Ngobrol dengan Ray Wah dari Dell

Reading time:
January 11, 2018

Di rangkaian acara Dell di CES 2018, yang saat ini tengah digelar di Las Vegas, AS, kami mendapatkan kesempatan untuk ngobrol dengan salah satu petinggi Dell, Ray Wah, SVP & GM untuk Consumer & Small Bussiness Product Group. Ada beberapa hal menarik yang sempat kami dapatkan dari Ray Wah di sesi selama kurang lebih 30 menit itu. Kini, kami akan coba menuangkan hal-hal menarik itu dalam artikel ini!

Dell Ray Wah
Ray Wah, SVP & GM untuk Consumer & Small Bussiness Product Group, Dell

Tantangan Pengembangan Produk

Tahun 2017 lalu, Intel dan AMD terbilang agresif dalam merilis prosesor baru. Hal ini tentu saja menghadirkan tantangan tersendiri untuk perusahaan seperti Dell ini. Bagaimana pandangan Dell terhadap tantangan di bidang pengembangan produk baru itu?

Dell ternyata tidak menganggap itu sebagai beban. Mereka justru antusias dan menganggap tantangan itu adalah bagian dari upaya mereka menawarkan produk terbaik untuk para pengguna produk mereka. Jadi, Dell mencoba untuk terus maju bersama dengan produk baru mereka yang dikreasikan dari jajaran prosesor baru, baik dari Intel maupun AMD.

Salah satu contoh untuk hal ini adalah saat AMD mengajak Dell untuk membuat produk deaktop dengan basis AMD Ryzen, Dell langsung meresponnya. PC Inspiron Gaming Desktop menjadi salah satu PC dari pabrikan ternama dengan basis AMD Ryzen yang hadir di pasar. Demikian juga dengan produk-produk lain, Dell tidak akan berhenti begitu saja menghadirkan produk baru berbasis teknologi baru yang tersedia.

Always Connected PC

Beralih ke bahasan terkait hal yang belakangan ini mulai ramai dibicarakan, tidak lain adalah Always Connected PC. Seperti kita ketahui, bulan Desember 2017 lalu, Qualcomm dan Microsoft mengumumkan bahwa Windows 10 on ARM sudah siap, dan ada beberapa produk yang sudah diumumkan. Namun, tidak ada Dell di jajaran produsen yang menawarkan “Always Connected PC” yang diumumkan Qualcomm. Mengapa?

Terkait hal ini, Dell masih merasa mereka butuh melihat reaksi pasar terkait “Always Connected PC” itu. Dell merasa, masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki terlebih dahulu sebelum “Always Connected PC” akan jadi produk yang banyak dicari. Bukan dari konsep “Always Connected PC” itu sendiri, tetapi dari infrastruktur pendukungnya. BIla tidak, perangkat itu mungkin akan jadi tidak ada bedanya dengan laptop konvensional di era saat ini.

Dell sendiri saat ini sudah menawarkan “Always Connected PC”, tetapi bukan berbasis Windows 10 on ARM. Produk itu ada di jajaran produk komersial Dell, yang ditujukan untuk kebutuhan bisnis. Ke depan, bukan tidak mungkin Dell akan menghadirkan “Always Connected PC” berbasis Windows 10 on ARM, bila memang mereka merasa semuanya sudah siap untuk mendukung pemanfaatannya secara penuh.

XPS 15 2-in-1 dengan Core 8th Gen. w/ Radeon RX Vega M

Berikutnya, kami berbicara dengan Ray Wah terkait XPS 15 2-in-1. Produk ini termasuk ke dalam salah satu yang paling menarik yang diumumkan di CES 2018 ini. Kami meminta Ray Wah untuk memberikan sedikit komentar terkait produk tersebut.

Convertible XPS 15 2-in-1 ini diakui Dell memang mengusung tantangan tersendiri, terutama karena perangkat ini hadir dengan prosesor yang benar-benar baru, yang mengintegrasikan GPU diskrit dengan sebuah CPU, tidak lain adalah Core 8th Gen. w/ Radeon RX Vega M. Tentu saja, banyak hal perlu dikerjakan ulang untuk mengakomodasi prosesor tersebut, termasuk dari sisi thermal solution. Namun, dengan upaya gigih dari tim pengembang Dell, mereka bisa menghadirkan convertible tipis dengan ketebalan hanya 16 mm saja, dengan performa yang menyerupai gaming laptop kelas menengah.

Hal ini tentu saja jadi sebuah prestasi membanggakan bagi Dell, di mana mereka jadi satu dari hanya dua perusahaan yang bisa memperkenalkan produk berbasis prosesor baru Intel tersebut di awal perilisannya. Lebih menarik lagi, mereka mengkreasikan produk tersebut sebagai sebuah produk XPS, yang hadir dengan berbagai teknologi modern, seperti stylus pen canggih serta keyboard Maglev. Kini, XPS 15 2-in-1 bisa jadi produk pilihan berkemampuan tinggi untuk kalangan content creator yang ingin memiliki perangkat mobile ringkas yang cocok untuk mendukung aktivitas mereka.

Produk Lain dengan Core 8th Gen. w/ Radeon RX Vega M

Hal lain yang kami tanyakan ke Ray Wah adalah apakah Dell akan merilis produk lain dengan prosesor Core 8th Gen. w/ Radeon RX Vega M? Misalnya, mungkin Dell tengah mempertimbangkan Inspiron Gaming dengan basis prosesor tersebut mengingat performa yang ditawarkan seharusnya setara dengan gaming laptop kelas menengah.

Sayangnya, untuk hal yang satu ini, Dell masih belum bisa mengungkapkannya. Ray Wah menyebutkan bahwa Dell akan terus berinovasi, menghasilkan produk terbaik untuk pengguna mereka. Jadi, mari kita tunggu saja apakah nantinya produk itu akan dihadirkan oleh Dell atau tidak.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…
March 28, 2024 - 0

Shift Up: Rambut Panjang EVE Tahan Pengembangan Stellar Blade Satu Tahun

Sebuah fakta yang tidak bisa dibantah bahwa seperti apa yang…