalkan juga mendapatkan pembaruan di CES 2018 ini. Cooler Master memperkenalkan MasterWatt V, PSU 80+ Gold full modular terbaru mereka dengan kabel PCIe dan EPS (8-pin CPU) 16AWG, yang menawarkan efisiensi lebih tinggi dengan ketahanan terhadap panas yang lebih baik. Lini PSU ini didinginkan oleh fan 135 mm, dengan opsi kapasitas 550 W, 650 W, dan 750 W, serta garansi hingga 10 tahun.

PSU lain yang diperkenalkan oleh Cooler Master adalah MasterWatt Maker terbaru yang mendukung Cooler Master Connect 2.0, yang merupakan PSU 80+ Titanium yang tersedia dalam kapasitas 1200 W dan 1500 W. Satu hal yang menarik, PSU ini bisa dipantau kondisinya secara real time, selain melalui tool dari Cooler Master sendiri, juga melalui Overlay.live. Aplikasi ini memungkinkan pemantauan kondisi PSU secara real time dan hasilnya bisa disimpan ke cloud, memudahkan penggunanya untuk memanfaatkannya untuk berbagai hal, misalnya untuk overlay saat live streaming, dan lain sebagainya. Cooler Master menyebut bahwa Overlay.live ini sangat ringan, sehingga tidak membebani sistem.

Cooler Master menyebutkan bahwa mereka bekerja sama dengan beberapa pihak untuk Overlay.live ini, termasuk overclocker Wizerty dari Perancis, serta independent software developer yang saat kami jumpai ternyata adalah dua orang yang ada di balik Overclocking.TV. Di ruang pamer Cooler Master, Wizerty pun mendemokan langsung kemampuan PSU MasterWatt Maker 1500 W dengan Overlay.live ini. Demo yang ditampilkan adalah menjalankan sistem dengan Core i9-7980XE dan 2x GeForce GTX 1080 Ti yang di-overclock. PSU ini bisa memberikan asupan daya yang memadai untuk sistem haus daya tersebut, sembari pengguna bisa memantau informasi parameter operasi PSU melalui Overlay.live.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES