in: News | January 17, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Mirage Solo: Headset VR Standalone Besutan Lenovo

CES 2018, pameran teknologi akbar yang digelar minggu lalu di Las Vegas, AS, dimanfaatkan banyak perusahaan ternama untuk merilis produk baru nan menarik mereka. Lenovo, salah satu perusahaan teknologi ternama dunia, sudah pasti turut merilis produk baru mereka. Selain 2-in-1 Windows 10 on ARM dengan nama Miix 630 yang sudah sempat kami beritakan beberapa waktu lalu, Lenovo juga merilis produk lain yang tidak kalah menarik, dalam wujud sebuah headset virtual reality!

Headset VR Standalone Berbasis Daydream

Bukan sekadar headset VR “biasa” yang diperkenalkan oleh Lenovo di CES 2018 lalu. Perusahaan asal China tersebut memperkenalkan headset dengan nama Mirage Solo yang merupakan headset standalone, yang berarti bisa beroperasi tanpa harus dihubungkan ke perangkat lain, entah itu PC maupun smartphone. Mirage Solo ini menggunakan basis Google Daydream.

Gunakan Snapdragon 835

Headset Mirage Solo ini hadir dengan mengusung spesifikasi yang terbilang tinggi, dengan basis SoC Snapdragon 835, SoC premium yang bisa dijumpai di beberapa smartphone kelas atas masa kini. Mirage Solo ini mendukung 6 DOF (degree of freedom), yang mendukung deteksi pergerakan ke berbagai arah, lebih banyak dari yang umum didukung oleh headset VR untuk smartphone (3 DOF). Lenovo menyebutkan perangkat ini bisa beroperasi hingga 7 jam dalam sekali isi ulang penuh baterai.

Mirage Solo ini mengusung layar dengan resolusi 2560 x 1440 piksel, yang seharusnya sudah menawarkan kerapatan piksel yang memadai untuk virtual reality. Headset ini dilengkapi dengan RAM 4 GB, storage internal 64 GB, serta slot Micro SD untuk memperluas kapasitas penyimpanan data perangkat. Kontrol untuk perangkat ini disediakan melalui beberapa tombol di sekitar headset, serta bisa juga melalui unit remote yang disediakan oleh Lenovo, yang mengusung desain dan fungsi mirip dengan remote standar untuk Google Daydream.

Rilis Mendekati Pertengahan Tahun

Lenovo menyebutkan bahwa headset VR Mirage Solo ini akan mereka pasarkan di kisaran kuartal kedua tahun 2018 ini, mendekati pertengahan tahun nanti. Mirage Solo disebut akan dipasarkan dengan harga sekitar USD 400. Harga tersebut terbilang wajar, mengingat headset ini dibekali dengan spesifikasi yang tinggi, dengan keunggulan tersendiri sebagai headset standalone, yang tentu saja bisa menghindarkan penggunanya dari kabel yang mengganggu kenyamanan menikmati konten VR.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES