in: News | January 28, 2018 | by: Dian Syarifuddin

Pendidikan eSports Hadir Di Salah Satu Sekolah Di Malang

Pada 2016 lalu, SMA 1 PSKD Jakarta merupakan sekolah pertama di Indonesia yang menghadirkan program pendidikan eSports. Kini, salah satu sekolah di Malang, yaitu Sekolah Bina Bangsa, turut menghadirkan program pendidikan eSports. Program pendidikan tesebut digelar dengan hasil kerjasama dengan salah satu iCafe terbaik di Malang, Hardcore Internet Lounge, yang belum lama ini mendapatkan sertifikasi GeForce-Certitified Platinum.

Seiring dengan berjalannya kerjasama program pendidikan eSports dengan Sekolah Bina Bangsa, Hardcore akan memberikan kontribusinya terhadap pelatihan eSports di sekolah tersebut dengan menyediakan fasilitas boot camp bagi tim eSports Sekolah Bina Bangsa, berbagi pengalaman dan inspirasi melalui pelaku eSports terkemuka melalui seminar yang digelar, termasuk juga memberikan dukungan terhadap kompetisi game online yang diselenggarakan oleh sekolah tersebut.

Kehadiran program pendidikan eSports di Sekolah Bina Bangsa ini sendiri dinilai positif oleh pihak sekolah. “Dengan mempelajari eSports, para siswa berkesempatan mengembangkan potensi dirinya dengan lebih optimal. Bagi peminat permainan game, selain berpeluang untuk meningkatkan keterampilan bermain, para siswa diharapkan akan menerapkan nilai-nilai kedisiplinan dan ketangkasan berstrategi dalam kehidupan sehari-harinya”, Ujar Ibu Yudi Setyaningsih selaku National Principal and School Coordinator Bina Bangsa.

Para peminat aktivitas eSports lainnya juga berkesempatan untuk belajar dengan cara kreatif dan menyenangkan sesuai dengan passion mereka. Contohnya, bagi peminat profesi sebagai komentator dan pemandu pertandingan, mereka dituntut untuk meningkatkan kemampuan menganalisa, kemampuan bertutur dalam bahasa yang komunikatif, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing.

Kehadiran program pendidikan eSports, baik di SMA 1 PSKD dan Sekolah Bina Bangsa ini juga merupakan bagian dari permintaan Presiden Joko Widodo yang sempat menyampaikan adanya jurusan pendidikan eSports di Indonesia pada Agustus 2017 lalu. Pada saat itu, Presiden Jokowi mengatakan Indonesia harus memiliki jurusan-jurusan yang tidak monoton seperti jurusan megatronika, logistik, retail, animasi, atau bahkan jurusan eSports.

Tags: